Tutorial Memotret Dengan Hasil Yang Keren Tanpa Aplikasi Tambahan

metro_3

Tutorial Memotret Dengan Hasil Yang Keren – Kamu pengguna iPhone???? Eiitsss, jangan install banyak aplikasi kalau cuma buat foto doang . Perangkat iPhone memang memiliki fitur kamera yang bisa kamu andalkan untuk mengabadikan segala kegiatan baik acara keluarga hingga pekerjaan.

makemac.com mempunyai beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Camera di iPhone agar foto anda menjadi unik. Yaaa, tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan tentunya. Yuk kita simak artikel Tutorial Memotret Dengan Hasil Yang Keren berikut ini ;

1.SETTINGS DULU YAA

Kami yakin di antara kamu pasti ada yang jarang masuk ke Settings > Photos & Camera. Nah coba  masuk di bagian ini. Bagian ini berisi beberapa pengaturan seputar aplikasi Photos dan penggunaan Camera di perangkat iPhone. Seperti mode iCloud Photo Library, Photo Stream, iCloud Photo Sharing, Summarize Photos dan lainnya yang berhubungan dengan penyimpanan.

1

Nah untuk mode Camera, ada 2 pengaturan yang harus kamu cek yaitu

  1. Grid: garis bantuan yang tampil ketika memotret.
  2. Mode Record Video.
    Bila mau mengambil gambar bangunan, kamu wajib menggunakan mode Grid. Tujuannya untuk mencari garis tegak. Sedangkan pengaturan Record Video, kamu bisa memilih 2 ukuran resolusi yaitu 720p dan 1080p.

 

2. MENGENAL SEMUA FITUR YANG ADA DI APP CAMERA

Ada banyak fitur yang tersedia di app Camera, semuanya bisa diakses dengan mudah dan cepat sambil melihat objek yang ingin kamu foto. Empat ikon di atas (dari kiri ke kanan) adalah Flash, HDR, Timer dan mengganti ke kamera depan.2

Di bagian bawah ada beberapa mode mengambil gambar. Yaitu Time-Lapse, Slo-Mo, Video, Photo, Square dan Panorama. Ikon 3 titik di kanan bawah adalah Live Filter yang biasa digunakan untuk memberikan efek gambar dan melihat objek sebelum dijepret.

 

3. PASTIKAN FOTO KAMU FOKUS! Jangan sampai nge-blur

Pada  iPhone 4s atau yang lebih baru memang sudah dilengkapi dengan fitur deteksi wajah sebagai fokus foto. Jadi kamu tidak perlu repot untuk memfokus foto. Namun tidak selamanya yang kamu foto adalah wajah kan, bagaimana kalau pemandangan? Nah ketika memotret objek benda, pastikan kamu sudah memberikan fokus pada bagian yang diinginkan tentunya.

3

Nah cara ini bisa kalian lakukan. Caranya tekan dan tunggu hingga kotak kuning tampil di bagian tersebut. Untuk pengguna perangkat iOS 9, kini ada mode fokus dan pengaturan exposure yang fleksibel. Yaitu dengan cara tekan layar dengan jari kamu di layar hingga muncul ikon matahari. Setelah itu swipe atas atau bawah untuk mengubah exposure foto. Mode ini akan membuat tampilan exposure foto lebih terang (atas) atau gelap (bawah) namun tetap berfokus pada objek.

 

4. LEBIH DEKAT, LEBIH FOKUS DAN SPESIFIK

4

If Your Pictures Aren’t Good Enough, You’re Not Close Enough

 

Buatlah foto yang lebih dekat dengan objek dan bebas gangguan. Metode rules of thirds bisa kamu gunakan pula. Memang sih, sedikit butuh waktu, namun kalau tidak dicoba kamu gak akan pernah tahu hasilnya. Iya kan?

 

5. Cobain BURST MODE

Momen yang kamu saksikan mungkin tidak akan pernah terulang kembali. Ya, untuk itulah mode rentetan foto (burst) bisa kamu andalkan. Cukup tekan dan tahan tombol shutter warna putih di layar untuk membuat iPhone mengambil gambar berkali-kali. Jangan lupa memilih frame yang terbaik dan pastikan untuk menghapus sisanya agar memori penyimpanan iPhone tidak penuh.

5

 

6. STOP MODE TEGAK

Capek buk tegak terus. Mbok ya sekali-kali pake mode lainnya. Mereng-mereng ngno yok opo see  Wkwkwk

6

Sebaiknya kurangi memotret dalam mode tegak. Biasakan memotret dalam mode mendatar atau landscape. . Apalagi untuk mode video, jangan sampai kamu mendapatkan cap vertical video syndrome yaa.

Oiyaa….Kenapa harus mode mendatar atau landscape?? Karena kamu bisa mengolah foto mode mendatar menjadi banyak hal. Misalnya, posting artikel di blog, crop mode 16:9 dengan hasil yang pas atau mode kotak (1:1) yang tidak terlalu mepet. Untuk memotret pemandangan, mode mendatar membuatmu mendapatkan objek secara lebih luas dan lebar.

 

7. FOTO HITAM PUTIH DI SAAT YANG TEPAT

Sedang memotret di tempat yang menggunakan sumber cahaya dengan warna merah, biru atau lainnya seperti dalam tempat konser atau venue unik lainnya? Memotret dengan mode warna normal, kadang akan membuat foto kamu kurang menarik dan flat. Coba gunakan mode Live Filter dan pilih efek Mono atau Tonal.

Efek hitam putih juga cocok untuk keadaan yang sendu. Seperti rintik hujan, bayangan di teriknya matahari atau hal lainnya. Silahkan terus eksplorasi warna dan cahaya dalam setiap jepretan kamu ya!

 

Berikut Cara-Cara Membuat Foto UNIK dan Luar Biasa Yang Saat ini Lagi Nge-TREND

 

1. BERMAIN PERSPEKTIF JAUH – DEKAT

1-1

Sadar atau tidak, mata manusia mudah tertipu dengan sudut perspektif yang kamu buat. Foto di atas adalah salah satunya, cara membuatnya juga tidak sulit! Pastikan kamu sedang berada di tempat yang cukup lapang dan ada 2 objek yang jauh dan dekat. Bisa dengan 2 orang teman atau 1 teman dan objek yang ingin dijadikan acuan.

Kemudian posisikan perangkat iPhone dan cari sudut paling pas untuk membuat perspektif yang kamu mau ya. Jangan sungkan juga untuk meminta teman kamu mengikuti arahan gaya dari kamu. Atau jangan malas untuk terus bergerak dan mengeksplorasi sudut pandang yang dilakukan.

 

2. BERMAIN PERSPEKTIF – DI TEMBOK

2-1

Oke jika di trik pertama kita sudah bermain perspektif jauh dekat, kali ini cobain mode lain. Kami menyebutnya perspektif berlawanan arah. Kali ini kamu harus lebih kreatif dan mencari sudut yang bersih, bidang bawah serta sampingnya sedikti mirip atau susah dibedakan – tembok dan lantai yang berwarna putih misal.

Sebagai tambahan, fotografer di mode ini sebaiknya menggunakan kursi atau alat bantu lain untuk membuat posisnya tegak lurus langsung dengan objeknya. Penasaran untuk dapat membuat foto ini? Buruan cobain makanya.

 

3. Memotret Panorama

Memotret objek menggunakan mode panorama memang mengasyikkan. Kamu bisa mengambil gambar hingga 180 derajat bahkan lebih untuk mendapatkan pemandangan yang ada di sekelilingmu. Namun tidak hanya itu, kamu juga bisa berkreasi lebih dengan menggunakan fitur ini.

Salah satu contohnya adalah dengan mengambil gambar seolah-olah kita memiliki banyak kembaran. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengambil gambar panoramic seperti biasa, namun objek yang ada di depan kamera (kamu) harus mengikuti jalannya kamera. Dengan begitu, kamu akan terlihat memiliki banyak tubuh (ganda).

3-1

Selain itu, kamu juga dapat mengambil gambar yang unik menggunakan teknik panorama ini. Ketika kamu berada di dalam mobil atau kendaraan yang sedang berjalan, kamu aktifkan mode panorama. Selanjutnya lihatlah apa yang akan terjadi. Gambar yang unik dan menakjubkan akan tercipta. Usahakan untuk melakukan teknik fotografi ini tangan tetap stabil dalam memegang Smartphone kamu.

 

4. LEVITASI

Levitasi (fotografi)  adalah salah satu teknik dalam dunia fotografi. Teknik ini membuat objek yang difoto terlihat seolah-olah seperti melayang. Dalam pembuatannya teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan proses edit maupun tanpa edit (manual).

4-1

Gaya foto ini sempat ngetop beberapa tahun lalu, pastinya kamu tahu donk!

Ada 2 teknik untuk membuat foto ini, lompat seakan kamu sedang berjalan dan langsung jepret. Atau bisa menggunakan aplikasi foto yang mendukung mode editing untuk menggabungkan 2 foto secara halus. Caranya foto pertama dengan objek sekaligus alat bantu, lalu foto kedua adalah pemandangangan yang kosong. Menarik kan! Ada beberapa aplikasi yang dapat kamu andalkan untuk mendapatkan foto levitasi di iPhone. Salah satunya adalah Levitagram atau bisa juga dengna Pixelmator yang memiliki ftur menghapus bagian gambar yang tidak diinginkan

 

Memotret adalah tentang mengabadikan sebuah kegiatan, menyimpan kenangan dan membagikan apa yang kamu lihat kepada orang lain. Gunakan perangkat kamera di iPhone kamu secara maksimal dan benar lalu selamat menikmati hasil foto kamu bersama teman dan keluarga yaaa…

Sekian artikel tentang Tips and Trick Memotret Dengan Hasil Yang UNIK dan Bagus Menggunakan  iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan. Untuk para pengguna iPhone jangan pengen dibilang hits kalau belum mencoba semua tips diatas.

Terimakasih sudah berkunjung 🙂 🙂