Cara Melacak Iphone Yang Hilang

Cara Melacak Iphone Yang HilangCara Melacak Iphone yang Hilang – Kebanyakan pemilik Iphone lupa akan musibah, seperti hilangnya handphone karena dicuri atau jatuh atau bahkan lupa. Ternyata Iphone dilengkapi dengan teknologi canggih dengan nama fitur “find my Iphone”. Bukan Cuma bisa mencari keberadaan Iphone anda, tapi juga bisa melindungi data – data privasi anda. Seperti yang kita ketahui ketika handphone hilang, data yang ada didalamnya pun ikut terancam. Karena kini handphone dijadikan sebagai alat genggaman dunia, dengan handphone kita bisa melakukan berbagai hal. Mulai di dari mengerjakan pekerjaan kantor, pekerjaan rumah dan berbagai pekerjaan lainnya. Bukan hanya data itu, tapi file, foto, vido dan lainnya pun butuh untuk segera dilindungi.

Untuk melakukan hal itu, anda tinggal mengaktifkan terlebih dahulu fitur “find my Iphone”. Anda bisa menemukan fitur tersebut didalam menu pengaturan anda. Aktifkan dan sudah aman ketika handphone anda hilang. Lalu bagaimana Cara Melacak Iphone yang Hilang dengan fitur tersebut?

  1. ketika anda sudah mengaktifkan fitur tersebut, secara otomatis anda bisa melacak keberadaan perangkat anda.
  2. setelah dipastikan bahwa perangkat anda menyalakan fitur “find my Iphone”, segera masuk ke icloud.com/find melalui PC. Atau bisa menggunakan aplikasi cari Iphone saya di Iphone, Ipad atau Ipod yang lainnya.
  3. lalu temukan perangkat anda. Dengan membuka aplikasi cari Iphine saya, dan anda pilih perangkat yang akan dicari untuk melihat lokasi keberadaannya. Jika sudah ditemukan, maka nyalakan perangkat tersebut untuk memudahkan anda mencari keberadaannya. Atau meminta bantuan seseorang untuk ikut mencari keberadaan perangkat anda melalui bunyi yang dikeluarkan dari perangkat tersebut.
  4. jika keberadaan perangkat anda sangat jauh dan sulit dijangkau. Maka aktifkan mode hilang. Keuntungan dari mode hilang tersebut anda dapat mengunci perangkat yang hilang dari jarak jauh menggunakan kode sandi ang hanya anda yang mengetahui. Untuk mode hilang tersebut biasanya akan ada pesan khusus yang berisi nomor telepon anda di layer perangkat anda yang hilang. Dan dengan mode hilang tersebut, aplikasi cari Iphone saya masih tetap bekerja untuk mencari keberadaan pasti dari perangkat anda.
  5. jika sejak memasukkan icloud anda menggunakan kartu kredit, debit atau prabayar ke apple pay, kemampuan untuk berbayar melalui ketiga cera tersebut akan terhenti ketika anda mengaktifkan mode hilang perangkat.
  6. dengan catatan, jika anda tidak segera mengaktifkan mode hilang, ketiga cara pembayaran tersebut bisa disalahgunakan oleh orang yang mengambil perangkat anda.
  7. segera laporkan kehilangan perangkat anda kepada kepolisian setempat. Karena salah – salah jika si pencuri pintar, kemungkinan untuk melakukan hal – hal yang tidak diinginkan menggunakan identitas anda bisa terjadi. Ketika sudah melaporkan kehilangan perangkat, meskipun terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, polisi dan anda sebagai pemilik asli tidak akan dirugikan lagi. Karena sudah berada dalam pengawasan yang berwajib.
  8. Jika pun bisa anda melakukan menghapus perangkat, untuk mencegah orang yang tidak bertanggungjawab menggunakan identitas anda atau data anda maka anda bisa menghapus dari jarak jauh. Dengan catatan ketika anda menghapus perangkat, maka seluruh data dan akses pembayaran jenis apapun akan dihapus bersih. Dan catatan lain ketika anda sudah menghapus perangkat, anda sudah tidak bisa melacak keberadaan perangkat anda. Karena seluruh informasi yang ada sudah terhapus secara otomatis. Dan jika anda melakukan hapus perangkat ini, memungkinkan untuk anda merelakan perangkat anda digunakan oleh orang lain dengan mudah. Dapat diaktifkan kembali dan digunakan seperti sediakala dengan normal.
  9. bila perlu anda bisa melaporkan juga kehilangan perangkat ini ke operator nirkabel. Dengan seperti itu mereka yang menggunakan perangkat milik anda tidak bisa melakukan telepon, pesan dan penggunaan data lainnya. Dengan kata lain dalam perangkat tersebut diberlakukan nonaktif akun. Dengan seperti itu otomatis perangkat yang hilang milik anda dilindungi dalam paket operator nirkabel.
  10. keuntungan lain yang ditawarkan Iphone, jika anda menggunakan keluarga berbagi. Maka setiap anggota keluarga yang terhubung bisa ikut mencari perangkat yang hilang. Dengan masuk k Icloud maka keluarga anda bisa menemukan informasi perangkat yang terkait dengan keluarga berbagi yang digunakan.

