TIPS Agar Penyimpanan iPhone Yang Penuh Kembali Lega

Cara agar storage anda tidak penuh

TRICK Agar Penyimpanan iPhone Yang Penuh Kembali Lega – Penyimpanan anda penuh?? Seperti yang diketahui gadget ini tidak memiliki sistem file yang terbuka, dan dapat dilihat secara detail dengan mudah. Suatu saat media penyimpanan pada iphone/ipad pasti akan sangat penuh, entah karena foto yang menumpuk atau terlalu banyak menginstall aplikasi. Lantaran iPhone tak memiliki kapasitas penyimpanan data tambahan (MicroSD), mau tidak mau pengguna harus menghapus atau memindahkan datanya.  Nah untuk mengatasi itu semua kami memiliki TIPS Agar Penyimpanan iPhone Yang Penuh Kembali Lega. Yuuk langsung aja kita simak :

 

1.Hapus foto anda dan Backup ke cloud

Bagi kamu yang menggunakan iOS 9, coba cek di Settings > General > Storage & iCloud Usage. Masuk ke list Storage > Manage Storage lalu tunggu hingga proses loading selesai. Aplikasi apa yang paling memakan tempat? Photos! Ya, perangkat iPhone dengan kamera 8MP memang menghasilkan foto yang indah – tapi juga boros tempat penyimpanan.

Solusinya adalah menghapus foto yang sudah tidak kamu gunakan. Ingat, di iOS 9 ada fitur swipe untuk memilih sederetan foto secara cepat dan langsung hapus. Jangan lupa juga di iOS 9 ini semua foto yang kamu hapus tidak otomatis hilang. Tapi masih tersimpan di folder Recently Deleted jadi kamu harus menghapusnya dari sana.

Namun jangan lupa membackup foto foto yang ada pada iPhone atau iOS devices kalian. Kalian bisa menggunakan beberapa services photo backup, di antaranya seperti iCloud, Google Photos, DropBox, atau Box. Sebaiknya menggunakan DropBox dan iCloud, karena bisa mem-backup foto-foto di iPhone kalian secara otomatis. DropBox mempunyai kapasitas awal 2GB, sedangkan iCloud 5GB. Kapasitas DropBox memang kecil, namun kalian bisa mendapatkan kapasitas tambahan dengan cara menginvite teman-teman kalian untuk memakai DropBox (dengan begitu kalian akan mendapat tambahan storage secara gratis).

Sedangkan untuk iCloud jika kalian ingin menambah kapasitas supaya lebih dari 5GB, kalian harus membayar biaya per bulannya, Secara kecepatan backup pun DropBox lebih cepat dalam mengupload photo dibandingkan dengan iCloud Photo Stream. Mengapa kami menyarankan menggunakan iCloud?? karena sudah ada dan terintegrasi dari awal pada iPhone, namun sebaiknya iCloud hanya digunakan untuk email storage atau backup file-file penting.

 

2. Meminimalisir Aplikasi Yang Ada Di iPhone

Pasti ada di antara kamu yang suka mengoleksi beragam aplikasi – ini juga penyakit yang membuat perangkat iOS kamu cepat sekali kehabisan memori.  Sebaiknya anda harus menggunakan aplikasi yang secukupnya dan multiguna. Misalkan untuk mengedit gambar silahkan batasi jadi 3 aplikasi saja misal. Saya sendiri mengandalkan Snapseed untuk mengedit foto dengan bebas, Typorama untuk memberi efek teks dan Pixelmator untuk editing yang lebih detail atau fitur-fitur ala Adobe Photoshop. Kami kira itu saja sudah lebih dari cukup.

 

3.Hapus Lagu dari Apple Music, Streaming Saja

Jika kalian berlangganan Apple Music (sekitar 80 ribuan per bulan), beberapa lagu pasti sengaja kalian download supaya bisa didengarkan sewaktu offline/tidak ada koneksi internet. Dengan menghapusnya, kalian bisa mendapatkan beberapa ekstra storage tambahan. Kalian juga bisa menghapus data film-film atau tv shows dari aplikasi streaming lain seperti NetFlix atau YouTube yang sudah pernah ditonton.

 

4. Hapus Document dan Data dari Aplikasi Sosial Media

Facebook, Twitter, Path dan aplikasi sosial media lainnya adalah deretan aplikasi yang memakan banyak memori untuk menyimpan Document & Data. Gunanya adalah membentuk cache files supaya kamu tidak perlu menunggu alias loading lagi ketika membuka konten yang sama.

