Cara Mudah Downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.5

Cara Mudah Melakukan Downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.5

Panduan Melakukan Downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.5 –  Untuk perangkat yang berhak mendapatkan iOS 10 bisa langsung melakukan pembaruan sistem operasi anyar tersebut. Namun, beberapa pengguna mengeluhkan setelah update ke iOS 10 malah kurang puas karena terjadi bug system yang mengganggu dan ingin kembali menggunakan iOS 9.3.5 yang merupakan versi terakhir sebelumnya. Tidak sedikit memang yang ingin mengetahui cara mengembalikan iOS 10 ke 9 tanpa ada data hilang khususnya. Kali ini kami akan membahasnya silahkan downgrade alias kembali ke iOS 9.3.5 dengan cara yang mudah.

Downgrade adalah proses instal iOS ke versi sebelumnya dari versi yang sekarang kamu gunakan. Apple biasanya membuka 1 jalur IPSW di versi iOS sebelumnya, setelah mereka merilis iOS baru. Saat ini adalah iOS 9.3.5 dan iOS 10 sebagai versi terbaru. Nantinya jika Apple sudah menutup jalur iOS 9.3.5, kamu tidak dapat lagi melakukan downgrade.

Harap dicatat, proses downgrade ini menggunakan teknik Restore. Kamu akan kehilangan data yang ada di perangkat iOS. Data bisa kembali lagi jika kamu sudah melakukan Archive backup di iOS 9 via iTunes atau backup di iCloud.

2. PREPARE Sebelum Melakukan Downgrade

1.Cek status iOS 9.3.5 apakah sudah di stop oleh Apple peredarannya atau belum di link berikut ini ipsw.me. Jika ada tanda checklist warna hijau itu berarti perangkat iOS kalian masih bisa di downgrade ke iOS 9.3.5.

2. Jika sebelumnya pernah backup data di iOS 10, data dari backup tersebut tidak dapat di restore di iOS 9. Jadi, misalkan kalian masih menyimpan data backup iOS 9 tinggal restore aja lewat iTunes atau iCloud.

3. Apabila nantinya pada saat set up new device setelah downgrade dan restore datanya lewat iCloud lamanya proses restore tergantung dari kecepatan koneksi internet yang digunakan.

4. Koneksi internet untuk verifikasi firmware iOS ke server Apple.

3. Langkah-langkah Melakukan Downgrade iOS 9.3.5

Cara downgrade iOS 10 ke iOS 9 ini memiliki dua pilihan, yakni dengan Check for Update atau Restore iPhone. Pilihan yang paling benar dan sangat direkomendasikan dilakukan itu dengan memilih tombol Restore iPhone, sedangkan Check for Update juga bisa saja dan ada kemungkinan data kamu tidak terhapus hanya saja beberapa pengguna melaporkan kalau iPhone mereka menjadi buggy atau ada masalah.

Berikut cara downgrade iOS 10 ke iOS 9 yang mudah dilakukan.

  1. Pastikan anda melakukan prepare sebelum melakukan downgrade, seperti yang tersedia pada artikel diatas.
  1. Download firmware iOS yang sesuai dengan perangkat iOS kalian. Kunjungi situs .ipswdan downloadfile ipsw untuk iOS 9.3.5 sesuai dengan model perangkat yang kamu gunakan. Jangan sampai tertukar, karena jika salah dapat berakibat cukup fatal. Simpan di Desktop atau tempat lain yang mudah kamu akses.

  1. Sebaiknya matikan fitur Find My Phone. Caranya : Settings > iCloud > Find My iPhone/ Find My iPad.
  1. Lakukan Recovery Mode pada perangkat iOS yang akan downgrade dari iOS 10 ke iOs 9.3.5. Caranya adalah mematikan perangkat iOS, tekan dan tahan tombol Home Button diikuti dengan menghubungkan perangkat iOS ke PC atau Mac lewat USB. Jangan di lepas pencetan kalian di tombol Home sampai muncul di layar Connect to iTunes.

 

  1. Kemudian klik icon Device > Summary.

 

  1. Pada bagian Check for Update atau Restore iPhone (Rekomendasi) kamu tinggal tekan Shift (untuk Windows) atauOption (untuk Mac) lalu klik tombol dan cari file .ipsw yang telah kamu download.

  1. Ikuti perintah dan tunggu proses downgrade ke iOS 9.3.5 hingga selesai.
  1. Jangan ganggu dulu perangkat iOS kalian sampai proses downgrade berhasil. Selanjutnya tingga kalian ikutin aja ya, paling set up device gitu – gitu.

 

Mudah bukan cara mengembalikan iOS 10 ke iOS 9 tersebut?

Namun perlu diketahui metode ini hanya berlaku tanpa masalah selama iOS 9.3.5 masih dalam status signed oleh Apple. Jika sudah tidak signed maka kamu terjebak menggunakan iOS 10 atau versi terbaru dari perangkatnya.

Apple tidak memberikan informasi, sampai kapan jalur IPSW ke iOS 9.3.5 ini dibuka. Jadi silahkan cek dulu di laman ipsw.me dan pastikan ada tanda centang warna hijau di iOS 9.3.5 sebelum kamu melakukan downgrade.

Tentu saja jika sukses kembali menggunakan iOS 9 kamu tetap bisa melakukan pembaruan menjadi versi iOS terbaru karena memang sebaiknya selalu mengikuti sistem operasi terbaru.

Sekian artikel dari kami mengenai TIPS Melakukan Downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.5. Semoga artikel ini bermanfaat untuk temen-temen semua. Selamat mencoba yaa…

 

Incoming search terms: