Manfaatkan Segera ! Bantuan Pemerintah yang Berakhir Desember 2020 Ini

Appletechnos – Bulan Desember 2020 ini pemerintah akan menghentikan sejumlah bantuan untuk masyarakat dan tidak akan berlanjut lagi di tahun 2021 nanti. Bantuan pemerintah yang dihentikan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. BLT Dana Desa

Bantuan ini merupakan bantuan yang diberikan pemerintah dalam bentuk bantuan langsung tunai dari dana desa guna menangani dampak dari pandemi Covid-19. Adapun acuan dari bantuan ini ada dalam Peraturan Menteri Desa tahun 2020 mengenai pemberian BLT Dana Desa.

Besaran nilai BLT Dana Desa adalah 600 ribu rupiah yang akan diberikan setiap bulan untuk keluarga miskin yang memenuhi kriteria. Bantuan ini akan diberikan selama 3 bulan pertama dan 300 ribu rupiah untuk 3 bulan berikutnya.

2. Bantuan 1 Juta Untuk Seniman

Bantuan ini adalah bantuan pemerintah yang diberikan kepada 20 ribu seniman dan pelaku budaya yang terkena dampak pandemic Covid-19. Bantuan yang diberikan sebesar 1 juta rupiah. Adapun bentuk penyampaian bantuan seniman ini adalah honorarium dan jasa profesi karena keterlibatan mereka dalam karya budaya. Untuk bantuan ini pemerintah mengalokasikan dana sebesar 26,5 miliar rupiah, sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca : KABAR GEMBIRA!! BANTUAN SOSIAL INI AKAN DIPERPANJANG HINGGA 2021

3. Bantuan Pangan/Sembako

Bantuan-Sembako

Sebagaimana dijelaskan dalam situs dinas sosial , Program Sembako merupakan bantuan social pangan senilai Rp150.000/KPM/bulan yang disalurkan dalam bentuk nontunai dari Pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme uang elektronik.

Akan tetapi bantuan langsung tunai yang bersifat non regular masih akan diperpanjang hingga tahun 2021. Bantuan ini kemungkinan akan terus diperpanjang apabila pandemic Covid-19 masih belum berhenti. Misal anda tahun 2020 telah mendapatkan program Kartu Prakerja, maka di tahun 2021 maka anda tidak akan mendapatkannya kembali. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat yang belum mendapatkan manfaat dari program ini akan bisa merasakan program bantuan pemerintah ini.

Untuk itu anda yang belum pernah mendapatkan bantuan di tahun 2020 bisa segera mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan bantuan pemerintah ini di tahun 2021 mendatang.

About applegeekz

Check Also

Mau-Dapat-BLT-UMKM-dan-Cepat-Cair-Segera-Ajukan-Ke-Dinas-Koperasi-Dan-UKM

Mau Dapat BLT UMKM Rp1,2 Juta Dan Cepat Cair? Segera Ajukan Ke Dinas Koperasi Dan UKM

Appletechnos – Program Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM tahun 2021 kembali …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.