Cara Melacak Iphone yang Hilang jika iphone tersebut dalam keadaan mati, maka langsung saja untu mengaktifkan mode hilang dan mengunci perangkat. Atau bahkan langsung menghapus data dari jarak jauh. Jangan khawatir karena mode hilang ini akan bekerja saat erangkat anda online. Dan seluruh aktifitas sebelumnya akan langsung terhenti ketika perangkat anda online.

Dan apa yang terjadi jika anda sudah mengaktifkan mode hilang namun perangkat anda ditemukan kembali? Tenga, mode hilang tersebut bisa anda cancel dengan mudah. Yaitu dengan cara memasukkan kode sandi pada perangkat anda atau anda bisa mencabut kembali mode hilang tersebut melalui icloud .com melalui PC. Atau dengan menonaktifkan dari aplikasi cari iphone saya. Dengan seperti itu anda bisa menggunakan kembali perangkat yang sempat hilang tersebut.

Pertanyaan lain mungkin muncul, bagaimana Cara Melacak Iphone yang Hilang jika “find my iphone” tidak diaktifkan? Caranya adalah :

  1. segera ubah kata sandi ID apple anda melalui icloud.com. karena dengan seperti itu, saat si pencuri akan melakukan aktifitas yang terhubung dengan internet itu tidak akan bisa.
  2. setelah dipastikan sandi ID Apple anda terganti, segera ganti seluruh media social yang terhubung dengan internet, seperti email, Instagram, path, whatsapp dan lainnya. Dengan seperti itu pun si pencuri tidak akan bisa menggunakan aplikasi tersebut menggunakan data anda atau akun anda.
  3. segera laporkan kehilangan perangkat tersebut ke kepolisian agar jika ada hal yang terjadi atas nama identitas anda, sudah diketahui kepolisian bahwa bukan anda yang melakukan.
  4. sama halnya dengan yang diatas, anda bisa memimta perlindungan kepada operator nirkabel agar perangkat anda dilindungi dan tidak bisa melakukan panggilan, pesan atau penggunaan data lainnya.

Dapat disimpulkan, bahwa Cara Melacak Iphone yang Hilang dengan mudah yaitu dengan sebelumnya mengaktifkan “find my Iphone” terlebih dahulu. Karena dengan fitur tersebut anda akan dimudahkan untuk mencari perangkat jika hilang. Perlu perhatian, jika Iphone anda resmi dan asli, fitur tersebut akan tersedia sebagai aplikasi bawaan. Karena tidak ada fitur lain lagi selain fitur “find my Iphone”. Jika anda tidak menemukan fitur tersebut, maka perlu ditanyakan keasliannya. Karena apple tidak menawrkan fitur lain untuk melacak keberadaan perangkat yang hilang.

Poin penting sebagai pencegahan adalah dengan mengaktifkan terlebih dahulu fitur keamanan tersebut, karena keuntungan yang dapat kita rasakan dari fitur tersebut sangat banak dan mudah diakses. Selain bisa menemukan kembali perangkat yang hilang, setidaknya anda bisa mengendalikan data yang anda miliki dari jarak jauh jika pahitya perangkat anda tidak bisa ditemukan kembali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.