Cara Menggunakan Gestur Trackpad dan Mouse Macbook

Cara Menggunakan Gestur Trackpad dan Mouse Macbook

Cara Menggunakan Gestur Trackpad dan Mouse Macbook

Cara Menggunakan Gestur Trackpad dan Mouse Macbook – Dengan trackpad Multi-Touch atau Magic Mouse, Anda dapat melakukan berbagai tindakan dengan lebih cepat. Dari sekian banyak gesture trackpad di MacBook, ada beberapa gesture yang jarang diketahui, terutama oleh pengguna baru. Padahal beberapa gesture ini mampu meningkatkan produktivitas kamu saat bekerja menggunakan MacBook. Jadi, trackpad dan mouse yang ada di Macbook tidak hanya untuk menunjuk dan untuk mengklik saja.

Cara Menggunakan Gestur Trackpad Macbook

Menggunakan Gestur Trackpad Macbook pertama: Mengklik, Menggulir, Memperbesar, dan Memutar

 

Mengeklik

Ketukan saru jari

Anda bisa melakukan ketukan satu jari pada trackpad untuk klik kiri, atau ketukan dua jari untuk klik kanan. Berbeda dengan di trackpad laptop berbasis Windows, trackpad MacBook tidak dilengkapi dengan klik kanan. Untuk melakukan klik kanan (membuka konteks menu), maka kamu bisa tap saja trackpad dengan dua jari secara bersamaan.

Cara Menggunakan Gestur Trackpad dan Mouse Macbook

 

Untuk bisa menggunakan gesture ini, pastikan opsi Tap to click dan Secondary click di Trackpad Preferences kamu aktif dengan pilihan click or tap with two fingers.

 

Ketukan tiga jari

Ketukan tiga jari pada trackpad mungkin jarang digunakan. Jika Anda ingin menggunakan gestur ini, posisikan kursor pada nama dari aplikasi manapun, dan lakukan ketukan tiga jari untuk menampilkan definiasi kamus dari arti kata tersebut.

 

Menggulir

Menggulir ke arah manapun

Untuk menggulir, Anda dapat menggunakan gestur trackpad Macbook yang sederhana. Letakkan dua jari pada trackpad dan gerakkan jari Anda keatas, kebawah, kekiri dan kekanan untuk menggulir ke arah manapun.

Cara Menggunakan Gestur Trackpad dan Mouse Macbook

 

Memperbesar / Zoom

Memperbesar atau memperkecil tampilan (zoom in dan zoom out)

Jika Anda ingin memperbesar browser web atau dokumen lainnya dengan gestur melebarkan trackpad, letakkan dua jari Anda pada trackpad. Jika Anda menggunakan gestur melebarkan jari, maka dokumen atau browser akan di-zoom out. Jika Anda menggunakan gestur mengecilkan jari, Anda akan melakukan zoom in.

Cara Menggunakan Gestur Trackpad dan Mouse Macbook

 

Memperbesar tampilan dengan cepat

Untuk melakukan smart zoom, lakukan dua kali ketuk dengan juara jari pada konten yang ingin Anda perbesar. Contohnya, saat Anda mengetuk dua kali dua jari pada artikel appletechnos.com, Macbook Anda akan secara otomatis melakukan perbesaran agar kolom konten utama akan memenuhi jendela browser web.

 

Memutar/Rotate

Untuk memutar dokumen, lakukan gestur trackpad Macbook dengan cara meletakkan dua jari pada trackpad dan lakukan gestur melingkar, seakan-akan memutarnya seperti kenop. Cara ini tidak akan berpengaruh pada browser web, tetapi hanya dapat bekerja pada aplikasi tertentu saja. Contohnya, Anda dapat menggunakan gestur trackpad Macbook ini untuk memutar foto yang Anda buka di iPhoto.

 

Menggunakan Gestur Trackpad Macbook Kedua: Gestur Navigasi

Berpindah Halaman / Swipe antar halaman

Letakkan dua jari diatas trackpad dan geser kekiri atau kekanan untuk menggeser antara halaman. Contohnya, gestur ini berguna untuk fitur back dan forward di browser web Safari atau Google Chrome.

Untuk bisa menggunakan gesture ini maka opsi gesture Swipe between pages perlu kamu aktifkan di Trackpad Preferences.

 

Mission Control

Bagi kamu yang bekerja dengan banyak apps sekaligus, mengelompokkannya dalam beberapa virtual desktop bisa mempermudah pekerjaan kamu. Untuk itulah ada Mission Control di Mac OS X yang bisa kamu gunakan untuk mengakses dan memanajemen apps maupun virtual.

Selain menggunakan shortcut keyboard F3, kamu bisa mengakses Mission Control dengan cepat melalui gesture trackpad. Swipe saja trackpad keatas dengan menggunakan 4 jari.

 

App Exposé

Bagi kamu yang sering membuka satu aplikasi dalam beberapa window, app expose bisa memudahkan kamu berganti dari satu window ke window yang kamu inginkan. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu swipe 4 jari kamu di trackpad.

Untuk bisa menggunakan gesture ini maka opsi App Expose di trackpad preferences harus terisi swipe down with four fingers.
Berpindah di antara app layar penuh

Untuk berpindah antara Spaces (multiple desktop) atau atau untuk mengaktifkan full-screen pada aplikasi, letakkan 4 jari pada trackpad Anda dan geser kekiri atau kekanan. Untuk menampilkan semua Spaces, aplikasi full-screen, dan jendela program, letakkan 4 jari pada trackpad dan geser jari Anda.

 

Menampilkan Launchpad

Untuk menampilkan Launchpad, yang akan menunjukkan ikon untuk semua aplikasi Anda yang telah terinstal dan membuat Anda mampu menjalankan aplikasi tersebut, lakukan gestur “mencubit” dengan jempol dan 3 jari Anda yang lainnya.

 

Menampilkan desktop

Untuk menampilkan desktop Macbook, lakukan gestur “mencubit terbalik,” dimana Anda dapat meletakkan jempol dan 3 jari di trackpad dan melebarkannya, alih-alih melakukan gestur mencubit. Jendela yang ada pada layar Macbook Anda akan berpindah, dan akan membuat Anda mampu melihat desktop. Untuk mengembalikan jendela program, lakukan gestur sebaliknya, yaitu dengan gestur mencubit, alih-alih melebarkan jari.

 

Membuka Pusat Pemberitahuan

Semua notifikasi Mac bakal tercatat di Notification Center. Disana kamu bisa mengakses notifikasi ataupun berbagai jadwal dan informasi penting lainnya.

Membuka Notification Center dengan gesture sangatlah mudah. Kamu tinggal swipe dua jari kamu dari luar sisi trackpad sebelah kanan ke sebelah kiri. Dan swipe lagi keluar untuk menutupnya lagi.

Tentu saja opsi gesture Notification Center harus kamua aktifkan di Trackpad Preferencesagar bisa menggunakannya.

 

Mencari dan mendeteksi data

Ketuk dengan tiga jari untuk melihat satu kata atau melakukan tindakan lain dengan tanggal, alamat, nomor telepon, dan data lain.

Menggunakan Gestur Trackpad Macbook Ketiga: Menampilkan Dan Mengkonfigurasi Gestur

Apple membuat Anda mampu mengkonfigurasi dan mengkustomisasi semua gestur trackpad saat Anda menggunakan gestur trackpad Macbook. Dengan cara mengkonfigurasi gestur trackpad Macbook, Anda dapat mengubah gestur mana saja yang akan berkorespondensi pada tindakan apa. Selain itu, Anda juga dapat mematikan gestur trackpad Macbook yang tidak Anda ingin Anda gunakan, jadi Anda tidak dapat menggunakan gestur trackpad Macbook itu lagi.

Macbook juga menyediakan video panduan menggunakan gestur trackpad Macbook yang akan mendemonstrasikan kepada Anda bagaimanakah gestur ini bekerja dan bagaimanakah cara menggunakan gestur trackpad Macbook tersebut.

Untuk mengakses panel yang bisa Anda gunakna untuk mengubah dan mengkonfigurasi gestur trackpad Macbook, klik pada ikon Apple yang terdapat pada bar di bagian atas layar Macbook Anda. Setelah itu, klik pada System Preferences, dan klik pada opsi Trackpad.

Naah disitu, Anda akan melihat pengaturan dan video. Jadi, jika Anda ingin melihat panduan video menggunakan gestur trackpad Macbook, Anda dapat menyorot gestur tertentu untuk menampilkan video pendek yang akan mendemonstrasikan bagaimanakah cara gestur itu bekerja.

Meskipun begitu, beberapa dari gestur disini dimatikan pada pengaturan default, tetapi Anda dapat mengaktifkannya. Contohnya, ada salah satu gestur yang dapat membuat Anda menggerakkan jendela program pada bagian tertentu layar Macbook Anda dengan meletakkan 3 jari pada trackpad dan menggerakkannya dengan jari Anda. Atau, Anda dapat mengaktifkan opsi App Exposé dan melakukan gestur 4 jari lalu menggeser kebawah untuk menampilkan semua jendela terbuka, dan mengasosiasikannya dengan aplikasi Macbook yang ada. (Untuk menampilkan semua jendela untuk semua aplikasi, lakukan gestur 4 jari menggeser keatas untuk mengunjungi jendela Mission Control.)

 

How To Use MacBook Pro TrackPad Gestures (Touch Pad)

Video Source : DHTV – Dan

 

 

Cara Menggunakan Gestur Mouse Macbook

Untuk informasi lebih lanjut tentang gerakan tersebut, pilih menu Apple () > Preferensi Sistem, lalu klik Mouse. Di sana, Anda dapat mematikan gerakan, mengubah jenis gerakan, dan mempelajari gerakan mana yang berfungsi dengan Mac. Gerakan Mouse memerlukan Magic Mouse atau Magic Mouse 2.

Klik kedua
Klik sisi kanan mouse.

Cara Menggunakan Gestur Trackpad dan Mouse Macbook

 

Menggulir
Geser satu jari ke atas atau ke bawah untuk menggulir.


Zoom cerdas
Ketuk dua kali dengan satu jari untuk memperbesar dan memperkecil halaman web atau PDF.

Mission Control
Ketuk dua kali dengan dua jari untuk membuka Mission Control.

Berpindah di antara app layar penuh
Gesek dengan dua jari ke kiri atau kanan untuk berpindah antara desktop dan app layar penuh.


Berpindah halaman
Gesek dengan satu jari ke kiri atau kanan untuk menampilkan halaman sebelumnya atau berikutnya.

Itulah Cara Menggunakan Gestur Trackpad dan Mouse Macbook. Mungkin anda tidak akan terlalu sering menggunakan semua gesture ini, namun sesungguhnya menggunakan gesture tracpad dan mouse akan lebih cepat dalam melakukan suatu hal. Selamat mencoba

Incoming search terms:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *