Pelanggan XL Bisa Kehilangan Sinyal Hingga 20 Menit Di Jalur MRT Jakarta

sinyal_hilang_xl_mrt_jakarta

Appletechnos.com – Sejumlah pelanggan operator seluler XL Axiata belakangan mengeluhkan kehilangan sinyal seluler ketika mereka melewati jalur bawah tanah saat menggunakan moda transportasi MRT Jakarta.

Keluhan tersebut diutarakan pengguna lewat media sosial Twitter. Umumnya mengatakan bahwa kondisi hilang sinyal itu berada di rute bawah tanah MRT Jakarta.

Pihak pengelolaMRT Jakarta sendiri mengonfirmasi bahwa sinyal XL Axiata memang sudah tidak tersedia di jalur bawah tanah tersebut.

Baca juga: Fitur Yang Hilang di Iphone 12

Plt. Corporate Secretary Division Head PT MRT Ahmad Pratomo mengatakan bahwa XL Axiata menarik diri dari kerja sama dengan MRT Jakarta.

“(Kerja sama) bukan berakhir dari sisi waktu. Namun, XL pada prinsipnya menarik diri dari kerja sama,” kata Ahmad saat dihubungi KompasTekno, Rabu (10/3/2021).

Jika dihitung, jarak dari stasiun MRT Dukuh Atas BNI menuju stasiun MRT Senayan sekitar 3,64 km dengan waktu tempuh sekitar 5 menit.

Sementara, perjalanan dari stasiun MRT Bendungan Hilir hingga stasiun MRT Senayan memakan waktu sekitar 3 menit dengan jarak tempuh 2,16 km. Adapun jarak dari stasiun MRT Bundaran HI sampai stasiun MRT Senayan adalah 8,16 km.

Dari semua keluhan itu bisa disimpulkan bahwa sinyal seluler XL Axiata hilang di sepanjang jalur bawah tanah MRT Jakarta, yang membentang sekitar ±12 km.

Total waktu tempuh di jalur bawah tanag ini bervariasi, tergantung jadwal perjalanan kereta, antara 10 hingga 20-an menit, tergantung waktu kedatangan dan lama berhenti. Dengan kata lain, selama itulah pengguna XL bisa berpotensi kehilangan sinyal.

Sebagai alternatif, pengguna XL diimbau untuk menggunakan jaringan WiFi yang telah tersedia di area MRT Jakarta, atau menggunakan layanan operator seluler lainnya.

MRT saat ini baru melayani rute Lebak Bulus sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan sebaliknya. Jarak dari stasiun MRT Lebak Bulus Grab menuju Stasiun MRT Bundaran HI adalah 15,7 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Ada 13 stasiun di sepanjang rute tersebut, yakni tujuh stasiun layang dan enam stasiun bawah tanah. Tujuh stasiun layang mencakup Stasiun Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan ASEAN.

Sementara enam stasiun bawah tanah terdiri dari Stasiun Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi Astra, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran HI.

MRT Jakarta beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Waktu tunggu kedatangan kereta di setiap stasiun pada jam sibuk, yaitu 5 menit. Sedangkan waktu tunggu kedatangan kereta di luar jam sibuk adalah 10 menit.

Sumber: https://tekno.kompas.com/

About applegeekz

Check Also

pembatasan_durasi_google_meet

Google Meet Gratis Bakal Dibatasi 60 Menit

Appletechnos.com – Sampai hari ini, pengguna gratisan platform Google Meet masih bisa menikmati layanan video …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.