Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch

Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch

Ketahui cara membersihkan Apple Watch, Strap Watch, Menghilangkan goresan pada Smartwatch dan Tips untuk menghindari iritasi kulit

Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch

 

Tips Merawat dan Membersihkan Apple WatchSmartwatch sama dengan barang lainnya yang akan kotor apabila dipakai beraktifitas, mulai dari debu dan minyak tubuh adalah hal yang sudah pasti akan hinggap di permukaan wearable tersebut, baik di bagian tali jam atau jam itu sendiri.  Baru-baru ini para pengguna Apple Watch banyak yang mengeluhkan jika jam tangan pintar buatan Apple tersebut mudah sekali tergores pada bagian casing-nya. Berdasarkan kabar yang beredar, lapisan stainless steel yang digunakan untuk casing jam tangan pintar ini memang mudah tergores. Kalau udah tergores itu berarti tampilan Apple Watch tidak akan terlihat menarik lagi -_- Pastinya anda membutuhkan Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch kesayangan anda.

Untuk membersihkan dan menghilangkan goresan bukanlah hal yang sulit. Hanya menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat kita bisa mendapatkan jam yang kita pakai terlihat seperti baru. Yuk kita simak Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch berikut ini..

 

Tips Membersihkan Layar Produk Apple

Mirip dengan layar smartphone atau laptop, anda bisa membersihkan layar smartwatch dengan lap berbahan microfiber. Lap yang sama juga biasa digunakan untuk membersihkan lensa kamera dan kacamata.

Rendam dan peras kain berbahan microfiber. Setelahnya, lap perlahan layar smartwatch dengan pola satu arah. Setelah Anda yakin cukup bersih, diamkan sebentar. Perlu diperhatikan, bila lap yang Anda gunakan untuk membersihkan layar juga harus dicuci secara berkala.

Bila smartwatch yang Anda miliki water resistant maka Anda bisa mencoba membersihkannya dengan air.

Tetapi bila metode ini belum mampu membersihkan layar smartwatch, gunakan saringan/filter kopi yang telah sedikit dibasahi sebagai pembasuh. Jangan pernah menggunakan tisu untuk membersihkan layar smartwatch. Ini akan berpotensi meninggalkan goresan pada layar.

Perlu diingat bahwa jam pintar memiliki karakteristik masalah yang sama bila terkait dengan kebersihan perangkat. Ada banyak sela di mana kuman maupun kotoran bisa terperangkap di dalamnya. Gunakan cotton bud atau jarum pentul untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang tertinggal di sela-sela perangkat. Bila menggunakan cotton bud, pengguna bisa membasahinya dengan alkohol, namun jangan gunakan pada material strap berbahan kulit.

Note : Jangan pernah menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan layar.

 

Membersihkan Konektor

Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch – membersihkan konektor

Salah satu bagian penting dari smartwatch adalah konektor. Bagian ini biasa digunakan pada proses pengisian ulang daya baterai smartwatch Anda. Terkadang, bagian ini kotor terkena keringat atau debu yang bisa menghambat proses charging atau transfer file.

Gunakan cotton bud yang sebelumnya dicelupkan kw alkohol. Setelah Anda melihat tidak ada lagi bercak noda pada bagian ini, berarti smartwatch sudah siap kembali digunakan.

 

 

 

 

 

Tips Membersihkan dan mengeringkan Tali jam atau STRAP

Lepas tali jam dari Apple Watch sebelum dibersihkan. Informasi pembersihan ini hanya berlaku untuk tali jam bermerek Apple. Untuk tali jam lainnya, ikuti informasi perawatan yang disertakan.

 

Setelah layar, bagian yang juga perlu Anda perhatikan adalah strap atau tali jam. Seperti telah disebutkan di awal, setiap bahan body dan strap memiliki cara pembersihan berbeda. Untuk pembersihan yang maksimal, lepas dulu strap dari badan smartwatch. Untuk pembersihan tali jam ini mempunyai beberapa metode sesuai dengan bahan dari strap watch

1.Untuk Bahan Kulit

Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch – bahan kulit

Selalu ingat untuk membersikan tali jam berbahan dasar kulit dengan pembersih khusus kulit. Hal ini perlu dilakukan agar tidak rusak.

  1. Bersihkan bagian kulit tali jam dengan kain bebas serat non-abrasif. Ada beberapa merek yang bisa menjadi pilihan, namun Anda tidak perlu membeli lagi apabila telah memiliki cairan pembersih kulit sepatu. Tes efek dari cairan pembersih dengan sedikit meneteskannya di permukaan kulit guna memastikan warna tidak pudar. Bila tidak ada perubahan warna atau tekstur, maka bisa dilanjutkan. Pada proses ini gunakan kaus kaki bekas yang masih bersih sebagai media pembasuh.
  2. Jangan rendam tali jam kulit dalam air. Tali jam kulit tidak kedap air.
  3. Biarkan tali jam kering seluruhnya sebelum dipasang ke Apple Watch. Jangan simpan tali jam kulit di bawah sinar matahari langsung, pada suhu tinggi, atau kelembapan tinggi.

Tali kulit juga dapat berubah warna bila terkena cairan seperti parfum, pembasmi serangga, minyak, losion, atau bahan berwarna seperti denim. Warna Apple Watch dan tali jam dapat beragam atau memudar seiring waktu.

 

2.Untuk Bahan Silikon / Karet

Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch – strap bahan silicon

Silikon / Karet merupakan bahan yang paling mudah untuk dibersihkan karena tidak memerlukan perlakuan khusus seperti tali jam berbahan dasar kulit atau metal. Pembersih paling ampuh adalah air dan sedikit sabun. Gunakan mangkuk yang sudah diisi air, dan tambahkan setetes sabun dan basahi pembasuh sebelum membersihkan tali jam. Bersihkan secara cepat namun seksama, dan setelahnya lap dengan kain yang lembut, angin-anginkan sampai benar-benar kering.

Bila noda masih membandel dan smartwatch memiliki kemampuan water resistant, rendam smartwatch pada wadah dan mulailah menguceknya secara perlahan-lahan.

 

 

 

3.Untuk Bahan Metal / Stainless Steel

Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch – bahan metal

Sela-sela dari tali jam berbahan metal membuatnya mudah kotor. Untuk bahan metal atau stainless steel, Anda bisa menggunakan sikat gigi. Basahi dengan air yang sudah dicampur dengan sedikit sabun cair, lalu sikat dengan cepat. Keringkan dengan lap, lalu angin-anginkan. Bila Anda ingin mengkilapkan kembali strap-nya, silakan gunakan pasta gigi, lalu sikat secara merata. Hasilnya pun tampak seperti baru!

 

 

 

 

 

 

Mengganti Tali Jam atau Strap

Bosan dengan strap bawaan smartwatch Anda? Saatnya untuk mengganti.

Beberapa smartwatch seperti Pebble seri tertentu bisa diganti dengan mudah karena menggunakan desain dudukan strap yang sama dengan jam biasa. Bila seperti ini, Anda bisa menggunakan strap apa pun sesuai selera.

Nah, bagaimana bila ternyata dudukannya berbeda? Berarti opsi Anda hanya satu, yaitu menggunakan strap pengganti dari vendor smartwatch yang dimiliki.

 

Merawat Baterai

Kebanyakan smartwatch hadir dengan baterai rechargeable. Karena Anda tidak bisa mencabut pasang baterai dengan mudah, hampir bisa dibilang baterai pada smartwatch tidak bisa diganti.

Lakukan pengisian ulang baterai pada saat muncul notifikasi baterai sudah menipis. Biasanya proses charging tidak akan terlalu lama, sehingga Anda bisa melakukannya sembari bekerja dengan laptop.

 

Memasang Pelapis Antigores

Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch – pelapis anti gores

Layar safir sendiri adalah material paling keras kedua di dunia setelah intan dan maka dari itu tidak mudah untuk membuat goresan di layar tersebut. Tetapi jika Apple Watch dan juga Apple Watch Edition telah memiliki kaca safir, pada Apple Watch Sport (model paling murah dari Apple Watch) hanya menggunakan kaca Ion-X yang diperkuat. Tentu saja kaca tersebut tidak sekuat kaca safir.

Untuk melindunginya, Anda bisa memasang antigores pada layar. Cara memasangnya memang bisa dibilang gampang-gampang susah.

Anda tidak perlu kahwatir, karena bentuk antigores biasanya sudah disesuaikan dengan ukuran layar smartwatch. Anda bisa menentukan sudut pemasangan antigores dan setelah itu memasangnya perlahan dengan bantuan pinset. Yuk, rawat smartwatch Anda agar awet dan dapat maksimal digunakan!

Simak video Will it Scratch berikut ini

Video Source : Unbox Therapy

 

 

Cara Mudah Menghilangkan Goresan Pada Apple Watch

Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch – menghilangkan goresan

Walaupun produk Apple terlihat sempurna, tapi nyatanya tetap ada cacatnya juga.

Baru-baru ini para pengguna Apple Watch banyak yang mengeluhkan jika jam tangan pintar buatan Apple tersebut mudah sekali tergores pada bagian casing-nya.

Apple Watch menggunakan layar safir tidak murah tergores dan juga tidak mudah retak. Tetapi pada varian Apple Watch Sport, selain kaca dari jam tersebut bisa tergores, bezel stainles stell pada jam tersebut juga dapat dengan mudah tergores. Kalau udah tergores itu berarti tampilan Apple Watch tidak akan terlihat menarik lagi.

Tetapi ada kabar baik apabila anda menggoreskan Apple Watch anda, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan goresan pada casing Apple Watch tersebut. Bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat dan harganya tidak mahal sehingga anda tidak perlu membawanya ke Apple Care untuk menghilangkan goresan tersebut.

Untuk menghilangkan goresan pada bagian pelapis ini cukuplah mudah, kalian hanya membutuhkan Metal Polish (Seperti Brasso atau lainnya), handuk kering dan waktu. Berikut langkah-langkah untuk menghilangkan goresan pada Apple Watch Stainless Steel.

  1. Celup/Oles/Basahkan handuk yang lembut dengan metal/aluminium polished.
  2. Gosokan handuk ke bagian Apple Watch yang terdapat goresan.
  1. Lakukan penggosokkan beberapa kali putaran dan lakukan dengan hati-hati dengan lembut dan jangan ditekan terlalu keras. Lakukan penggosokkan beberapa kali putaran dan lakukan dengan hati-hati. Jangan sampai terkena dengan bagian-bagian vital dari Apple Watch.
  2. Jika nanti handuk sudah berwarna hitam, itu berarti goresan yang ada pada casing Apple Watch sudah hilang dan tampilan Apple Watch sudah kembali kinclong lagi.

 

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat video dibawah ini.

Video Source : Dom Esposit

 

Tips untuk menghindari iritasi kulit, atau jika Anda memiliki alergi maupun kulit sensitif.

  • Mengenakan Apple Watch secara pas, yakni tidak terlalu ketat, tidak terlalu longgar, dan dengan sedikit ruang agar kulit dapat bernapas, akan membuat Anda nyaman.
  • Memastikan Apple Watch, tali jam, serta kulit Anda tetap bersih dan kering akan memaksimalkan kenyamanan dan mencegah kerusakan jangka panjang pada jam. Hal ini penting terutama setelah berolahraga atau terkena cairan seperti keringat, sabun, tabir surya, dan losion yang dapat mengakibatkan iritasi kulit.
  • Pilih Apple Watch dan tali jam yang tepat. Jika Anda memiIiki alergi atau sensitif terhadap zat seperti logam maupun plastik, periksa bahan pada setiap Apple Watch dan tali jam.
  • Berbagai pihak ketiga membuat tali jam aksesori untuk Apple Watch. Tali jam seperti ini mungkin tidak cocok, dapat mengganggu fitur Deteksi Pergelangan Tangan Apple Watch, dapat mengandung bahan yang mengakibatkan sensitivitas kulit atau masalah kesehatan lainnya, bahkan merusak Apple Watch. Untuk hasil terbaik, gunakan hanya tali jam merek Apple atau merek resmi Apple.
  • Lihat cara mengenakan Apple Watchuntuk informasi keselamatan tambahan.

 

Okeee itu adalah beberapa Tips Merawat dan Membersihkan Apple Watch. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang membutuhkan tips untuk membersihkan dan merawat koleksi Smartwatch kesayangan anda.

Incoming search terms: