Apple iPod Shuffle

s1

Apple iPod shuffle adalah peranti pemutar musik yang dikembangkan dan dijual oleh Apple Computer. Peranti ini diperkenalkan pada pameran Macworld Conference & Expo pada tanggal 11 Januari 2005, dengan motto “Hidup ini acak” (Life is random). Perangkat ini menggunakan flash memory daripada hard drive yang digunakan oleh model-model lainnya dalam keluarga peranti keras iPod. Beratnya hanya 0,78 ons atau 22 gram.

iPod shuffle didesain untuk mempermudah pengisian lagu dengan memilih lagu yang tersedia secara acak. Untuk itu perangkat ini menggunakan fitur “Autofill” yang ada dalam peranti lunak iTunes, yang bisa memilih lagu dari koleksi yang disimpan oleh penggunanya sampai memenuhi kapasitas iPod shuffle tersebut. Menurut Apple Computer, iPod shuffle yang berkapasitas 1GB bisa memuat 240 lagu yang berdurasi 4 menit dan menggunakan format AAC encoding) dengan kualitas 128 kbit/s.

Karena iPod shuffle tidak menggunakan layar dan roda putar maka tidak dilengkapi dengan fitur lainnya yang biasa ditemui dalam produk iPod seperti: manjemen koleksi lagu, game, buku alamat, kalender, buku catatan ataupun sinkronisasi dengan peranti lunak iSync.s2Salah satu produk baru yang diperkenalkan Apple, Rabu (1/9/2010), di San Francisco, AS adalah iPod Shuffle model baru. Ini merupakan iPod Shuffle generasi keempat yang pernah diproduksi perusahaan elektronika yang berpusat di Cupertino, california, AS itu.

iPod shuffle ini adalah ukurannya yang benar-benar mini. Entah bagaimana cara para perancang produk ini menyusun berbagai macam komponen termasuk memori flash dan baterai lithium polymer ke dalam casing berukuran 4,5 x 1,7 x 0,8cm itu. Yang jelas benda kecil ini memiliki mampu memutar lagu selama 15 jam tanpa henti. Tampilannya pun lebih chick dengan lima pilihan warna cerah, yakni merah muda, biru, perak, hijau, dan oranye.

s5

Tentu saja ukuran yang mungil punya konsekuensi juga. Paling tidak Apple terpaksa harus menghilangkan fitur layar pada pemutar audio portabel ini. Bahkan tombol pun dibuat sangat minimalis di bagian atas dari iPod shuffle ini. Satu tombol ini berfungsi untuk mematikan, play dan shuffle dan bekerja dengan cara digeser. Tapi menariknya justru karena Apple meletakkan tombol-tombol lain pada earphone-nya.

Di tengah kabel yang menghubungkan antara earphone dan unit pemutar ini ada tiga buah tombol yang masing-masing berfungsi untuk menaikkan volume, menurunkan volume dan satu tombol multi fungsi. Tombol multi fungsi ini bisa berfungsi sebagai tombol play, pause, next track, dan previous track. Rasanya fungsi itu sudah mencukupi untuk mengendalikan fungsi-fungsi utama dari gadget ini, tapi bagaimana dengan fungsi layar?

s3

Apple memutuskan untuk memasang fitur speech sebagai ganti dari layar. Saat Anda menekan tombol dengan cara tertentu, maka akan terdengar suara yang menyebutkan judul lagu yang sedang diputar beserta nama musisi yang memainkan lagu tersebut. Bahkan Anda juga bisa mengetahui nama playlist yang sedang diputar. iPod shuffle ini adalah generasi yang pertama kali mendukung fitur playlist.

Simak Spesifikasi Apple iPod Shuffle berikut ini

Spesifikasi iPod Shuffle

Type : Portable Audio Player
Capacity : 4GB
Layar : N/A
File Format : AAC, Protected AAC, MP3, MP3 VBR, Audible, Apple Lossless, WAV, and AIFF
Email : N/A
Interfaces : USB
Connections : N/A
Dimensi : 45.2 x 17.5 x 7.8 mm
Lain-Lain : Apple Earphones with Remote + VoiceOver
Source : www.apple.com

Apple iPod Shuffle 2010 (4th Generation): Unboxing and Demo

Video Source : DetroitBORG

Dibanding model iPod lainnya, iPod Shuffle memang paling ringan dan ringkas. Di bagian belakang terdapat penjepit untuk menyematkannya dengan mudah di pinggiran baju atau celana. Meski kembali menggunakan tombol, fitur VoiceOver tetap dipertahankan sehingga pengguna bisa menanyakan judul lagu atau mengatur playlist yang sedang dimainkan dengan perintah suara suara dalam pilihan 19 bahasa.

s4

Ada satu kelemahan dari desain Apple kali ini. Karena Sebenarnya kualitas suara yang dihasilkan Apple iPod shuffle ini cukup memuaskan namun dengan earphone bawaannya maka kualitas itu jadi tak bisa terdengar secara maksimal. Tapi masih ada kemungkinan ke depannya nanti produsen earphone seperti Shure dan Klipsch akan membuat earphone yang kompatibel dengan Apple iPod shuffle ini. Untuk sementara sepertinya kita masih harus puas dengan earphone bawaannya.

Harga iPod Shuffle

Untuk mengetahui harga yang di banderol untuk iPod Shuffle KLIK DISINI

Sekian artikel dari kami tentang Apple iPod Shuffle. Semoga dapat bermanfaat

Terimakasih sudah berkunjung