Yosemite Tips : Cara Mengatasi Komputer Mac Lemot di OS X Yosemite 10.10.3

Mengatasi komputer Mac yang lemot

Komputer Mac lemot / lambat di OS X Yosemite 10, begini solusinyaPada OS X Yosemite 10.10.3 yang dirilis oleh developer Apple dengan beberapa repair atau perbaikan fasilitas dan juga penambahan fasilitas yang baru, seperti fitur emoji dan app Photos dengan iCloud Photo Library. Namun di beberapa kalangan pembaruan tersebut munculah problem. Yang paling dirasakan adalah kecepatan booting yang menjadi menurun, dan utamanya pada perangkat MacBook Air yang 2012 keatas.

Naah untuk mengatasi masalah itu kami akan memberikan beberapa tips agar komputer kamu kembali menjadi lebih cepat dan tidak lemot lagi ūüėÄ

Berikut artikelnya :

 

1.Unduh Siplemental Update OS X Yosemite 10

Supplemental Update OS X Yosemite 10.10.3 merupakan pembaruan kecil dari Apple. Pembaruan ini kegunaannya untuk membereskan masalah video driver yang mengacau pada proses startup terjadi. Ukuran Supplemental update OS X Yosemite 10 tidaklah besar hanya berukuran 1.2 MB, silahkan unduh pembaruan ini. Jika kamu sudah memasang lakukan restart pada perangkat komputermu.

Bagaimana apakah sudah lebih cepat?

 

2.Lakukan Pengecekan Pada StartUp Disk

Sering booting ke sistem OS X yang ada di hardisk external atau menggunakan mode Targer Disk Mode? maka kamu perlu mengembalikan setting Startup Disk agar nantinya tidak terlalu lama mencari media penyimpanan bootable utama. Caranya melakukannya tidaklah sulit, berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama buka aplikasi System Preferences
  2. Lalu pilih Startup Disk.
  3. Pilih media penyimpanan utama (hardisk internal)
  4. Terakhir restart komputer.
  5. Selesai

 

3. Reset PRAM & SMC (jurus andalan :D)

PRAM (Parameter Random-Access Memory) merupakan bagian yang berfungsi untuk menyimpan beberapa pengaturan seperti info mengenai Startup Disk, volume dan resolusi layar. Karena ini juga hanya mesin, bagian ini bisa saja tidak dapat berjalan dengan sempurna dan tidak dapat bertahan secara permanen kestabilannya, maka perlu diatur ulang alias reset.

 

Untuk melakukan reset ulang Baca : Mac Bermasalah? Reset PRAM dan NVRAM Solusinya

 

 

Lanjut ke reset SMC (System Management Controller) , pengaturan ini juga bisa menjadi jurus andalan untuk mengatasi masalah seputaran perangkat keras atau booting yang lambat / lemot. Untuk tutorial reset SMC  pada perangkat komputer Mac bisa kalian

Baca: Cara Melakukan Reset SMC (Sistem Manajemen Controller) Pada Mac

Note :  Mengatur ulang SMC tidak akan mengatur ulang atau mengubah konten PRAM di Mac berbasis Intel

 

Mungkin itu beberapa tips yang dapat kalian lakukan jika anda Mengalami Masalah Pada OS X Yosmite Yang Lelet. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu temen-temen semua, karena beberapa pengguna dalam laman forum Apple Support berhasil mengatasi komputer Mac yang lemot dengan cara diatas.

Jika ada tips yang lain silahkan tambahkan di kolom komentar yaa ūüôā

 

Baca juga : Tips : Belajar Mengenal OS X Yosemite Dan Bagaimana Menggunakannya