Nah untuk menghapus Document & Data ini langkahnya sama dengan point pertama. Masuk ke Settings > General > Storage & iCloud Usage lalu Manage Storage. Pilih aplikasi Facebook misalnya lalu tekan Delete App, aplikasi tersebut akan terhapus dan kamu tinggal unduh ulang

 

5. Uncheck “Keep Normal Photo” ketika menggunakan HDR Mode

HDR Mode bekerja dengan cara menggabungkan tiga foto menjadi satu untuk mencari hasil foto yang maksimal. Pada iPhone keluaran terbaru, fitur HDR Mode sudah lebih canggih sehingga kalian tidak perlu menyimpan foto normal yang hanya akan memenuhi storage iPhone / iOS devices kalian.

Caranya mudah sekali masuk ke Settings > Photos & Camera > Keep Normal Photo (Toggle off).

 

6. Reinstall aplikasi
Beberapa aplikasi akan menyimpan cache ketika telah berulangkali digunakan, aplikasi semacam Path, BBM, dan LINE akan menggunakan ruang penyimpanan total hingga sebanyak 500 MB seiring dengan seringnya digunakan. Dengan menghapus dan menginstall ulang aplikasi-aplikasi tersebut kita bisa menghapus cache sekaligus mengembalikan ruang penyimpanan yang digunakan.

 

7. Delete aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan/jarang digunakan
Aplikasi bawaan seperti Garage Band, atau iMovies bisa kalian delete karena pastinya akan jarang sekali digunakan, kecuali kalian anak band atau suka menonton movies :). Pada iPhone 6S dengan iOS 9 saya bisa menghapus Garage Band dan iMovie sehingga mendapatkan total hingga 1.5GB storage tambahan. Aplikasi-aplikasi lain yang bisa diakses lewat browser Safari seperti Facebook, juga bisa kalian hapus.

 

8. Install games secukupnya, jangan SERAKAH

Sebagai pengguna perangkat iPhone atau iPad, kamu pasti doyan menikmati games dengan grafis yang detail dan tajam. Sering sekali karena terlalu banyak games, kamu tidak lagi betah bermain dan memutuskan untuk berganti ke games lainnya. Silahkan kurangi kebiasaan tersebut yaaa

Instal dan mainkan hanya beberapa games yang memang benar-benar kamu suka dan butuhkan. Jika games tersebut sudah selesai atau kamu sudah betul-betul butuh penyegaran, unduh games lainnya. Putuskan juga apakah games lawas tadi akan kamu hapus atau tetap pertahankan.

 

9. Clear History, Cache, Data-data lain pada browser
Jika kalian menggunakan Safari, masuk ke Settings > Safari > Clear History and Website Data, kemudian pada pop-up klik  Clear History and Data.

Pada Chrome, buka Google Chrome > Settings > Privacy. Kemudian pada bagian Clear Browsing Data pilih Clear All. Jika kalian termasuk orang yang senang browsing, tips ini bisa mengembalikan ruang penyimpanan hingga 500 MB :).

 

10. Jangan simpan foto original di Instagram
Jaman sekarang siapa yang tidak menggunakan Instagram?

Kalian bisa menghemat banyak ruang penyimpanan dengan meng-uncheck Save Original Photos pada Instagram. Dengan cara: masuk ke tab profile kalian > Options > Uncheck Save Original Photos.

 

11. Menabung dan belilah Flash Drive Untuk iPhone

Kamu bisa membeli Flash Drive yang mendukung port Lightning sebagai media penyimpanan tambahan, terutama untuk foto, video dan lagu. Kegiatan paling realistis adalah saat bepergian di aktifitas outdoor selama beberapa hari untuk mengambil video atau foto – tidak bisa membuka komputer untuk backup foto atau unggah ke cloud service.

Di kondisi tersebut kamu bisa mengandalkan SanDisk iXpaand, Leef iBridge atau iKlips yang memiliki kapasitas mulai dari 16GB sampai 128GB. Gunakan aplikasi bawaan dari setiap merek tersebut untuk mencadangkan foto kamu atau sebaliknya yaitu buka di perangkat lain.

 

Itulah beberapa TIPS Dan TRICK Agar Penyimpanan iPhone Yang Penuh Kembali Lega yang bisa kami berikan. Mungkin kalian menemukan Tips yang lainnya?? Silahkan share ilmu kalian yaa.. Silahkan isi di kolom komentar.

Incoming search terms: