Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan

Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan

Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan
Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan

4.Pindahkan kartu SIM ke handphone lain

Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan

Kalau iPhone nya sama sekali tidak bisa dinyalakan atau anda tidak mempunyai charge untuk mengisi daya coba pindahkan kartu SIM yang ada di dalam iPhone ke handphone lain yang mendukung.Untuk iPhone 4/4S kartu SIM yang digunakan adalah ukuran micro (sedang) sedangkan untuk iPhone 5 keatas ukurannya adalah nano (kecil).

Setelah memindahkan kartu SIM dari iPhone yang hilang tersebut ke handphone milik Anda, Anda bisa mulai mencari informasi kontak yang mungkin tersimpan pada memori kartu SIM tersebut. Biasanya memori penyimpanan dari kartu SIM tidak begitu besar, hanya puluhan KB saja, tetapi cukup untuk menyimpan beberapa nomor penting. Segera hubungi nomor yang mungkin kenalan dekat dari si pemilik iPhone. Atau anda bisa mengecek pesan yang tersimpan di SIM,, siapa tau membawa petunjuk baru.

 

5. iPhone nyala dan terkunci serta muncul pesan kehilangan (Lost Mode)

Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan

iPhone, iPad dan iPod touch yang menjalankan iOS versi 7 ke atas sudah dilengkapi dengan fitur Activation Lock. Fitur Activation Lock adalah fitur bawaan untuk iPhone (dan iPad/iPod touch) dengan iOS 7 ke atas yang berguna untuk mencegah proses aktivasi kembali pada iPhone yang hilang/dicuri dengan cara mengharuskan dimasukkannya Apple ID dan password pemilik asli. Selain untuk keperluan aktivasi, Apple ID dan passwordnya juga dibutuhkan pada proses menonaktifkan Find My iPhone (aplikasi pelacak) dan sebelum melakukan reset.

Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan
Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan

Activation Lock ini terhubung dengan iCloud milik Apple yang memungkinkan pelacakan iDevice yang hilang. Salah satu fitur yang tersedia adalah Lost Mode alias mode hilang.

Seseorang bisa mengunci suatu iPhone secara remote dengan cara mengaktifkan fitur Lost Mode melalui website iCloud.com, atau melalui aplikasi Find My iPhone yang diakses dari perangkat iOS lain seperti iPad atau iPod touch.

Dengan fitur Lost Mode ini si pemilik iPhone yang hilang bisa mengirimkan pesan khusus ke iPhone miliknya yang hilang dengan catatan, iPhone tersebut terhubung ke internet. iPhone yang dalam Lost Mode akan terkunci layarnya dan data di dalamnya tidak akan bisa diakses. Tapi meskipun begitu informasi yang ditampilkan oleh si pemilik sudah cukup untuk segera ditindak lanjuti.

Biasanya seseorang akan mengirimkan pesan kehilangan, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email yang bisa dihubungi, ataupun alamat rumah yang bisa di datangi. Misalnya, “iPhone ini hilang, segera hubungi nomor 081*********”, atau “iPhone ini hilang, mohon hubungi nomor 081******** atau ke alamat ini …”, dsb.

Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan

 

Jadi, kalau ternyata iPhone yang Anda temukan dalam kondisi Lost Mode dan ada pesan di layarnya, segeralah meresponnya dengan menghubungi pemiliknya.

 

6. iPhone nyala tetapi tidak terkunci passcode dan tidak dalam Lost Mode

iPhone nyala tetapi tidak terkunci passcode dan tidak dalam Lost Mode

Ini kondisi yang hampir sama dengan kondisi pertama, masih nyala dan tidak terkunci sama sekali, namun ada yang perlu diperhatikan sedikit.

Dikarenakan Activation Lock/Find My iPhone yang hanya bisa melacak sebuah iPhone dan mengaktifkan fitur Lost Mode hanya kalau iPhone nya terhubung internet saja, maka untuk iPhone yang ditemukan di jalanan kita perlu mengetahui dengan jelas kondisi dari iPhone tersebut.

  • Koneksi internet

Apakah iPhone nya bisa terhubung ke internet melalui jaringan seluler pada saat ditemukan? Kalau iPhone nya punya kartu SIM yang memiliki paket data dan internetnya aktif, maka cepat atau lambat si pemilik akan segera menguncinya dan mengirimkan pesan Lost Mode ke iPhone tersebut. Tugas Anda sebagai pengemban misi adalah menjaga agar iPhone bisa tetap terhubung ke internet dengan lancar tanpa hambatan. Jangan putuskan internetnya, jangan cabut kartu SIM nya, dan tentu saja jangan matikan iPhone nya. Tunggu sampai iCloud menjalankan tugasnya, mengirimkan pesan si pemilik ke iPhone yang Anda pegang.

Seandainya iPhone nya tidak terhubung ke internet (bisa jadi karena pulsa/paket data habis), bisa dipastikan kalau pesan kehilangan tidak akan datang saat itu juga. Anda bisa membantu si pemilik yang malang dengan menghubungkan iPhone nya ke internet melalui jaringan wi-fi dan menunggu sampai pesan Lost Mode-nya muncul.

  • Konfigurasi Find My iPhone (FMI)

Mengaktifkan Find My iPhone/Activation Lock adalah hal yang sangat dianjurkan kepada setiap pengguna iDevices. Ini adalah fitur keamnan yang sangat penting yang bisa melindungi iDevice Anda dari situasi horror seperti kehilangan atau kecurian. Tapi meskipun begitu ada saja orang-orang yang tidak juga mengaktifkan fitur ini pada iDevice miliknya. Sebagian karena lupa, dan sebagian karena tidak tahu caranya atau tahu caranya tetapi belum sadar betul dengan pentingnya fitur ini. Oleh karena itu kalau suatu saat Anda menemukan sebuah iPhone yang tidak terkunci passcode/password dan juga tidak dalam mode hilang/Lost Mode sementara masih terhubung ke internet, Anda harus segera memeriksa konfigurasi Find My iPhone pada iPhone tersebut karena kemungkinan besar belum diaktifkan.

Pada iPhone yang FMI-nya belum sempat diaktifkan sebelum hilang atau pernah aktif tetapi entah kenapa jadi nonaktif (OFF) lagi, tidak akan ada pesan Lost Mode yang akan muncul di layar iPhone tersebut karena meskipun terhubung ke internet, iPhone nya tidak bisa berkomunikasi dengan iCloud. Karena FMI adalah jembatan yang menghubungkannya. Untuk iPhone dengan kondisi seperti itu FMI tidak bisa membantu, makanya Anda kembali harus memanfaatkan trik mencari identitas seperti yang sudah saya jelaskan pada skenario #1 di atas.

 

7.Menemukan IMEI atau MEID dan menghubungi carrier

Menemukan IMEI atau MEID dan menghubungi carrier

Setiap iPhone memiliki nomor unik yang disebut IMEI (atau MEID untuk beberapa ponsel CDMA) dicantumkan di suatu tempat di atasnya. Pemilik pembawa dapat menggunakan informasi ini untuk melacak pemilik dan mudah-mudahan menghubungi mereka. Cara terbaik untuk hanya mengunjungi toko pembawa mana mereka kemudian dapat mengambil milik iPhone dan menangani dari sana.

Jika Anda tidak dapat, Anda selalu dapat menghubungi pembawa melalui telepon dan mulai dari sana. Sementara mereka tidak dapat melepaskan informasi tentang pemilik, mereka pasti dapat membantu Anda melacak mereka. Jika iPhone dihidupkan, Anda dapat memberitahu apa pembawa yang mereka miliki dengan melihat nama operator di sudut kiri atas layar. Nama pembawa segera muncul di sebelah kanan titik sinyal.

Ada beberapa cara untuk mencari info IMEI atau MEID:

  • Periksa bagian belakang telepon. Sebelum iPhone 6s, Apple dicetak IMEI di belakang, Bagian bawah perangkat.
  • Jenis *#06# ke Telepon App. Telepon IMEI akan menampilkan layar.
  • Keluarkan baki SIM di sisi perangkat dan flip it over. Mencari IMEI dicetak pada bagian belakang nampan.

 

Jika Anda tidak yakin bagaimana menghapus nampan SIM dari iPhone, Anda dapat mengikuti panduan kami dengan membaca artikel Bagaimana menghapus kartu SIM dari iPhone atau iPad

Untuk lebih membantu mencari dan mengenali nomor IMEI atau MEID, nomor identifikasi lain hal atau, anda bisa membaca dan mempelajarinya di artikel Bagaimana menemukan nomor seri, IMEI, MEID, CDN, dan ICCID jumlah iPhone atau iPad.

Perlu diketahui bahwa bahkan jika Anda menemukan sebuah iPhone yang tidak akan kekuasaan pada, Anda dapat selalu mencoba menelepon berbagai operator di wilayah Anda untuk melihat apakah mereka memiliki catatan IMEI atau MEID. Karena tidak ada jumlah besar operator dalam satu daerah, proses ini masih harus relatif mudah bahkan tanpa mengetahui pembawa off-tangan.

 

 NOTE : Untuk iPhone atau iPad, kalau Anda masih punya niat untuk mengembalikannya maka sebaiknya jangan melakukan reset atau restore ulang. Restore (melalui PC) memang akan menghilangkan passcode yang ada pada iPhone tapi juga menghilangkan data-datanya dan semua informasi yang bisa membantu Anda untuk menemukan kembali pemiliknya.

 

Mengembalikan barang temuan adalah sebuah kewajiban ya guuyss karena jelas-jelas itu bukan hak dan milik kita. Jangan malah menggunakannya sendiri atau lebih kejam lagi yaitu menjualnya kepada penadah atau sindikat iPhone rekondisi misal untuk digunakan sebagai suku cadang. Sebaiknya gunakan Tips Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan agar kamu terhindar dari dosa dan membuktikan bahwa diri anda baik hati dan bermoral.

Apakah kamu punya pengalaman menemukan perangkat iPhone dan sukses mengembalikannya? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya guuyss…

 

One Comment

  1. Dans September 29, 2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.