MacBook Terbaru 2017 Adopsi Prosesor Intel Kaby Lake

MacBook Terbaru 2017 Adopsi Prosesor Intel Kaby Lake

MacBook Terbaru 2017 Adopsi Prosesor Intel Kaby Lake

MacBook Terbaru 2017 Adopsi Prosesor Intel Kaby Lake – Lagi-lagi analis Apple Ming-Chi Kuo dari KGI Securities di Taiwan kembali memberikan bocoran informasi mengenai produk Apple yang akan rilis tahun ini. Belum lama Kuo membocorkan iPhone 8 akan dirilis mulai awal September 2017, kali ini Kuo menginformasikan Apple diprediksi akan meluncurkan MacBook Terbaru 2017 Adopsi Prosesor Intel Kaby Lake. Kaby Lake adalah chip prosesor generasi ke-7 dengan otak pemrosesan paling baru.

Prosesor berkode nama “Kaby Lake tersebut merupakan penyempurnaan dari seri prosesor sebelumnya yaitu Broadwell dan Skylake (Core i Generasi ke-6) meski sama-sama diproduksi dengan teknologi fabrikasi 14 nm.  Kaby Lake mendukung penyematan RAM DDR4-2400 dan DDR3-1600, ditambah dengan teknologi Intel Optane SSD.

Penggunaan socket prosesor juga tidak mengalami perubahan, yaitu LGA 1151. Namun, prosesor ini akan didukung oleh chipset motherboard Intel 200 Series. Skylake sendiri didukung oleh chipset Intel 100: Z170, H110, H170, dan B150.

Kaby Lake melangkah lebih jauh dari Skylake dan akan menolak untuk memungkinkan versi Windows sebelumnya untuk berjalan padanya. Bahkan jika dengan keajaiban anda dapat menginstal Windows 7 pada sistem dengan Kaby Lake, dapat dipastikan bahwa anda tidak akan menerima update keamanan, membiarkannya terbuka untuk segala macam malware dan ancaman hacking.

Pengolah grafis (GPU) terintegrasi di dalamnya juga lebih bertenaga dan dirancang agar mampu memutar video 4K dan video 360 derajat, selain memiiki dukungan codec HEVC 10-bit.

Kaby Lake juga turut mendukung berbagai macam interface modern, seperti Thunderbolt 3, HDCP 2.2, dan USB Type-C.

Prosesor Intel Kaby Lake akan hadir dengan varian ULV (Ultra Low Voltage) dan akan digunakan di lini produk laptop serta ultrabook. Sama seperti lini Skylake, prosesor ULV Kaby Lake juga akan dibagi dalam tiga kategori. Pertama adalah Y-series (Core M) yang ditujukan untuk notebook 2-in-1, kemudian terdapat U-series untuk ultrabook, dan H-series untuk laptop gaming.

Prosesor Kaby Lake seri U akan menggunakan konfigurasi quadcore dengan konsumsi daya 15W. Prosesor ini dikatakan akan menggantikan dua varian prosesor dualcore saat ini yang ditenagai oleh Intel Iris Graphic dengan konsumsi daya 15W dan 28W.

Untuk Kaby Lake seri H akan hadir dengan konsumsi daya sebesar 18W. Meski belum banyak informasi yang didapatkan dari varian prosesor ini, namun beberapa fitur seperti dukungan terhadap konten HDR, teknologi Wide Color Gamut, dan dukungan format media HDCP2.2 telah dikonfirmasi akan hadir di prosesor khusus laptop gaming ini

Sayangnya, bocoran  informasi untuk prosesor seri Y masih belum beredar. Namun, melihat dua seri prosesor lainnya, bisa dipastikan bila prosesor Kaby Lake seri Y juga akan mendapatkan perubahan yang cukup signifikan.

Dan yang paling menarik adalah Kaby Lake akan mendukung sebuah media penyimpanan baru yaitu Optane Storage, hasil kolaborasi dari Intel dan Micron. Optane Storage menawarkan kecepatan hingga 7x lebih cepat dari SSD saat ini. Hal yang membuat peyimpanan ini lebih cepat yaitu karena adanya teknologi 3D Xpoint.

