Cara Menghemat Baterai Saat Bermain Game

Cara Menghemat Baterai Saat Bermain Game 

Cara Menghemat Baterai Saat Bermain Game

 

Cara Menghemat Baterai Saat Bermain Game – Tidak diragukan lagi smartphone anda memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.Keberadaan Smartphone dikalangan masyarakat Indonesia memang sangat baik dan bahkan dapat membantu. Komunikasi jauh lebih mudah dan cepat dengan adanya Smartphone. Banyaknya Vendor yang memproduksi Smartphone dengan kelas tinggi membuat masyarakat tertarik dan ingin memilikinya.

Berbagai kegiatan dan pekerjaan bisa terbantu dengan adanya smartphone mulai dari menyimpan data, berbagi data/ sharing, diskusi, chatting, internetan, dan lainnya bisa dilakukan di smartphone canggih anda. Dan yang terakhir namun tidak diragukan lagi adalah layanan dan aktifitas hiburan-pun bisa dilakukan pada Smartphone terutama untuk “Bermain Game”

Mobile game membuat semua orang betah hingga berjam-jam di depan layar handphone, hingga kadang sampai melupakan kegiatan lainnya. Seseorang mungkin bisa saja menghabiskan waktu seharian untuk bermain game jika tidak ada halangan tertentu, salah satu diantaranya adalah terbatasnya baterai, terutama untuk bermain game yang membutuhkan grafis yang sangat tinggi. Namun karena kendala baterai ini sebenarnya ada baiknya juga agar seseorang ingat sudah berapa lama ia bermain game.

Baterai iPhone memang bisa dibilang boros. Yah mungkin kapasitas baterainya juga yang memang kecil, jadi kalau dipakai untuk aktivitas yang sedikit berat akan banyak memakan daya baterai yang besar pula.

Buat teman-teman pengguna iPhone yang merasa baterainya boros banget saat digunakan untuk bermain game bisa mengikuti tips Cara Menghemat Baterai Saat Bermain Game yang akan appletechnos.com berikan berikut ini.

 

1.Turunkan Tingkat Kecerahan Layar Pada Ponsel

Bukan rahasia bahwa meredupkan layar smartphone Anda bisa memperpanjang hidup baterai. Tidak diragukan lagi memang jika kita bermain game dengan tingkat kecerahan yang tinggi bisa membuat kita lebih menikmati game karena kita bisa melihat segala sesuatu dengan sangat jelas dan terang namun ini ternyata salah satu poin yang juga sangat memakan daya baterai smartphone Anda.

Jadi salah satu cara yang memang sudah biasa dilakukan oleh para pengguna iPhone saat bermain game berat namun hemat baterai yakni dengan menurunkan tingkat kecerahan pada layar Smartphone. Kami rasa cara ini memang sangat ampuh dalam menghemat baterai, karena tingkat kecerahan layar yang tinggi memang dapat menguras baterai, maka dari itu jika tidak terlalu penting sebaiknya turunkan tingkat kecerahan.

Dan untuk mempermudah anda bermain Game, bermainlah di dalam ruangan tanpa paparan sinar matahari. Karena jika ada paparan dari sinar matahari secara langsung maka dapat dipastikan layar tidaka akan terlihat.  Untuk itu kurangi tingkat kecerahan layar pada menu Settings > Displays & Brightness. Sesuaikan dengan kenyamanan mata teman-teman.

 

2. Aktifkan Mode Hemat Daya

Sangat baik jika Anda selalu mengaktifkan mode power saver yang ada di smartphone Anda untuk menghemat baterai. Bahkan saat ini, sebagian besar game didalamnya sudah dilengkapi dengan pilihan power saver.

Fitur semacam itu memang bisa membantu menghemat baterai saat anda sedang asyik bermain game. Selain pada smartphone, fitur Power Saving juga sudah ada pada Game tertentu, seperti Pokemon GO!. Pokemon GO juga sudah dilengkapi dengan fitur hemat baterai yang tentunya ini sangat baik dan berguna sekali saat bermain game.

Untuk mengaktifkan mode ini, buka aplikasi tertentu dan ketuk pengaturan. Gulir menu hingga kebawah sampai Anda melihat opsi Power Saver.

Jika game yang Anda mainkan tidak dilengkapi dengan fitur power saver maka Anda juga dapat mengambil bantuan dari pengaturan smartphone, karena fitur tersebut sudah ada disana.

 

3. Matikan Volume Game

Saat bermain game, volume game memang bisa menambah kenikmatan ketika bermain game, dan membuat Anda benar-benar bisa merasakan sensasi bermain game seperti nyata. Namun jika Anda mengecilkan atau bahkan mematikan suaranya maka itu bisa sangat menghemat baterai smartphone ketika bermain game. Intinya adalah anda tetap bisa bermain game dan yang terpenting anda bisa naik ke Level yang lebih tinggi.

Volume tidak begitu penting karena bisa membuat sensasi bermain lebih nyata, namun yang terpenting adalah anda bisa naik level dan mengalahkan semua musuh yang ada.

 

4. Matikan Bluetooh dan Wi-Fi Saat Bermain Game

Saat bermain Game, saya rasa Bluetooth ataupun Wi-Fi tentunya tidak digunakan, maka dari itu sebaiknya matikan saja fitur tersebut. Karena jika fitur tersebut terus aktif maka akan membuat baterai cepat. Alasannya sederhana, fitur Bluetooth dan Wi-Fi terus mencari Access Point pada Area terdekat didaerah anda. Tapi jika anda menggunakan Wi-Fi sebagai alasan untuk bermain Game maka anda tidak perlu mematikannya, seperti COC atau Pokemon GO!.

 

5. Matikan proses yang berjalan di backround

Meskipun anda tidak menjalankan atau membuka sebuah aplikasi, namun nyatanya aplikasi tersebut tetap memakan daya baterai, terutama aplikasi messanging. Pastikan Anda mematikan aplikasi yang membutuhkan proses yang berjalan di background ketika bermain game supaya anda bisa bermain game dengan leluasa dan hemat baterai.

Beberapa aplikasi messenger kebanyakan berjalan di background seperti BBM, WhatsApp, LINE, WeChat, Path, Facebook Messenger, Instagram, dan lainnya. Matikan aplikasi tersebut jika tidak anda gunakan.

 

6. Minimalkan Penggunaan Grafis dan Animasi

Sebagai pengguna Android anda bisa mengurangi penggunaan grafis supaya baterai tetap hemat. Anda bisa masuk pada mode Pengembang/ Developers untuk mengurangi penggunaan Grafis dan Animasi. Selain itu, anda juga harus mengganti Wallpaper Live anda dengan Wallpaper yang biasa – biasa saja tanpa membutuhkan daya yang besar.

 

 

 

7. Aktifkan Airplane Mode

Mengaktifkan mode air plane akan memutuskan semua koneksi jaringan mulai dari Internet/ data, Operator, dan lainnya. Semua aktifitas komunikasi anda akan terputus dan tidak bisa anda lakukan seperti SMS, Telepon, Internetan, BBM, LINE, WhatsApp, dan lainnya. Hal ini memang sangat ekstrim, tapi bisa menghemat baterai saat anda bermain game berat.

 

 

 

8. Gunakan Power Bank Sebagai Jaga – Jaga

Semua cara diatas memang cara menghemat baterai, tapi tetap sama dilain waktu baterai anda juga akan habis dan membutuhkan daya. Jika ada jauh dari tempat Stop Kontak alangkah lebih baiknya anda membawa Power Bank sebagai cadangan saat ingin mengisi daya baterai. Anda bisa membawa dan mencolokkannya dengan USB di manapun dan kapanpun anda inginkan.

 

 

 

9.Mail & Calendar Checking

Kurangi list pada menu Mail, Contact, Calendar. Jika Anda memiliki setumpuk konfigurasi pada email, calendar, atau contact, maka menu itu akan melakukan pengecekan sekaligus download email secara berkala secara terus-menerus. Dan itu memakan baterai.

Anda bisa mengaturnya di Settings > Mail, Contacts, Calendars > Fetch New Data, atur pada waktu terpanjang atau pilih saja Manually untuk melakukan pengecekan secara manual.

 

 

10.Matikan Getar

Sejumlah games memakai fitur getar yang jika Anda tahu, itu memerlukan daya baterai. Non-aktifkan fitur getar pada games yang sering Anda mainkan karena itu akan menghemat baterai.

 

11.Update IOS

Biasanya update IOS membawa pembaruan untuk lebih meningkatkan kinerja versi terbarunya. Bug-bug pada versi sebelumnya pasti dicoba untuk dibetulkan pada versi terbaru. Dengan mengupdate IOS biasanya permasalahan boros baterai bisa dikurangi, namun tidak menjamin 100% juga yah gaes, karena yang namanya bug kan pasti banyak dan belum tentu bisa di tutup semua.

Itulah beberapa Cara Menghemat Baterai Saat Bermain Game. Terimakasi semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran bisa berkometar di bawah ini.

Thanks for reading Cara Menghemat Baterai Saat Bermain Game

Incoming search terms:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.