Tips Memperbaiki iPhone yang Tidak Mau Nge-Charge

Mengatasi iPhone Tidak Bisa Di Charge – Sekarang dan kemudian beberapa bug membosankan terus muncul ke permukaan dengan iPhone / iPad. Sementara beberapa dari mereka membutuhkan solusi teknis, kebanyakan dari mereka seperti konsumsi baterai berat dan masalah Wi-Fi dapat dengan mudah diselesaikan asalkan mereka ditangani dengan benar.

Mungkin kalian para pengguna iPhone pernah mengalami masalah dengan perangkat kalian yang tidak bisa di charge.

iPhone yang dicas tidak masuk atau charger malah berkurang? Atau anda yang mengalami saat dicas malah iPhone restart sendiri sampai muncul logo Apple. Nah sebenarnya banyak faktor yang memperngaruhi dan mengatasinya pun berbeda. Ada yang iPhone mau dicas hanya dalam keadaan nanti, jika nyala tidak mau masuk chargernya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada beberapa trik memperbaiki iPhone Tidak Mau Nge-Charge. Sebelum kalian mengklaim perangkat iPhone milik kalian rusak dan perlu diganti, tidak ada salahnya kalian mencoba.

Biasanya ada dua faktor yang dapat mempengaruhi masalah ini, contohnya charging port iPhone kalian sendiri yang bermasalah (Faktor Internal) atau power adapter atau biasa dibilang charger kalian yang sudah tidak dapat digunakan kembali (Faktor Eksternal).

Baru baru ini beberapa pengguna hp iphone telah melaporkan bahwa ponsel mereka pengisisan baterai tidak penuh  – penuh. Masalah baterai iphone ini bisa disebabkan karena kabel terdistorsi, pengisi pihak ketiga tidak bersertifikat. Terkadang sampai mengantongi potongan potongan kecil dari serat bisa menyebabkan mencegah konektor dari iPhone ketika dicas.

Pelajari cara mengisi daya perangkat iOS dan mendapatkan bantuan ketika Anda mengalami masalah.

Sambungkan ke sumber daya

Gunakan adaptor daya USB dan kabel USB yang disertakan bersama perangkat. Untuk aksesori pihak ketiga, periksa apakah aksesori tersebut disertifikasi Apple. Setelah itu, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan iPhone, iPad, atau iPod touch ke Lightning ke kabel USB atau Apple 30-pin ke kabel USB.
  2. Sambungkan ke salah satu dari tiga sumber daya berikut:

Stopkontak daya

Sambungkan kabel pengisi daya ke adaptor dinding USB, kemudian sambungkan adaptor ke stopkontak dinding.

Komputer

Sambungkan kabel pengisi daya ke port USB 2.0 atau 3.0 yang menyala dan tidak dalam mode tidur. Jangan gunakan port USB di keyboard.

Aksesori daya

Sambungkan kabel ke hub USB berdaya, stasiun dock, atau aksesori resmi Apple lain.

Saat Anda mengisi daya perangkat, Anda akan melihat ikon petir di sebelah ikon baterai di bar status, atau ikon baterai besar di layar terkunci.

Jika Anda memiliki baterai yang sangat lemah dan disambungkan ke sumber daya, layar hitam atau layar hitam dengan baterai merah akan muncul selama beberapa menit. Gunakan Cara – Cara Mengatasi iPhone yang Tidak Bisa Di Charge, berikut langkah-langkahnya

 1.Cek Kabel USB

Pertama: Periksa kabel pengisi daya dan adaptor USB jika ada tanda-tanda kerusakan*, seperti ujung yang retak atau bengkok. Jangan gunakan aksesori rusak.

Kedua: coba hubungkan kabel USB ke komputer atau laptop. Lalu, colokkan ke iPhone kalian. Lihat, apakah ada tanda tanda iPhone melakukan proses charging baterai, atau ga ada perubahan apa-apa? Oke mungkin ada indikasi kabel USB kalian bermasalah.

 

2. Ganti kabel konektor serta adaptor charge

Kabel USB sehat? Nah, ada satu lagi nih yang harus kalian cek “ Power Adapternya“. Kenapa? Karena kalian tahulah kabel USB dan kepala charger itu tidak menempel, bisa di lepas-pasang kayak Lego.

Untuk memastikan kepala charger/power adapter kalian dapat berfungsi dengan baik.

Caranya : coba hubungkan charger kalian (Kepala Charger + Kabel USB yang masih sehat) ke colokkan listrik kemudian hubungkan ke iPhone. Apa yang terjadi? Tidak ada respon? Bisa jadi penyebab iPhone kalian tidak bisa di charge karena kepala charger yang rusak.

Coba ganti kabel konektor serta adaptor charge iPhone kalian. Kalian bisa coba pinjam charger teman kalian yang masih berfungsi dengan baik  (usahakan selalu gunakan yang original).

 

3. Cek Charging Port

Apabila kalian rasa tidak ada masalah iOS, kabel usb atau kepala charger yang rusak. Maka kalian perlu coba cek charging port iPhone kalian, bisa jadi ada debu yang menempel. Sekarang coba kalian bersihkan dengan kain tipis atau di tiup dengan blower kecil. Kenapa? Karena debu dapat menghalangi arus listrik antara pin charging port iPhone dengan pin kabel usb.

Jika sudah dibersihkan kemudian sambungkan kabel pengisi daya ke perangkat dengan kuat. Jika port pengisi daya rusak, perangkat Anda mungkin perlu diservis.

 

4. Biarkan perangkat terisi daya selama setengah jam (Jika perangkat tidak merespons setelah itu, pelajari yang harus dilakukan).

 

5. Restart iPhone

Pasang charger iPhone, caranya tekan tombol Home + Power secara bersamaan sampai layar iPhone mati dan kemudian muncul logo Apple.

Tombol Home atau Power kalian tidak berfungsi? Tenang ada cara alternatif untuk merestart iPhone kalian tanpa harus menekan salah satu tombol tersebut yang bisa kalian baca lebih lengkapnya di Tips Mudah Restart iPhone Tanpa Menekan Tombol Home atau Power.

 

6. Pasang charger iPhone, diamkan beberapa saat (seperti meng-charge ponsel biasanya). Setelah itu tekan tombol power (on/off), maka akan muncul gambar baterai dengan garis merah tipis. Meski tidak bisa mengisi daya, biarkan perangkat kalian sampai mati dengan sendirinya. Setelah mati, tekan kembali tombol power (on/off) dan tombol menu secara bersamaan selama sekitar 8 detik dan dilayar iPhone kalian akan muncul pertanyaan apakah kalian ingin mematikan iPhone kalian, pilih yes. Tunggu beberapa saat sampai perangkat kalian benar-benar off/mati. Kemudian lepaskan konektor charger dari iPhone kalian, lalu hubungkan kembali dengan iPhone kalian. Jika langkah ini berhasil maka iPhone kalian akan reboot dan logo Apple akan muncul seperti biasa dan menu springboard akan muncul seperti semula.

 

7. Masalah dari iOS nya? Mungkin saja!

Jika cara diatas masih tidak menyelamatkan iPhone mu dari kerusakan. Kalian bisa coba untuk merestore ulang ke iPhone ke kondisi seperti semula. Tapi ada hal yang harus diperhatikan sebelum restore iPhone kalian, seperti berikut.

  • Pastikan kalian sudah backup data iPhone kalian (Seperti gambar, musik, kontak dll. yang menurut kalian penting)
  • Selalu cek versi iOS berapa yang masih bisa di install di iPhone kalia.
  • Pengguna Jailbreak sebaiknya tidak melakukan cara ini ya, kecuali ngga mau pake iPhone Jailbreak lagi.

 

Jika kalian sudah mencoba semua cara diatas namun perangkat iPhone kalian belum bisa di charge seperti biasanya, ada kemungkinan kerusakan ada pada Hardware perangkat iPhone kalian. Untuk lebih pastinya bawa perangkat iPhone kalian ke service center Apple terdekat.

 

Sekian beberapa Cara Mengatasi iPhone Yang Tidak Bisa Mengisi Daya dari kami.

Semoga ilmunya bermanfaat. Jika ada pendapat lain mungkin bisa di share dengan mengisi di kolom komentar yaa..

 

Baca : Tips Menghemat Penggunaan Baterai Pada iPhone Yang Boros

Baca juga : Tips Mengisi Ulang Baterai iPhone Secara Cepat

Incoming search terms: