Termudah 9 Cara Screenshoot dan Screen Capture di Mac Pro

Cara Screenshoot dan Screen Capture di Mac ProCara screenshoot dan screen capture di mac pro biasanya dibutuhkan saat kita memerlukan bukti atau kebutuhan melengkapi dokumen suatu pekerjaan. Jika kita menggunakan ios atau android tentu lebih mudah, kita bisa melihat pengaturan dan kemudia atur pengusapan layar untuk screenshoot atau ada ikon untuk screen capture. Lalu jika menggunakan mac pro adakah cara yang paling mudah untuk digunakan? Tentu saja ada, artikel ini akan membahas cara screenshoot dan screen capture di mac pro.

Cara Screenshoot dan Screen Capture di Mac Pro

Sebelum kita mengetahui cara screenshoot dan screen capture di mac pro, kita juga harus tahu bahwa dalam hal screenshoot ada beberapa jenis yang bisa kita pilih. Seperti screenshoot atau screen capture bagian jendelany, seluruh layar atau hanya bagian yang kita butuhkan saja. Berikut beberapa cara screenshoot dan screen capture di mac pro sesuai ukuran.

  1. Bagian Windows Aplikasi

Cara Screenshoot dan Screen Capture di Mac Pro Command Shift 4Misalnya kita tidak ingin repot mengedit atau memotong lagi hasil screenshoot yang seluruh layar, kita bisa gunakan cara yang satu ini yaitu hanya memilih jendela aplikasi saja yang di screen capture. Cara yang dilakukan juga mudah, kita tinggal ikuti saja di artikel cara screenshoot dan screen capture di mac pro ini.

Pertama kita buka aplikasi yang ingin kita sceenshoot atau screen capture. Lalu kita lihat di keyboard dan pilih shift kemudian comand dan angka 4. Ketiganya di tekan bersamaan agar dapat berfungsi sesuai yang diharapkan. Setelah itu, jika kita lihat bentuk kursor yang semulanya panah akan berubah menjadi tanda crosshair. Untuk melanjutkan langkah dalam cara screenshoot dan screen capture di mac pro kita perlu merubah crosshair tadi menjadi gambar kamera dengan menekan tombol space atau spasi. Selanjutnya, arahkan kursor yang berbentuk kamera tadi ke jendela aplikasi yang sudah kita buka. Lalu klik kiri mouse untuk hasil screenshoot. Dan selesai.

  1. Bagian Seluruh Layar Mac Pro

Cara Screenshoot dan Screen Capture di Mac Pro Command Shift 3Cara screenshoot dan screen capture di mac pro yang satu ini terbilang sangat mudah. Jika kebutuhan kita seluruh layar untuk di screenshoot kita bisa langsung membuka layar yang ingin di screenshoot lalu pilih tombol shift lalu command dan angka 3. Maka hasil screenshoot bisa langsung kita dapatkan dengan format jpg. Jika kita kebingungan untuk mencari hasil screenshoot, kita bisa melihat di dekstop atau ketikkan keyword screenshot di kanal pencarian.

  1. Bagian Tertentu atau Pilihan

Terakhir dari ketiga bagian yang biasanya kita ingin lebih praktis lagi yaitu men screenshoot atau screen capture bagian yang kita inginkan saja. Misalnya dalam sebuah dokumen text atau dalam sebuah web kita ingin men screenshoot bagian isi nya saja maka kita bisa menggunakan cara screenshot dan screen capture di mac pro yang satu ini. Cara yang digunakan sangat mudah, yaitu pertama tekan tombil shift dan command lalu angka 4. Seperti biasa tekan bersamaan di dalam keyboard mac pro kita. Setelah itu kursos akan berubah menjadi sebuah garis yang ada lingkaran di dalamnya. Setelah itu klik kiri pada mouse dan tahan kemudiam tarik sesuai bagian yang akan kita screen shoot. Apabila kita rasa sudah cukup bagian yang akan di screenshoot kita tinggal lepaskan tekanan pada mouse dan hasil screen shoot atauscreen capture ada di dekstop.

  1. Penyimpanan Screenshoot atau Screen Capture di Clipboard untuk Seluruh Layar

Apa itu clipboard? Clipboard ini merupakan salah satu sistem komputer yang menyimpan secara otomatis saat kita sebagai pengguna menekan tombol untuk screen. Meskipun tidak berbentuk fisik, cara screenshoot dan screen capture di mac pro cukup efektif juga. Jika kita ingin melihag hasil screenshoot atau screen capture, kita harus mem paste terlebih dahulu di sebuah lembar kerja, kemudian akan muncul hasil screenshoot kita. Cara yang harus ditempuh pertama kita buka aplikasi atau apapun yang akan kita screenshoot lalu lihat keyboard dan tekan ctrl lalu shift dan command ditambah dengan angka 3. Tidak terlalu berbeda bukan? Untuk melihatnya kita bisa buka iMassage misalnya lalu tekan di keyboard mac pro kita command dan huruf v untuk mem paste hasil dari screen capture kita. Format yang akan muncul tentunya jpg.

  1. Penyimpanan Screenshoot atau Screen Capture di Clipboard untuk Bagian Pilihan

Jika yang di atas merupakan cara screenshoot dan screen capture di mac pro dengan perantara clipboard dan untuk seluruh layar, maka cara yang satu ini untuk bagian yang kita butuhkan saja. Caranya setelah kita membuka layar web atau aplikasi yang akan di screenshoot kita tekan ctrl lalu shift kemudian command dan angka 5 di dalam keyboard. Setelah itu kita menggunakan shortcut command dan huruf v untuk mem paste hasil screen capture di sebuah lembar kerja atau iMassage.

  1. Screen Capture dengan Timer

Screen Capture di Mac Pro With timerCara screenshoot dan screen capture di mac pro satu ini menawarkan dengan cara mengjitung mundur. Dengan begitu, kita masih bisa mempertimbangkan bagian yang akan kita screenshoot. Atau cara ini digunakan saat membuat tampilan web yang bisa direkam. Cara yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi yang ada di menu utilities kemudian pilih aplikasi Grab. Kemudian lihat di menu bar ada pilihan capture dan timed screen. Atau jika ingin lebih praktis lagi gunakan shortcut command lalu shift dan huruf z. Kemudian muncullah hasil foto yang kita screenshoot, namun hasil screenshoot tidak tersimpan secara otomatis melainkan kita harus memilih bagian mana saja yang akan disimpan.

  1. Screenshoot untuk Mac Pro Touch Bar

Khusus untuk cara screenshoot dan screen capture di mac pro touch bar, kita bisa menekan beberapa tombol yang ada di keyboard. Tombol yang ditekan yaitu shift kemudian command dan angka 6. Hasil screenshoot akan muncul di dekstop kita.

  1. Screenshoot dengan Aplikasi Droplr

Droplr AppsJika kita masih kesulitan dengan cara-cara yang ada di atas. Atau mungkin sudah mencoba setiap cara tapi masih tidak berfungsi baik, artikel ini akan memberikan cara screenshoot dan screen capture di mac pro dengan perantara aplikasi. Aplikasi yang bisa digunakan salah satunya yaitu Droplr. Droplr ini akan menampilkan hasil screen capture dalam bentuk gambar. Selain itu, bisa juga untuk video recording dari berbagai aktivitas kita di mac pro yang digunakan. Untuk penggunaan aplikasi ini bisa secara gratis atau jika kita sudah nyaman menggunakan Droplr, kita bisa gunakan dengan aplikasi yang terupdate.

  1. Screen Capture dengan Aplikasi PSD

PSD atau photoshop ini memberikan tampilan hasil screenshoot di dalam aplikasi photoshop. Cara screenshoot dan screen capture di mac pro ini memberikan detail dari hasil screen capture nya. Untuk hasil yang lebih baik lagi, sebaiknya kita perkecil ukuran file screenshoot nya karena dengan aplikasi ini, hasil screen capture akan lebih besar dari biasanya. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.