Tips Menghemat Penggunaan Baterai Pada iOs 10

Tips Menghemat Penggunaan Baterai Pada iOs 10

baterai-boros
Tips Menghemat Penggunaan Baterai Pada iOs 10

iOS 10 akhirnya resmi meluncur dan sudah bisa langsung diunduh untuk melakukan pembaruan pada iPhone. Tidak semua model iPhone mendapatkan iOS 10 dan sempat membuat beberapa perangkat brick ketika awal peluncuran. Namun, beberapa pengguna juga mengeluhkan bahwa pada iOS 10 boros baterai. Maka dari itu kami akan memberikan sedikit Tips Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 10 yang Boros Pada iPhone .

Jika saat ini kalian sudah upgrade ke iOS 10 dan merasakan kalau baterai perangkat iOS kalian cepat habis. Mungkin ada beberapa hal yang harus kalian lakukan dari tips dibawah ini. Walaupun sebenarnya boros atau tidaknya baterai iPhone, iPad atau iPod touch tergantung dari penggunanya sendiri. Contoh: Misalkan kalian aktif di sosial media, maka secara otomatis baterai kalian lebih cepat habis.

7-masalah-fatal-di-ios-10-dan-cara-mengatasinya

Masalah iOS 10 boros baterai sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi setiap ada pembaruan sistem operasi pada smartphone termasuk perangkat dari Apple seperti iPhone. Tentu saja solusi yang paling ampuh agar kinerja baterai kembali normal harus menunggu update iOS 10 dari Apple yang telah memperbaiki masalah ini.

Namun, daripada harus menunggu lebih baik mencoba beberapa Tips Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 10 Pada iPhone yang Boros berikut ini agar permasalahan iOS 10 boros baterai bisa diminimalisir dengan cara menghemat penggunaan. Berikut artikelnya:

1.        Memeriksa Aplikasi yang Membuat Baterai Perangkat iOS Boros

Boros baterai pada iPhone kamu belum tentu sepenuhnya dikarenakan oleh iOS 10. Salah satu penyebab paling umum diakibatkan oleh aplikasi yang terpasang, ditambah lagi aplikasi tersebut belum dioptimalisasikan sesuai dengan iOS 10. Hal pertama yang kalian dapat lakukan adalah cek aplikasi yang bikin boros baterai iPhone. Caranya adalah Settings > Battery untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menguras baterai.

Jika aplikasi tersebut menguras baterai secara berlebihan, Saran kami adalah kalian tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan, karena jika di biarkan maka statusnya adalah “Background Activity“. Dalam status tersebut perangkat kalian akan melakukan update timeline dari aplikasi sosial media (seperti Twitter, Instagram dan lain – lain).

1

2.        Membatasi Background App Refresh

Salah satu hal yang sering dilewatkan oleh pengguna smartphone adalah mengatur seberapa sering aplikasi mengambil informasi terbaru dan siap ditampilkan ketika menggunakannya kembali. Namun, jika kamu mempunyai aplikasi yang melakukan refresh dalam jumlah banyak dipastikan akan menguras tenaga dari iPhone itu sendiri bukan karena iOS 10 boros baterai.

Sebaiknya kamu mematikan fitur ini untuk beberapa aplikasi yang dianggap tidak penting atau jarang digunakan seperti Stocks atau Podcast, timeline dari sosial media dan yang lainnya. Dengan kalian membatasinya itu berarti bisa menghemat penggunaan baterai kalian,

2

Caranya Settings > General > Background App Refresh, setelah itu kalian tinggal nonaktifkan aja aplikasi mana aja yang kalian perbolehkan dan tidak perbolehkan untuk mengambil konten secara periodik.

 

3.        Sesuaikan Pengaturan Location Services

Sekarang banyak aplikasi yang membutuhkan akses lokasi dimana penggunanya berada. Tapi, tahukah kalian jika hal tersebut dapat membuat baterai kalian boros. Kenapa? Karena saat kalian membuka aplikasi tersebut maka perangkat GPS kalian akan aktif dan tentunya membuat perangkat iOS kalian menjadi lebih boros.

Untuk meminimalisir borosnya baterai, anda bisa buka Settings > Privacy > Location Services. Lalu, ubah semuanya menjadi “While using apps“. Jika ada aplikasi yang menurut kalian tidak terlalu butuh akses lokasi kalian bisa kalian ubah ke “Never“.

3

Inget ya, jangan semuanya dimatikan karena jika kalian pengguna aktif Path tentunya memerlukan fitur ini, kalau tidak aplikasi tidak bisa mendeteksi lokasi kalian dimana dan hasilnya kalian ngga bisa update tempat kalian nongkrong sekarang.

4.        Low Power Mode

Low Power Mode adalah fitur yang muncul pertama kali di iOS 9. Secara umum, ketika kalian mengaktifkan fitur ini maka perangkat iOS akan membatasi semua penggunaan jaringan dan fitur – fitur yang dapat mengkonsumsi baterai perangkat iOS lebih banyak tanpa mempengaruhi sistem.

Modus Low Power ini biasanya akan aktif ketika daya iPhone telah mencapai 20% agar benar-benar menghemat baterai hingga titik terakhir, tetapi kamu juga bisa mengaktifkannya secara manual melalui Setting > Battery > Low Power Mode.

4

 

5.         Hard Reboot Perangkat iOS

Jika kalian merasakan perangkat iOS dalam keadaan tidak optimal, yang bisa kalian lakukan adalah melakukan Hard Reboot. Caranya : Tekan tombol Home dan Lock secara bersamaan sampai layar perangkat mati dan logo Apple muncul kembali.

Istilah Reboot ada dua, yaitu Restart (Soft Reboot) dan Force Restart (Hard Reboot). Selengkapnya kalian bisa baca di Apple.com untuk penjelasannya dan cara melakukannya.

 

6.        Display Brightness (Atur Kecerahan Layar Perangkat iOS)

Biasanya beberapa user membiarkan sistem dari iOS menyesuaikan kecerahan dari layar perangkat iOS berdasarkan kondisi dimana penggunanya berada, misalkan di luar ruangan maka akan lebih terang layarnya di bandingkan di dalam ruangan yang gelap. Tapi, terkadang dalam ruangan yang minim cahaya layar dari perangkat iOS lebih terang daripada sebelumnya.

Layar yang menyala merupakan salah satu penyumbang boros baterai dan beberapa pengguna melaporkan bahwa fitur pengaturan otomatis pencahayaan iOS 10 membuat layar lebih terang dari seharusnya.

6

Kami sarankan untuk mematikan “Auto-Brightness” caranya: Settings > Display & Brightness > Auto-Brightness nya di switch ke posisi Off. Sekarang cerah atau tidak layarnya layar kalian atur secara manual dan tentunya lebih sesuai dengan kebutuhan kalian.

 

7.         Nonaktifkan Fitur Raise to Wake

Raise to Wake adalah fitur terbaru yang ada di iOS 10. Dengan fitur ini setiap kali kalian mengangkat perangkat iOS (yang mendukung fitur ini) dari bidang datar layar akan otomatis nyala, sehingga kalian tidak perlu menekan tombol Home/Touch ID ataupun Lock. Kalian bisa menonaktifkan fitur ini untuk menghemat baterai perangkat iOS kalian.

7

8.       Gunakan Night Shift

Berbeda dengan Low Power Mode, Night Shift hadir dalam update iOS 9.3. Dengan fitur tersebut cahaya biru (blue light) dari layar akan berkurang sehingga membuat pengguna lebih nyaman menggunakan iPhone atau iPad nya. Walaupun tidak ada jaminan dapat mengurangi borosnya baterai perangkat iOS, tapi kalian bisa mencoba untuk mengaktifkan fitur ini caranya: Settings > Display & Brightness > Night Shift.

8

9.         Reset All Settings

Meskipun bukan solusi terbaik, tapi kalian bisa mencoba untuk Reset semua pengaturan kalian. Tenang aja yang hilang hanya pengaturan saja kok, data dan aplikasi kalian masih tersimpan di perangkat iOS. Berikut adalah cara untuk melakukan Reset All Settings: Settings > General > Reset > Reset All Settings. Nanti kalian akan diminta Passcode kemudian ikut perintah selanjutnya dan perangkat akan secara otomatis melakukan reboot.

9

10.    Hard Reset

Jika kamu tidak pernah atau jarang sekali melakukan reset perangkat iPhone, maka cara ini akan cukup dibutuhkan. Ketika kamu tidak pernah reset perangkat smartphone, aplikasi yang terpasang banyak yang berjalan di belakang layar dan terus menimbun data yang membuat baterai boros. Nah untuk membersihkan seperti semula dapat melakukan Hard Reset pada iPhone dengan cara menekan tombol Home + Power selama 10 detik. Fitur ini tidak akan menghapus data pribadi jadi tenang saja.

 

Baca juga : TIPS MEMPERBAIKI BLUETOOTH YANG TIDAK BISA CONNECT DENGAN IPHONE

 

Itu dia beberapa tips untuk meminimalisir permasalahan iOS 10 boros baterai buat yang kamu mengalaminya. Jika tetap tidak berhasil maka sebaiknya kamu menunggu versi pembaruan iOS 10 atau kembali menggunakan iOS 9.3.5 dengan cara melakukan downgrade.

Walaupun anda tidak merasakan iOS 10 boros baterai pada perangkat iPhone, tapi tips menghemat baterai ini memang sebaiknya dilakukan walaupun kamu tidak mengalaminya.

Sekian artikel dari kami mengenai Tips Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 10 Pada iPhone Yang Boros. Semoga artikel ini bermanfaat untuk temen-temen semua. Terimakasih sudah berkunjung 🙂 🙂

 

Baca Juga : TIPS JIKA IPHONE TIDAK MAU TERSAMBUNG KE JARINGAN WI-FI