Kuo menyebutkan MacBook 12 inci akan menjadi komputer Mac pertama yang dilengkapi chip prosesor Kaby Lake. Jadwal produksi massal sendiri akan dilakukan pada kuartal kedua tahun ini atau sekitar bulan Maret. Komputer jinjing MacBook ini akan hadir dengan RAM yang sama dengan yang sebelumnya yaitu 8 Gigabita dan lebih besar dari sebelumnya yaitu RAM 16 Gigabita di komputer tipis tersebut.

Sementara Macbook Pro model 13 inci dan 15 inci akan mulai diproduksi pada awal kuartal 3. atau sekitar bulan Juli. Untuk varian ini belum diketahui informasi terbaru mengenai penempatan RAM, namun setidaknya perangkat seri ini akan kembali tersedia dengan RAM 16 Gigabita.

MacBook 15 inci, menurut laporan The Verge, akan diproduksi pada kuartal terakhir 2017 atau sekitar September. Ditujukan untuk pengguna high-end, ia akan mengadopsi memori RAM sekelas komputer desktop. Kuo menyebutkan Apple bakal meningkatkan prosesor dengan Intel Kaby Lake, serta menambahkan dukungan RAM 32 Gigabita di komputer Mac varian tertinggi tersebut. Namun saat ini, masih belum diketahui apakan versi 15 inci ini akan masuk ke dalam jajaran Pro atau tidak.

Kuo menyatakan varian 15 inci akan menjadi produk dengan desain baru paling signifikan tahun ini. Ia juga meyakini MacBook ini akan mengadopsi ruang RAM besar seperti pada produk desktop untuk memenuhi kebutuhan konsumen high-end. Itu merupakan kabar gembira bagi pengguna kelas atas yang membutuhkan komputer Mac dengan spesifikasi gahar dan juga baterai yang memadai. Dukungan RAM lebih besar dari 16GB sebelumnya menjadi persoalan karena baterai menjadi cepat boros seperti pernah dikatakan petinggi Apple, Phil Schiller.

Tidak heran jika Kuo berkata bahwa semua laptop baru dari Apple akan menggunakan prosesor Kaby Lake dari Intel, yang merupakan versi terbaru dari lini Core milik Intel. MacBook Pro terbaru, yang Apple rilis pada bulan Oktober tahun lalu, masih menggunakan prosesor Skylake 2015. Perangkat dengan pembaruan prosesor ini akan menyasar pengguna kelas high-end.

Selain Kuo memprediksikan bahwa penjualan komputer Mac tahun ini akan mengalami pertumbuhan karena didorong oleh suksesnya penjualan MacBook Pro dengan Touch Bar, namun Apple menyebutkan menemui kendala dalam produksi.

Kuo menyebutkan Apple juga akan memangkas harga MacBook Pro baru 13 inci tanpa Touch Bar. Hal itu dilakukan untuk menaikkan penjualannya yang saat ini kurang begitu baik.

Tentu saja, mengingat kabar ini masih berupa rumor, sebaiknya anda tidak sepenuhnya percaya akan kebenarannya.

Namun perlu di ingat selama ini, Kuo dikenal sebagai sumber terpercaya dan telah mengeluarkan perkiraan yang akurat tentang berbagai produk Apple, mulai dari fitur baru pada iPhone, hingga peta jalam produk Apple selama satu tahun.

 

Berikut Spesikasi Intel CPU Kaby Lake 

Transistor 14 nm manufacturing process

LGA 1151 socket

200 Series chipset (Union Point)

Thermal design power (TDP) up to 95 W (LGA 1151)

Support for both DDR3L SDRAM and DDR4 SDRAM in mainstream variants, using custom UniDIMM SO-DIMM form factor

Support for 16 PCI Express 3.0 lanes from CPU, 24 PCI Express 3.0 lanes from PCH (LGA 1151)

Support for Thunderbolt 3

64 to 128 MB L4 eDRAM cache on certain SKUs

Up to four cores as the default mainstream configuration

Support for Intel Optane Technology

Full fixed function HEVC Main10/10bit decoding acceleration & VP9 10bit decoding acceleration.

Introduce 256 byte block cache line for L1 cache(twice of bandwidth from Haswell and Skylake), L2 cache is still remain 256 byte cache line(512 byte in prefetch mode).

 

Sekian informasi dari kami tentang MacBook Terbaru 2017 Adopsi Prosesor Intel Kaby Lake, semoga dapat dijadikan referensi.