Instagram Lite Meluncur Di 170 Negara

instagram_lite_release

Appletechnos.comInstagram akhirnya benar-benar merilis aplikasi Instagram Lite khusus untuk pengguna Android. Aplikasi ini sejatinya sudah pernah dirilis diam-diam pada 2018 tanpa pengumuman resmi dari Instagram.

Namun, sekitar Mei 2020, Instagram Lite tiba-tiba menghilang dari toko aplikasi Play Store. Kini, Facebook selaku induk Instagram mengumumkan kehadiran Instagram Lite secara resmi, yang disebut akan meluncur di 170 negara.

Facebook tidak merinci negara mana saja yang akan kebagian Instagram Lite. Namun, Instagram menyebut India dan Brasil sebagai dua dari negara target Instagram Lite.

Baca juga: Gunakan Aplikasi Edit Foto Ini Sebelum Diunggah ke Instagram

Dari pantauan KompasTekno, aplikasi ini belum ditemukan di Play Store Indonesia. Saat mengeklik tautan Play Store yang menuju ke Instagram Lite, tulisan yang ditampilkan adalah aplikasi tidak tersedia di negara ini.

Instagram memang mengatakan bahwa peluncuran Instagram Lite akan dilakukan secara bertahap. Belum bisa dipastikan apakah Indonesia kebagian atau tidak.

“Kami akan merilisnya secara global segera,” kata Instagram.

Lewat blog resmi Facebook, disebutkan bahwa Instagram Lite dibuat oleh tim Facebook di Tel Aviv, Israel, yang berkolaborasi dengan tim Instagram di New York.

Prinsipnya masih sama dengan Instagram Lite 2018, membawa aplikasi berukuran ringan yang mengonsumsi sedikit kuota data.

Fitur yang dipangkas

Instagram Lite menyasar pengguna ponsel Android entry-level dengan kapasitas memori terbatas dan berada di area dengan koneksi internet yang kurang stabil. Ukuran aplikasi Instagram Lite hanya 2 MB, jauh di bawah ukuran Instagram utama yang berukuran 30 MB.

Dengan ukuran yang lebih mungil, Instagram memangkas beberapa fitur dari Instagram utama. Namun, beberapa fitur kunci tetap dipertahankan, seperti unggah foto, video, story, dan pesan langsung atau direct message (DM).

Baca juga: Instagram Bisa Langsung Chat ke Whatsapp

Sumber:

https://tekno.kompas.com/

 

About applegeekz

Check Also

pembatasan_durasi_google_meet

Google Meet Gratis Bakal Dibatasi 60 Menit

Appletechnos.com – Sampai hari ini, pengguna gratisan platform Google Meet masih bisa menikmati layanan video …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.