Apple Akan Merilis Fitur Privacy Baru di Awal Tahun 2021

Appletechnos – Apple baru-baru ini merencanakan akan memberikan pembaharuan besar pada sistem operasi terbaru mereka, iOS 14 dan iPadOS 14, terutama pada bagian privasi pengguna. Pembaharuan ini akan mewajibkan developer/perusahaan pembuat aplikasi di Apps Store untuk meminta izin terlebih dahulu jika ada privasi tertentu yang ingin dijalankan pada aplikasi seperti melacak pengguna di aplikasi maupun situs web. Mekipun hingga saat ini Apple masih belum memberikan konfirmasi kapan fitur ini akan disematkan, walau sudah ditemukan beberapa bocoran yang mulai memperlihatkan tentang fitur ini.

Pengguna nantinya dapat melihat aplikasi mana yang memerlukan izin untuk mendeteksi sehingga bisa memutuskan untuk meberikan izin ataukah tidak. Fitur ini dapat diakses melalui “Pengaturan” kemudian “Privasi”. Selain itu, pengguna juga akan melihat sebuah pesan popup ketika membuka aplikasi untuk pertama kali setelah fitur ini dirilis. Popup ini akan keluar untuk aplikasi baru maupun yang sudah terinstall pada perangkat iPhone maupun iPad. Salah satu alasan fitur ini dirilis adalah terkait dengan facebook, dimana berdasarkan informasi yang beredar facebook melakukan pelacakan informasi tanpa meminta izin terlebih dahulu. Jika fitur ini dirilis, kemungkinan hal ini akan berimbas pada bisnis iklan yang dilakukan oleh facebook.

BACA JUGA : IPHONE DAN ANDROID INI TIDAK BISA WHATSAPP-AN LAGI…

Namun, hal ini dibantah oleh Apple karena menurut mereka facebook tidak perlu mengubah cara pendekatan mereka dalam melacak pengguna. Hal ini disebabkan fitur ini hanya memerlukan izin dari pengguna untuk mengizinkan aplikasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Seperti yang disampaikan oleh MacRumors, beberapa pengguna iPhone telah melihat popup tersebut di perangkat mereka, walau hanya untuk aplikasi tertentu saja. Misalnya pengguna membuka aplikasi NBA, popup kemudian muncul permintaan izin “Untuk melacak aktivitas di aplikasi dan situs lain”.

BACA JUGA : HADIAH WHATSAPP DI TAHUN BARU 2021

Awalnya fitur privasi ini akan diluncurkan pada bulan September yang lalu. Namun kemudian ditunda di awal tahun 2021 untuk memberikan waktu pada developer untuk punya lebih banyak waktu untuk melakukan persiapan dan pengetesan. Apakah anda termasuk yang sudah merasakan fitur ini?

About applegeekz

Check Also

Iphone-12-Home-Screen

Tips iPhone 12 : 10 Hal Yang Perlu Segera Enable/Disable

Appletechnos – Tidak peduli bagaimana Anda mendapatkan salah satu model iPhone 12 Apple – apakah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: