Apple Resmi Rilis iOS 10.3 buat Pengguna Publik, Apa Saja Fiturnya?

Apple Resmi Rilis iOS 10.3 buat Pengguna Publik, Apa Saja Fiturnya?

Apple Resmi Rilis iOS 10.3 buat Pengguna Publik, Apa Saja Fiturnya?

Apple Resmi Rilis iOS 10.3 buat Pengguna Publik, Apa Saja Fiturnya? – Taukah anda?? Setelah merilis iOS 10.3 untuk Developer Beta, kini kamu pengguna umum yang terdaftar di Public Beta juga sudah dapat memperoleh update yang sama. iOS 10.3 versi publik di buat untuk para perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch. Update iOS ini menjadi yang terbesar ketiga karena membawa banyak fitur, peningkatan, dan perbaikan.

Sebagai salah satu update besar, tentu saja iOS 10.3 membawa banyak fitur baru yang hadir untuk iPhone dan iPad kamu. Apple Resmi Rilis iOS 10.3 buat Pengguna Publik, Apa Saja Fiturnya? Sejumlah deretan fitur baru yang dibawa iOS 10.3 terdiri atas empat kategori, yaitu Find my iPhone, Apple File System, Siri dan CarPlay dengan sejumlah dukungan fitur baru, serta peningkatan fitur dan perbaikan untuk sistem bug yang ada di iOS 10 sebelumnya.

Find my AirPods akhirnya hadir di aplikasi Find my iPhone. Dari namanya, fitur ini hadir buat memudahkan kamu mencari AirPods berdasarkan lokasi dan bunyi dari salah satu earbudnya.

Apple Resmi Rilis iOS 10.3 buat Pengguna Publik, Apa Saja Fiturnya?

Adapun fitur lainnya yaitu Siri kini mendukung skor olahraga Cricket di Indian Premier League and International Cricket Counci, mendukung status tagihan pembayaran dengan aplikasi, mendukung jadwal pemesanan kendaraan, dan mendukung aplikasi kendaraan.

 

Sedangkan CarPlay kini sudah dilengkapi dengan Shorcuts buat pengguna mengakses aplikasi terakhir yang digunakan dan adanya tambahan fitur buat mengakses musik dan playlist di aplikasi Apple Music.

Dalam iOS 10.3 juga terdapat fitur baru yang dinamakan Apple File System (APFS), yang akan mengoptimalkan penyimpanan flash/SSD dan juga enkripsi data yang disimpan. Serta membuang file yang tidak dibutuhkan.

Dari pada penasaran yuuk simak daftar fitur terbaru selengkapnya di iOS 10.3 berikut ini.

 

FIND MY AIRPODS

FIND MY AIRPODS

Ini dia fitur yang ditunggu-tunggu. Buat kamu yang sedang menantikan untuk memiliki AirPods, fitur ini sangat bermanfaat. Sama seperti Find My iPhone, fitur baru iOS 10.3 Find My AirPods ini juga bisa digunakan untuk membantu kamu menemukan perangkat AirPods yang terjatuh dengan cara mencatat lokasi terakhir perangkat tersebut digunakan. Pengguna bisa menuju ke tempat tersebut dan memilih mode Play Sound untuk memutar suara sejenis alarm yang cukup nyaring dan menemukannya dengan lebih mudah.

 

CARPLAY

  • Cara pintas dalam status bar untuk memudahkan akses ke aplikasi yang terakhir digunakan
  • Apel Musik layar Now Playing memberikan akses ke Up Next dan album lagu yang sedang diputar
  • playlist harian curated dan kategori musik baru Apple Musik

 

SIRIKIT

SiriKit merupakan fitur baru iOS 10 yang bisa digunakan oleh Developer aplikasi untuk membuat aplikasi dengan memanfaatkan kemampuan Siri. SiriKit di iOS 10.3 ini sudah diupdate ke versi terbaru dengan kemampuan yang lebih baik seperti membayar dan memeriksa status tagihan dengan aplikasi pembayaran, untuk penjadwalan dengan perjalanan pemesanan aplikasi, untuk memeriksa tingkat bahan bakar mobil, status kunci, menyalakan lampu dan mengaktifkan tanduk dengan aplikasi mobil atau mengetahui skor olahraga Cricket dan statistik untuk Indian Premier League dan Dewan Kriket Internasional.

 

APPLE FILE SYSTEM 

Ketika kamu melakukan instalasi iOS 10.3, file sistem iPhone dan iPad akan berubah menjadi Apple File System atau APFS. Apple sangat menyarankan untuk melakukan backup sebelum download dan install iOS 10.3 terbaru ini.

 

ICLOUD STORAGE

ICLOUD STORAGE

Dalam pengaturan Cloud, kamu akan melihat susunan atau komposisi penggunaan iCloud kamu. Sama seperti ketika kamu membuka penggunaan storage di Mac dengan sistem operasi macOS, penggunaan dipisah-pisah berdasarkan tipe file penggunaan seperti foto, backup, dokumen, dan lain-lain.

 

ANIMASI APLIKASI

ANIMASI APLIKASI

Apple sudah mengubah dan memperbarui animasi setiap aplikasi ketika sedang membuka dan menutup aplikasi. ketika aplikasi terbuka, aplikasi akan menampilkan animasi tampilan yang lebih “rounded edges”. Perbedaan ini tidak akan terlalu terlihat karena animasi bergerak dengan cepat.

 

PENGATURAN PROFIL APPLE ID

PENGATURAN PROFIL APPLE ID

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu makin memudahkan pengguna melihat detail Apple ID dalam satu tempat.

Pada menu Setting atau pengaturan, anda bisa melihat opsi baru bernama Apple ID di bagian paling atas pengaturan. Sub-menu tersebut menampilkan berbagai informasi yang berhubungan dengan Apple ID anda, mulai dari perangkat  yang anda gunakan dengan Apple ID tersebut, koneksi pada iCloud, iTunes & App Store, dan Family Sharing. Terdapat juga opsi untuk mengubah foto profil Apple ID, informasi dasar pengguna, password, dan metode pembayaran maupun pengiriman.

 

MAPS

Sekarang aplikasi Peta sudah memiliki kemampuan untuk memanfaatkan 3D Touch untuk menampilkan cuaca langsung dari aplikasi peta yang berhubungan dengan cuaca di lokasi kamu atau lokasi yang akan kamu datangi. Dan juga dukungan untuk mencari “mobil yang diparkir” di Maps. Memperbaiki masalah yang bisa mencegah Maps dari menampilkan lokasi Anda saat setelah reset Lokasi & Privasi

 

HOMEKIT 

HomeKit sudah memiliki kemampuan dan dukungan untuk programmable light switches.

 

APP ICON (DEVELOPER)

Developer akan memiliki kemampuan untuk melakukan update icon aplikasi kapan saja.

 

ICLOUD ANALYTICS

Sekarang tampilan Diagnostics and Usage dalam menu pilihan Privasi berganti nama menjadi Analytics di iOS 10.3 baru ini. Meskipun demikian, fitur ini juga masih sama yaitu iCloud Analytics bertujuan untuk aman mengumpulkan informasi dari data iCloud pengguna menggunakan apa yang Apple menyebutnya privasi diferensial untuk memastikan informasi tersebut tidak dapat dilacak kembali ke seseorang.

ICLOUD ANALYTICS

Namun sekarang akan ada fitur baru yaitu Share iCloud Analytics yang memungkinkan perekaman penggunaan data dari akun iCloud. Tentu saja Apple tetap menjaga kerahasiaan data kamu.

 

FLOATING KEYBOARD UNTUK IPAD  

FLOATING KEYBOARD UNTUK IPAD

Menurut laporan, fitur ini hanya didukung pada iPad yang memiliki luas 9,7 inci ke bawah. Ini artinya, model iPad dengan luas 12,9 inci tidak akan mendapatkan fitur ini. Sedikit tersembunyi di iOS 10.3 sekarang kamu memiliki pengaturan untuk menggunakan keyboard mengapung alias floating keyboard yang bisa kamu gunakan di iPad untuk mengetik dengan satu tangan saja dengan lebih nyaman. Meskipun demikian, saat ini fitur ini masih belum bisa dipakai.

 

PODCASTS
Apple menghadirkan widgets Podcast dengan tampilan mirip Music

 

Tidak sabar ingin segera mencicipi fitur-fitur baru di iOS 10.3? Bila kamu sudah menjadi anggota dari program Beta Software, kamu akan mendapatkan versi beta baru via pembaruan OTA (Over The Air) dengan mengakses Settings > Software Update. Selain dengan cara itu kamu bisa juga mengupdate melalui Update iTunes atau Restore via iTunes.

Jika sudah download update iOS 10.3, Share pengalaman kamu di kolom komentar ya..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.