Iphone-12-vs-Aondroid-Comparison

iPhone 12 vs Ponsel Android Terbaik (Part 1)

Seiring dengan sisa tahun 2020, ini merupakan tahun yang liar dan tidak terduga untuk smartphone. Samsung memulai tahun ini dengan mengirimkan ponsel termahal yang pernah ada di S20 Ultra dan diakhiri dengan salah satu penawaran terbaiknya di Galaxy S20 FE. Google menjatuhkan ponsel unggulan Pixel 5 ke kelas menengah dan memperkenalkan desain terbaiknya, sementara OnePlus menduduki posisi nomor satu untuk pertama kalinya. Plus, Apple mengirimkan iPhone terkecil sejak iPhone 5. Dan semuanya datang dengan 5G.

Tapi di tengah itu semua, ponsel mana yang muncul dari kekacauan sebagai juara 2020?

Ponsel Yang Diadu

Samsung Galaxy Note 20 Ultra: Galaxy Note 20 Ultra adalah ponsel terbaik Samsung meskipun memiliki kamera yang sedikit lebih rendah dan baterai yang lebih kecil daripada S20 Ultra.

OnePlus 8 Pro: OnePlus diluncurkan sepenuhnya di ponselnya tahun ini, menyerang ujung atas dan bawah dengan lebih banyak model daripada sebelumnya. Bahkan dengan 8T yang tiba beberapa bulan kemudian, 8 Pro adalah tempat sampah saya, terutama karena harganya yang baru diturunkan.

Google Pixel 5: Google membuat perubahan dengan ponsel cerdasnya tahun ini, tetapi Pixel 5 masih menjadi salah satu ponsel Android terbaik, berkat Android 11.

iPhone 12: Anda dapat membuat kasus bahwa $ 999 iPhone 12 Pro sepadan dengan uang ekstra, tetapi kecuali Anda mengambil banyak bidikan yang diperbesar, iPhone 12 adalah tempatnya.

iPhone vs Android: Desain

Ponsel di sini mungkin tidak bisa dilipat atau diputar, tetapi bukan berarti tidak semua orang memiliki identitas uniknya sendiri. Yang pasti, roda untuk setiap ponsel belum diciptakan kembali, tetapi setiap ponsel hanya memiliki beberapa sentuhan yang cukup untuk memisahkannya dari yang lain dan mengangkatnya di atas sisa paket.

Pertama, mari kita lihat ukuran dan proporsi layar.

Dimensi (dari yang terbesar ke terkecil)
Catatan 20 Ultra: 164.8 x 77.2 x 8.1mm
OnePlus 8 Pro: 165,3 x 74,3 x 8,5 mm
iPhone 12: 146,7 x 71,5 x 7,4 mm
Pixel 5: 144,7 x 70,4 x 8,0mm

Rasio layar-ke-tubuh (dicantumkan dari atas ke bawah)
Catatan 20 Ultra: 91,63%
OnePlus 8 Pro: 90,79%
IPhone 12: 87,45%
Pixel 5: 86,75%

Note 20 Ultra tidak salah lagi dari Samsung, dengan layar Infinity melengkung raksasa, kamera selfie punch-hole, dan bezel ultra-tipis di atas dan di bawah layar. Seperti note sebelumnya, ia memiliki estetika yang sangat persegi yang membuatnya tampak jauh lebih tinggi dari aslinya, sementara tonjolan kamera di pojok kiri cukup besar dan bulat daripada ponsel lain di sini.

Warna terbaik adalah Mystic Bronze matte baru yang merupakan persilangan antara emas dan emas mawar. Tetapi Anda mungkin ingin memasukkannya ke dalam wadah. Seluruhnya terbuat dari kaca, dan yang lainnya membuatnya sulit untuk dipegang bahkan dengan tangan. Sudut persegi, dasar rata, dan tonjolan kamera terlihat bagus, tetapi digabungkan untuk menciptakan pegangan yang canggung dan kaku. Ini juga cukup berat dibandingkan dengan ponsel lain di sini.

Berat (terdaftar dari terberat hingga teringan)
Catatan 20 Ultra: 208 g
OnePlus 8 Pro: 199 gram
IPhone 12: 164 gram
Pixel 5: 151 gram

Tidak hanya Pixel 5 yang paling ringan dalam kelompok ini, tetapi juga salah satu yang terindah. Google telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan ponsel Pixel terbaru, memperkenalkan desain pertama yang tidak memiliki bezel besar. Faktanya, ini adalah satu-satunya ponsel Android yang saya sadari memiliki bezel universal di mana-mana, memberikan Pixel 5 estetika yang seimbang dan simetris mirip dengan iPhone 12.

Jika tidak, siluetnya sangat pixelated sama seperti model aslinya, dan jajaran kamera persegi sangat terinspirasi oleh Pixel 4. Dengan bingkai yang sangat kecil, kamera selfie berada di sudut kiri layar dan sebagian besar tidak terlihat.

Pixel 5 adalah satu-satunya ponsel di sini yang tidak terbuat dari kaca, tetapi juga tidak terbuat dari aluminium. Bagian belakangnya dilapisi dengan resin bio-plastik yang memberikan kesan eksotis dan tidak terlalu mewah pada ponsel. Warna Sorta Sage bagus meskipun power bottom berlapis krom adalah sentuhan yang bagus.

OnePlus 8 Pro mungkin yang kurang dikenal dari kelompok itu, tetapi itu tidak berarti itu telepon biasa atau membosankan. Ini memiliki layar lengkung yang indah dan merupakan satu-satunya ponsel di grup ini yang tidak memiliki banyak kamera yang mengganggu. Sudut-sudut layar benar-benar sejajar dengan bentuk ponsel, dan tepi di bagian atas dan bawah layar sangat tipis, yang memberikan tampilan estetika di dekat tepi, menjadikannya portabilitas yang luar biasa.

Bagian belakangnya terbuat dari kaca tetapi buram sehingga tidak menangkap sidik jari semudah Note 20 dan iPhone 12. Dua warna baru, Glacial Green (RAM 8GB) dan Ultramarine Blue (RAM 12GB), membungkus sisi layar dan tampak hebat.

Sekilas, iPhone 12 terlihat sangat mirip dengan iPhone 11 yang digantikannya, tetapi sedikit perubahan yang dilakukan oleh Apple masuk akal. Yang paling jelas adalah ukuran bezelnya. Di iPhone 11, bezelnya cukup besar, di mana-mana 5,57mm, tetapi di iPhone 12, hanya 3,47mm. IPhone 12 juga lebih tipis dan ringan dari iPhone 11, dan karena Apple telah kembali ke desain sisi dan layar yang “datar”, ponsel ini memiliki estetika yang terlihat lebih kecil dari aslinya.

iPhone-12

Ini juga jauh lebih ringan daripada ponsel kaca lainnya di sini. Tentu, ini memiliki layar yang lebih kecil dari Note 20 dan OnePlus 8 Pro, tetapi perbedaan dalam bobot dan distribusi terlihat jelas saat Anda menyimpannya. Sebaliknya, Note 20 cukup berat, dan sementara Pixel 5 terasa lebih ringan, itu tidak terlihat seperti ponsel premium melainkan seperti ponsel plastik. IPhone 12 memberikan keseimbangan yang mencolok antara keseimbangan dan kualitas build.

Takiknya masih cukup besar seperti jajaran kamera yang menarik perhatian, tetapi desain keseluruhan iPhone 12 adalah yang paling indah yang diproduksi Apple selama bertahun-tahun. Ini solid, simetris, dan elegan, dan mudah menonjol di bidang persegi panjang yang penuh sesak. Saat ponsel selaras dengan layar raksasa dan kamera, Apple terus menemukan cara untuk memimpin melalui iterasi cerdas dan pribadi.

Pilihan kami: iPhone 12

iPhone vs Android: Display

Layar smartphone premium telah mencapai titik di mana mereka semua pada dasarnya mendapatkan peringkat A + dari DisplayMate, jadi apa pun ponsel yang Anda dapatkan, Anda mendapatkan salah satu tampilan terbaik yang pernah ada.

Sebelum kita membahas ukuran, kecerahan, dan kerapatan piksel, perbedaan utama antara ponsel Android dan iPhone 12 adalah kecepatan tampilan. Sementara iPhone 12 tetap berada di 60Hz, Pixel 5 bekerja pada 90Hz, sedangkan Note 20 Ultra dan 8 Pro memiliki kecepatan refresh 120Hz. Kecepatan refresh yang lebih tinggi berarti pengguliran harus lebih cepat dan game serta video lebih lancar di ponsel tersebut, terutama saat beralih antara 60Hz dan 120Hz pada Note 20 Ultra dan OnePlus 8T. Tetapi Apple melakukan pekerjaan kolosal dengan mengkalibrasi layar dan mengoptimalkan OS sehingga iPhone 12 tidak terasa lebih lambat dari ponsel 120Hz.

Hal yang sama berlaku untuk keputusannya. IPhone 12 dan Pixel 5 keduanya memiliki layar Full HD + 1080p sedangkan Note 20 Ultra dan OnePlus 8 Pro menyertakan layar Quad HD + 1440p. (Namun, ada satu peringatan: Anda perlu menurunkan resolusi Note 20 Ultra ke 1080p untuk menggunakan kecepatan refresh 120Hz.) Perbedaannya minimal. Sementara Pixel 5 memiliki masalah terpisah dengan saturasi warna dan kecerahan, kedua layarnya tajam dan kerapatan piksel seperti layar QHD, dan iPhone 12 kaya dan cerah. Jika saya tidak melihat lembar spesifikasi, saya tidak akan pernah tahu iPhone 12 memiliki piksel lebih sedikit.

Apple mungkin tidak mengubah resolusi layar Super Retina XDR-nya, tetapi Apple menambahkan sedikit perubahan yang membuatnya lebih unggul dari ponsel lain di sini. Apple menyebutnya Perisai Keramik dan dirancang untuk mencegah layar ponsel Anda retak saat dijatuhkan dari jarak jauh. Untungnya saya belum memiliki kesempatan untuk menguji ini, tetapi setelah sebulan menggunakan tanpa pelindung layar, saya tidak dapat melihat goresan kecil di layar ponsel saya seperti di ponsel lain, termasuk iPhone terbaru.

Meskipun semua ponsel di sini termasuk dalam kategori “besar”, ada kira-kira satu inci antara yang terkecil dan terbesar. Mungkin tidak terdengar banyak di atas kertas, tetapi akan membuat perbedaan besar saat digunakan.

Ukuran layar (diskalakan dari terkecil hingga terbesar)
Pixel 5: 6 inci
iPhone 12: 6,1 inci
OnePlus 8 Pro: 6,78 inci
Note 20 Ultra: 6,9 inci

Galaxy Note 20 Ultra bukan hanya ponsel terbesar di sini, ini adalah salah satu layar terindah yang pernah saya gunakan. Warna-warna cerah tanpa terlalu jenuh, foto kaya dan cerah (dengan puncak 1600 nits), dan video dinamis dan halus. Sulit untuk menemukan keluhan, tetapi bisa sangat besar.

Namun, OnePlus 8 Pro tidak lebih kecil dari Note 20 dan juga memukau secara visual. Seperti Note 20, sisi-sisinya melengkung, dan Quad HD + 3168 x 1440 cerah dan hidup. Ini cerah dan tajam, tetapi saya kadang-kadang menemukan white balance agak hilang dan melihat sedikit warna ungu jika dibandingkan dengan monitor lain.

Dan seperti yang saya katakan di atas, tampilan iPhone 12 juga bagus. Namun untuk kecepatan, kejelasan, kecerahan, dan kedalaman, Galaxy Note 20 Ultra berdiri sendiri. Bahkan dengan resolusi 1080p, Apple sangat dekat dengan Note 20 Ultra, dan jika iPhone 13 mendapatkan layar ProMotion 120Hz yang dikabarkan, kemungkinan besar akan menyusul.

Pilihan kami: Galaxy Note 20 Ultra

About applegeekz

Check Also

Kelebihan, Kekurangan dan Harga iPhone 5S Terbaru 2017

Kelebihan, Kekurangan dan Harga iPhone 5s – Diluncurkan pada tahun 2012, IPhone 5 menjadi salah …