Tips Cara Mengatasi Jika ID Apple Kita Di Retas

Tips Cara Mengatasi Jika ID Apple Kita Di Retas

Cara Mengatasi Jika ID Apple Kita Di Retas

 

Tips Cara Mengatasi Jika ID Apple Kita Di Retas – ID Apple adalah akun yang Anda gunakan untuk mengakses layanan Apple seperti App Store, Apple Music, iCloud, iMessage, FaceTime, dan banyak lagi. ID Apple mencakup alamat email dan kata sandi yang Anda gunakan untuk masuk, serta semua kontak, pembayaran, dan rincian keamanan yang Anda gunakan di seluruh layanan Apple.

Tentu kita akan merasa khawatir jika ada orang yang tidak berwenang bisa mengakses ID Apple kita. Maka kami akan memberikan langkah-langkah yang dapat membantu anda mengetahui jika terjadi masalah dan bisa mendapatkan kembali kontrol akun anda.

 

Pastikan anda mengetahui ID Apple yang digunakan untuk masuk ke perangkat anda.

Jika anda masuk di perangkat dengan ID Apple yang tidak anda kenali, gunakan langkah-langkah ini untuk keluar, lalu masuk kembali dengan ID Apple lainnya. Untuk memastikan bahwa Anda masuk dengan ID Apple yang hanya Anda kontrol dan percaya, Anda dapat memeriksa pengaturan berikut di setiap perangkat:

iPhone, iPad, atau iPod touch:

  • Pengaturan > iCloud
  • Pengaturan >Mail, Kontak, Kalender
  • Pengaturan > iTunes & App Store
  • Pengaturan > Pesan > Kirim & Terima
  • Pengaturan > FaceTime

Mac:

  • Preferensi Sistem > iCloud
  • Preferensi Sistem > Akun Internet
  • Pesan > Preferensi > Akun.
  • Facetime > Preferensi  > Pengaturan
  • Mail > Preferensi > Akun
  • Kalender > Preferensi > Akun




Karena ID Apple digunakan untuk berbagai produk dan layanan Apple, Anda harus memastikan ID Apple tersebut seaman mungkin. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda ikuti untuk memaksimalkan keamanan akun.

1.Menggunakan kata sandi yang kuat untuk ID Apple

Kebijakan Apple mengharuskan anda menggunakan kata sandi yang kuat pada ID Apple. Sandi anda harus terdiri atas delapan karakter atau lebih, disertakan huruf besar-kecil, dan minimal satu angka. Anda juga dapat menambahkan karakter dan tanda baca tambahan untuk memperkuat kata sandi. Apple juga menggunakan peraturan sandi lainnya untuk memastikan sandi tidak mudah ditebak.

Jika anda tidak yakin bahwa kata sandi anda kuat, buka halaman akun ID Apple untuk mengatur ulang kata sandi sesegera mungkin.

Cara Mengatasi Jika ID Apple Kita Di Retas

2. Membuat jawaban yang sulit ditebak atas pertanyaan keamanan

Apple menggunakan pertanyaan keamanan untuk memberikan metode sekunder agar dapat mengenali diri anda secara online atau bila menghubungi Dukungan Apple. Pertanyaan keamanan dirancang agar mudah diingat, namun sulit ditebak orang lain. Bila digunakan bersamaan dengan informasi identitas lainnya, cara ini akan membantu Apple memastikan bahwa anda adalah orang yang meminta akses ke akun. Jika anda belum memilih pertanyaan keamanan, buka halaman akun ID Apple untuk mengaturnya.

Bagaimana Jika ID Apple Kita di Retas ?

 

Baca selengkapnya di laman : Tips Keamanan untuk Melindungi iPhone dan iPad

 

Sebaiknya memang hanya kalian yang mengetahui kata sandi dan dapat masuk dengan ID Apple anda. Jangan berikan kata sandi, pertanyaan keamanan, kode verifikasi, kunci pemulihan, atau detail keamanan akun lainnya kepada orang lain. Jika seseorang yang tidak dikenal atau tidak dipercaya dapat masuk dengan ID Apple kalian, maka akun anda tidak aman.

Berikut beberapa alasan ID Apple yang Anda gunakan tidak aman:

  • Orang lain membuatkan ID Apple atas nama anda, atau anda menggunakan ID Apple yang sudah masuk ketika Anda menerima perangkat.
  • Anda berbagi ID Apple dengan keluarga atau teman. ID Apple merupakan akun pribadi. Jika anda ingin berbagi pembelian dengan anggota keluarga, gunakan Berbagi Keluarga. Anda juga dapat berbagi kalender, foto, pengingat, dan banyak lagi tanpa berbagi ID Apple.
  • Anda tidak mengenali ID Apple yang masuk di perangkat anda.
  • Anda sengaja atau tidak sengaja berbagi kata sandi dengan orang lain. Misalnya, seseorang memilihkan kata sandi untuk anda, Anda memberi tahu kata sandi ke orang lain, atau anda mungkin memasukkan kata sandi di situs “phishing”.
  • Anda tidak memiliki kontrol alamat email yang terkait dengan ID Apple Anda.
  • Kata sandi lemah atau telah diretas.

 

Jika salah satu di atas benar, Anda harus mengatur ulang kata sandi secepatnya dan meninjau informasi akun anda. Lihat langkah lengkapnya di bawah.




Bagaimana cara mengetahui bila ID Apple diretas?

Jika anda menerima pemberitahuan akun dari Apple untuk perubahan yang tidak anda lakukan, atau jika melihat perincian atau perubahan akun yang tidak anda kenal, kalian harus segera waspada dan cepat tanggap karena ID Apple anda mungkin diretas.

Misalnya saja:

  • Anda menerima email atau pemberitahuan bahwa ID Apple Anda digunakan untuk masuk ke perangkat yang tidak dikenal atau tidak masuk baru-baru ini (misalnya, “ID Apple Anda digunakan untuk masuk ke iCloud di Windows PC”).
  • Anda menerima email konfirmasi dari Apple bahwa kata sandi ID Apple anda berubah atau informasi akun diperbarui, namun anda tidak ingat melakukan perubahan apa pun.
  • Perangkat anda terkunci atau masuk ke dalam Mode Hilang oleh seseorang selain anda.
  • Anda melihat pesan yang anda tidak kirim, atau item yang tidak anda hapus.
  • Anda melihat biaya atau pemberitahuan pembelian yang tidak anda lakukan. Lantas apa yang akan kita lakukan? Silahkan baca selengkapnya pada laman support.apple.com
  • Kata sandi tidak lagi berfungsi, atau mungkin telah diubah atau dikunci.
  • Anda tidak mengenali beberapa atau semua perincian akun Anda.

 

Jika kalian menerima email yang menurutmu tidak valid atau email “phishing” yang mencurigakan, baca laman Cara Mengidentifikasi dan melaporkan email phishing dan pesan mencurigakan lainnya untuk menentukan keabsahannya.


Bagaimana cara mendapatkan kontrol atas ID Apple saya?

Jika Anda merasa ID Apple Anda diretas, gunakan langkah di bawah untuk mendapatkan kontrol dan meninjau informasi akun anda:

  1. Masuk ke halaman akun ID Apple. Jika anda tidak dapat masuk atau menerima pesan bahwa akun terkunci saat mencoba masuk, kunjungi apple.com/id/password/verify/appleid. Kemudian coba atur ulang atau buka akun anda. Jika Anda masih tidak dapat masuk, hubungi Dukungan Apple
  2. Ubah kata sandi ID Apple Anda, lalu pilih kata sandi yang kuat.
  3. Tinjau semua informasi pribadi dan keamanan di akun Anda. Perbarui informasi yang tidak benar atau yang tidak dikenal, termasuk:
    • Nama Anda.
    • Alamat email ID Apple utama Anda. Jika Anda harus mengubah alamat email, perbarui fitur dan layananyang digunakan dengan ID Apple tersebut agar menggunakan ID Apple yang telah diperbarui.
    • Semua alamat email alternatif, alamat email pemulihan, dan nomor telepon.
    • Pertanyaan dan jawaban keamanan. Jika jawaban mudah ditebak, Anda harus mengubah pertanyaan keamanan.
  4. Periksa penyedia alamat email untuk memastikan anda mengontrol setiap alamat email yang terkait dengan ID Apple anda. Jika anda tidak mengontrol alamat email yang terkait dengan ID Apple anda, sebaiknya ubah kata sandi untuk alamat email tersebut atau gunakan alamat email yang lain.
  5. Atur verifikasi dua langkahatau pengesahan dua faktor untuk ID Apple anda. Fitur keamanan tambahan ini dirancang agar orang lain tidak dapat mengakses akun anda, meskipun mereka mengetahui kata sandinya.

 

 

Naah itulah Langkah-langkah Tips Cara Mengatasi Jika ID Apple Kita Di Retas. Jika anda sudah menyelesaikan langkah demi langkah seperti diatas dan anda merasa bahwa akun masih saja di retas,segera hubungi Dukungan Apple . Hati-hati dan selalu waspada yaa guyys…

 

Incoming search terms:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.