Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu
Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu

 

Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu – Sebenarnya tidak terlalu mengherankan jika ada kasus produk palsu semacam ini. Jual Beli online memang cukup rawan kasus barang palsu yang membuat pelanggan rugi dan menyesal. Kualitas dan keaslian produk adalah yang paling banyak menipu.

Buat kamu yang berencana mau beli iPhone online, pastikan kamu untuk jeli agar tidak tertipu dan menyesal. Karena membeli iPhone secara online akhir-akhir ini mulai meningkat di Indonesia. Apalagi semenjak iPhone 6S, iPhone SE, dan iPhone 7 masih belum dirilis resmi di Indonesia dan belum tersedia di reseller Apple Indonesia seperti iBox dan lain-lain. Namun jika kamu lihat para penjual online, sudah banyak yang menjual iPhone secara online.

 

Baca juga :

 

Memang tidak semua penjual iPhone online adalah penipu, namun tidak ada salahnya tetap waspada dan berhati-hati jika mau beli online agar tidak ada pihak yang dirugikan, khususnya pembeli iPhone untuk lebih jeli lagi terkait produk iPhone yang hendak dibelinya.

Agar kalian tidak tertipu saat membeli iPhone secara online, simak Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu berikut ini.

 

Lihat Reputasi Toko Online iPhone

Hal pertama dalam memilih membeli iPhone dari toko online adalah tentang reputasi toko online tersebut. Biasanya kamu bisa dengan mudah menilai reputasi sebuah toko online yang jual iPhone dari nama tokonya saja. Toko iPhone yang terpercaya pastinya sangat terkenal dan sangat mudah mendengar namanya di dunia nyata maupun di dunia maya.

Bagaimana jika ini adalah pertama kali membeli iPhone online dan membeli dari toko yang kamu belum pernah mendengarnya? Bagaimana mencari tahu suatu toko online yang jual iPhone adalah toko yang bagus dan terpercaya? Memang sih tidak semudah kelihatannya. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan toko online untuk memilih beli iPhone agar tidak tertipu dan menyesal kemudian.

Hal termudah adalah lihat ulasan atau review dari pelanggan toko tersebut. Pelanggan yang baik adalah pelanggan yang memberikan review terhadap sesuatu yang pernah dibeli di toko online. Meskipun review bisa saja menipu, tidak ada salahnya untuk dicoba kan? Lihat juga rata-rata rating dan nilai dari toko online tersebut. Lihat juga jumlah rating yang diberikan. Rating toko online yang “hanya” 4.5 dengan 1000 review / ulasan jelas lebih bagus daripada toko dengan rating 5.0 dari satu ulasan.

Jangan lupa juga untuk mencari informasi terkait pelayanan yang ditawarkan toko tersebut seperti klaim garansi, apa saja yang termasuk garansi, hingga pengembalian iPhone jika iPhone rusak atau cacat. Gali semua informasi yang kamu anggap penting agar tidak tertipu atau menyesal beli iPhone online.

 

Beli Online di Toko Resmi Apple

Sangat disarankan jika kamu membeli beragam produk Apple seperti iPhone, MacBook, dan aksesoris Apple beli saja di tempat resmi yang menjual produk Apple, atau istilahnya adalah Apple Premium Reseller dan juga Apple Authorized Reseller. Jika suatu toko sudah berlabel Premium Reseller atau Apple Authorized Reseller, maka itu artinya semua produk Apple yang dijual adalah asli dan terjamin keasliannya.

Beberapa toko resmi Apple yang menjual produk Apple asli adalah iBox, e-Store, dan Story-i. Hanya saja, jika kamu berencana untuk beli produk Apple online seperti iPhone dan aksesoris Apple, iBox lebih direkomendasikan. Meskipun begitu, kamu bisa beli di semua toko resmi Apple di Indonesia karena keaslian produk dan garansi jelas.

 

iPhone Baru vs iPhone Bekas

Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu
Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu

Setelah memutuskan untuk membeli iPhone di suatu toko online, maka selanjutnya adalah memutuskan untuk membeli iPhone baru atau iPhone bekas. Kamu harus jeli dalam melihat informasi yang disediakan oleh penjual online tersebut agar tidak ketipu. Bisa saja kamu membeli iPhone murah dan ternyata iPhone tersebut adalah iPhone bekas.

Memilih iPhone yang akan dibeli juga sangat penting agar tidak menyesal kemudian. iPhone baru jelas harganya lebih mahal dibandingkan dengan iPhone bekas. Buat kamu yang ingin membeli iPhone bekas, sebaiknya beli iPhone dengan cara COD saja alias bertemu langsung dengan penjual iPhone. Karena dengan COD jelas akan lebih jelas kondisi iPhone karena kamu bisa cek iPhone langsung daripada beli iPhone online yang rawan penipuan.

 

Amati Harga Pasaran

Jika tetap berniat membeli online di toko yang tidak resmi menjual produk Apple, kamu harus lihat dulu harga barang pasaran yang ingin kamu beli. Cara termudah ya lihat saja harganya di situs web Apple. Meskipun menggunakan uang Dollar $ ,kamu bisa kira-kira berapa harganya dalam rupiah.

Jangan tertipu jika ada penjual yang menjual produk yang terlalu murah dan suka gembar-gembor soal keaslian dan kualitas barang. Karena barang yang asli sebenarnya tidak perlu digembar-gemborkan berlebihan. Jika memungkinkan, cari penjual online lain yang lebih terpercaya dan jauh dari kesan penipuan.

 

iPhone Refurbish vs iPhone Rekondisi

Meskipun iPhone yang kamu beli adalah iPhone baru, kamu harus tahu juga apakah iPhone yang dijual tersebut adalah iPhone yang memang benar-benar baru atau baru tetapi iPhone refurbish. Bingung? Tidak perlu bingung karena iPhone refurbish sebenarnya adalah iPhone baru yang layak untuk dibeli karena masih sesuai dengan standar kualitas Apple.

Yang harus kamu hindari adalah membeli iPhone rekondisi. Jelas saja, iPhone rekondisi itu berbeda dengan iPhone Refurbished. Bisa dikatakan bahwa iPhone rekondisi adalah iPhone bekas yang dijual lagi setelah diperbaiki dan dirombak oleh orang lain (bukan Apple) layaknya sebuah iPhone baru. Jelas kualitas iPhone rekondisi jauh di bawah standar Apple.

Cukup banyak yang ketipu dan menyesal beli iphone online. Mereka tertipu dengan keterangan iPhone refurbished dengan iPhone rekondisi. Agar kamu tidak ditipu dan mencegah penipuan, tentu saja kamu harus tahu lebih lanjut tentang perbedaan iPhone refurbish dan iPhone rekondisi.

 

Garansi Resmi dengan Garansi Distributor

Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu
Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu

Ini juga tidak boleh diabaikan adalah masalah garansi iPhone. Jika kamu beli iPhone di toko online biasanya kamu akan menemukan foto-foto iPhone dengan kotak dan keterangan yang diberi label seperti iPhone B-Cell, iPhone The One, iPhone Platinum, iPhone Bless, iPhone TAM / SES dan lain-lain. Perlu kamu ketahui bahwa biasanya iPhone tersebut menggunakan garansi distributor.

Sudah biasa jika kamu beli iPhone online dan menemukan ada beragam keterangan yang sangat tidak umum. Akan ada keterangan iPhone B-Cell atau iPhone Platinum, iPhone The One atau iPhone TAM / SES. Padahal jika kamu membeli iPhone di reseller Apple resmi seperti iBox tidak akan pernah ada keterangan seperti itu. Garansi yang diberikan oleh reseller resmi Apple seperti iBox adalah garansi resmi Apple dan bukan garansi distributor atau garansi toko.

Untuk garansi distributor memang setiap orang punya pengalaman yang berbeda-beda. Ada yang pernah beli iPhone B-Cell atau iPhone The One , iPhone TAM dan Platinum atau distributor lain. Kamu bisa mencari beragam informasi pengalaman tersebut di berbagai sumber di Internet.

Siapa tahu k amu akan menemukan iPhone 7 atau iPhone 7 plus yang dijual dengan harga murah dan ternyata garansinya tidak jelas atau bahkan tidak ada. Jangan sampai kamu tertipu dan menyesal dengan keterangan garansinya.

iPhone Garansi Internasional

Sekali lagi, iPhone tidak pernah ada versi garansi resmi Apple  yang statusnya Internasional. Garansi resmi iPhone hanya berlaku di satu negara saja. Misalnya jika sebuah iPhone yang hanya memang dijual resmi di Indonesia ya klaim garansi hanya bisa di Indonesia. Jika suatu iPhone adalah produk yang memang ditujukan untuk dijual di Singapura ya hanya bisa klaim garansi di Singapura saja.

Salah satu produk Apple yang benar-benar menggunakan garansi resmi adalah MacBook. Artinya jika kamu membeli MacBook di Indonesia maka kamu bisa klaim garansi di negara lain selain Indonesia. Jadi jangan sampai tertipu dengan keterangan “iPhone Garansi Internasional” yaa..

 

Harga iPhone Murah dan Kualitas Bagus?

Memang tidak mudah untuk mencari iPhone murah namun memiliki kualitas yang bagus. Meskipun begitu kamu masih bisa untuk mencarinya jika beruntung. Kamu bisa memanfaatkan promo, diskon, dan beragam tawaran lain untuk membeli iPhone. Bahkan tidak jarang pembeli online iPhone mendapatkan potongan harga diskon khusus. Jadi kamu harus jeli melihat setiap peluang yang ada.

Misalnya saja iPhone 7 di Indonesia memang belum dirilis namun sudah banyak sekali toko online yang menjual iPhone 7. Kamu bisa baca artikel ini untuk mengetahui spesifikasi dan harga iPhone 7 serta beberapa toko online iPhone 7 -> Spesifikasi dan Harga Apple iPhone 7 Terbaru 2017

 

Naah itulah bahasan kami kali inii mengenai Tips Membeli iPhone Secara Online Agar Tidak Tertipu…. Apakah kamu berniat untuk membeli iPhone dengan cara online? Masih takut penipuan online? Kamu bisa cari testimoni di forum atau website yang pernah mengulas proses jual beli toko online tersebut. Cari review tentang toko tersebut. Pastikan review dari situs yang bisa dipercaya, bukan dari situs abal-abal. Jika kalian punya pengalaman saat membeli iPhone online, Yuk share ke kolom komentar

 

Incoming search terms:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.