Cara Merekam Tampilan Layar Windows 10

shortcut_merekam_video_windows_10

Appletechnos.com – Berbagi informasi melalui tangkapan layar saat ini menjadi hal yang lumrah dilakukan, termasuk ketika menggunakan laptop.

Namun, pada beberapa kesempatan mungkin pengguna juga diharuskan untuk memberikan informasi dalam bentuk video. Misalnya untuk mengirim tugas, menyerahkan materi video presentasi, hingga membuat tutorial yang berkaitan dengan laptop.

Saat diharuskan merekam layar laptop, pengguna Windows 10 tak perlu repot-repot mengunduh aplikasi perekam layar dari pihak ketiga. Sebab, keduanya telah dibekali dengan aplikasi bawaan untuk merekam layar laptop.

Baca juga: Cara Cek Kuota Belajar Online Kemendikbud Semua Operator

Berikut cara lengkap merekam layar laptop Windows 10, sebagaimana dihimpun Appletechnos.

Cara Merekam Tampilan Layar Windows 10

Para pengguna Windows bisa memanfaatkan aplikasi bawaan bernama Xbox Game Bar untuk merekam layar laptop. Walaupun aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk merekam layar ketika bermain game, Xbox Game Bar juga bisa dimanfaatkan untuk merekam aktivitas lainnya.

Aplikasi perekam bawaan Xbox Game Bar, misalnya, dapat merekam sebagian besar jendela aplikasi yang ada di laptop Windows, seperti browser Chrome, WhatsApp desktop, Microsoft Word dan Power Point, permainan, dan lainnya.

Namun, menurut penelusuran Appletechnos, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa direkam menggunakan Xbox Game Bar, di antaranya adalah layar utama desktop serta beberapa program maupun dokumen yang ada di file explorer.

Cara menggunakan Xbox Game Bar cukup sederhana. Pengguna cukup membuka jendela aplikasi apapun yang ingin direkam. Setelah jendela aplikasi yang ingin direkam terbuka, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Xbox Game Bar.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuka Xbox Game Bar. Pertama, tekan kombinasi tombol pintasan Windows+G pada keyboard.

Baca juga: Akun “Nebeng” Netflix Akan Diblokir

Selain itu, pengguna juga bisa membuka aplikasi dengan cara mengetik “Xbox Game Bar” pada menu Search (pencarian) atau mencari secara manual pada menu Start.

About applegeekz

Check Also

fitur_tersembunyi_google

2 Fitur Tersembunyi Di Google Search

Appletechnos.com – Apa yang kerap Anda tanyakan ke mesin pencarian Google? Berita terbaru, skor pertandingan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: