Lengkap, Turorial Downgrade ios 12 Beta ke ios 11

Tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11Tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 biasanya dibutuhkan saat kita yang sudah menggunakan ios 12 beta yang terbaru bahkan hanya tersedia untuk Apple Developer saja dan kemudian ingin pindah ke ios 11 yang ter update karena beberapa hal yang terjadi saat kita menggunakan ios 12 beta. Sebelum menjelaskan tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 terlebih dahulu artikel ini akan membahas apa itu downgrade.

Pengertian Downgrade

Downgrade itu sebuah istilah pengembalian atau mengembalikan sistem operasi terbaru menjadi sistem operasi yang lebih lama. Downgrade ini juga kebalikan dari upgrade. Dalam artikel tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 ini dimaksudkan cara untuk merubah sistem operasi terbaru atau yang kita pakai asalnya ios 12 beta kembali lagi menjadi ios 11 yang terbaru. Perlu kita ketahui bahwa downgrade ini tidak bisa kita lakukan semau kita saja, karena apple sendiri hanya memperbolehkan dua cara saja. Ingin upgrade atau downgrade. Sejauh ini ios versi 11.4 saja yang baru bisa di downgrade atau ios versi pengguna pada umumnya.

6 Turorial Downgrade ios 12 beta ke ios 11

Berikut ini akan kami sertakan lengkap tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11.

  1. Cadangkan Data

Tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yang pertama harus dilakukan yaitu dengan cadangkan data kita dengan menggunakan icloud atau iTunes backup dari ios 12 beta yang kita gunakan. Namun yang harus menjadi catatan adalah kita harus melakukan backup data seperti dokumen penting, foto dan lain hal secara manual karena ios 12 beta ini tidak bisa digunakan di ios 11.

  1. Update iTunes

Selanjutnya untuk langkah yang harus kita lakukan dalam tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yaitu dengan men update iTunes kita menggunakan MacBook atau Laptop menjadi versi terbaru. Minimal versi yang harus kita miliki adalah versi 12.7.5. Selain itu yang harus kita siapkan juga MacBook atau PC yang digunakan harus sudah terhubung dengan jaringan internet.

  1. Menghubungkan ios ke Komputer

Langkah selanjutnya dari turorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yaitu dengan menghubungkan ios ke komputer menggunakan kabel data lightning.

  1. Lakukan Pemulihan Perangkat

Pemulihan perangkat atau yang biasa kita kenal recovery mode ini kita lakukan di ios dengan langkah-langkah tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 sebagai berikut.

Untuk pengguna iPhone X, iPhone 8 plus dan iPhone 8 tahapan yang dilakukan yaitu dengan menekan volume up, tekan kemudian lepaskan. Begitupun dengan volume down, tekan kemudian lepaskan. Satu hal lagi, tekan dan lepaskan tombol side bottom sampai muncul tampilan recovery mode dalam layar iPhone kita.

Tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yang selanjutnya bagi pengguna iPhone 7 dan iPhone 7 plus. Untuk iPhone jenis ini, kita tekan dan lepaskan tombol volume up dan power bottom secara bersamaan. Jika ada tampilan logo apple diharapkan tidak dilepaskan, tekan terus hingga muncul tampilan recovery mode pada layar.

Untuk tipe iPhone selanjutnya seperti iPhone 6s dan tipe lainnya. Kita matikan perangkat iPhone yang telah terhubung dengan kabel lightning ke komputer tadi. Setelah itu tekan dan tahan home bottom. Meskipun logo apple muncul, tetap tekan dan tahan home bottom hingga recovery mode muncul dalam layar.

  1. Unduh IPSW

Tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yang selanjutnya yaitu kita harus membuka iTunes di komputer, kemudian pilih restore untuk langkah selanjutnya mengunduh IPSW terbaru dari ios 11 dan masih terdaftar di apple. Kemudian proses restore akan dimulai secara otomatis. Jika kita mengunduh IPSW secara terpisah, diharapkan kita menekan tombol restore sambil ditekan tombol Option jika menggunakan Mac, dan Shift jika menggunakan windows untuk menemukan hasil unduhan IPSW.

  1. Atur Sebagai Perangkat Baru

Tahapan terakhir dari tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yaitu dengan mengatur ulang perangkat ios baru, kemudian unduh aplikasi dan pengaturan yang kita butuhkan. Ini digunakan jika proses restore sudah selesai. Hal lain yang bisa kita lakukan jika kita menyimpan arsip ios 11 maka kita bisa gunakan yang sudah ada.

Cara Lain dalam Tutorial Downgrade ios 12 Beta ke ios 11

Selain bisa menggunakan tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yang sudah dijelaskan di atas, ternyata ada cara lain untuk downgrade ios 12 beta ke ios 11 final. Cara yang bisa kita coba yaitu sebagai berikut.

  1. Pastikan baterai iPhone yang akan di downgrade dalam keadaan full

Untuk tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yang kita butuhkan adalah full baterai untuk menghubungkan iPhone ke Mac atau Laptop lalu membuka iTunes. Selain itu kita juga membutuhkan kabel data lightning untuk menghubungan iPhone ke Mac atau Laptop.

  1. Lalu lakukan recovery mode

Sama hal nya dengan cara yang di atas, ada perbedaan penggunaan cara recovery mode tergantung jenis iPhone yang kita gunakan.

  1. Muncul pop up recovery dalam iTunes

Setelah melakukan cara recovery mode maka akan muncul pop up recovery, klik restore lalu konfirmasi untuk recovery dan update. Hal ini berguna untuk melanjutkan proses downgrade ios 12 beta ke ios 11.

  1. Ikuti Wizard yang Tersedia

Terakhir yang kita lakukan untuk tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yaitu ikuti wizard yang tersedia, iTunes akan mendownload ios 11 final yang terbaru. Untuk melihat perkembangan downloadnya kita bisa membuka bagian pojok kanan dan tunggu sampai proses download selesai. Lalu bagaimana jika iPhone kita restart sebelum proses download selesai? Jangan khawatir, kita bisa kembali lagi ke menu recovery tadi dan gunakan tahapan ulang yang sesuai dengan jenis iPhone kita. Dan proses download akan dimulai kembali.

  1. Tahapan terakhir

Setelah selesai tahapan downgrade tadi, maka ios iPhone akan kembali menjadi ios 11 final. Meskipun statusnya masih kosong, kita bisa melihat backup data dari ios 12 beta tadi yang disimpan di iTunes. Setelah itu, kita lihat dalam kolom backup iTunes, kemudian klik restore backup dan pilih beberapa arsip yang sudah ada sebelum kita menggunakan ios 12 beta.

Berikut beberapa tutorial downgrade ios 12 beta ke ios 11 yang bisa kami berikan. Untuk hasil yang lebih baik lagi, kita bisa konsultasikan dengan komunitas apple atau pusat bantuan apple. Selamat mencoba dan selamat mendapatkan kembali ios iPhone 11 dengan data yang kita miliki sebelumnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.