Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika iPhone Anda Hilang Atau Dicuri

Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika iPhone Anda Hilang Atau Dicuri

Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika iPhone Anda Hilang Atau Dicuri

  

Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika iPhone Anda Hilang Atau Dicuri– Apa yang terjadi ketika seseorang kehilangan iPhone mereka? Kehilangan smartphone adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan. Tentunya Anda akan panik jika mengalami kejadian serupa. Kepanikan bukan muncul semata-mata karena harga iPhone yang cukup mahal bagi orang Indonesia pada umumnya, tapi lebih dari itu, adalah data-data yang tersimpan di dalamnya.

Jika iPhone Anda hilang, Anda harus menyelamatkan akun Anda terlebih dahulu. Pasti ada banyak jejaring sosial dan email yang login di dalam iPhone Anda sehingga Anda perlu untuk mengganti semua password. Dengan begitu, seseorang tak dapat menyalahgunakan akun Anda.

Beberapa aplikasi dapat diinstal di iPhone yang manfaatnya adalah untuk melacak keberadaan iPhone Anda. Aplikasi yang pertama adalah Find My iPhone.Anda dapat menginstal aplikasi ini menggunakan Apple ID Anda di iCloud.

 

Jika iPhone tidak terhubung ke internet,iPhone dapat mengirimkan lokasinya ke email Anda begitu terkoneksi ke internet. Lalu bagaimana jika Find My iPhone tidak diaktifkan?? Yuuuk kita simak langkah-langkah Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika iPhone Anda hilang atau dicuri.

 

Jika Find My iPhone diaktifkan di perangkat Anda yang hilang

Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika iPhone Anda Hilang Atau Dicuri

Anda bisa mengakses layanan “Find My iPhone” dari perangkat iOS lainnya dengan mengunduh aplikasi “Find My iPhone” dari App Store pada iPad Anda atau iPhone teman Anda. Anda juga bisa masuk ke situs web iCloud (www.icloud.com) di komputer mana saja dan memilih Find My iPhone dari menu utamanya. Anda dapat menggunakan Find My iPhone untuk menemukan perangkat dan mengambil tindakan tambahan yang dapat membantu Anda memulihkan dan mengamankan data.

  1. Terlepas dari cara yang Anda pilih, masuklah dengan ID Apple yang tersambung dengan telepon Anda yang hilang.
  2. Anda harus mengaktifkan Find My iPhone di iPhone untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut. Biasanya, aplikasi ini otomatis diaktifkan saat Anda mengatur akun iCloud pertama kali di iPhone, tetapi mungkin juga langkah ini terlewati. Untuk mengaktifkannya, ketuk aplikasi Settings, gulir ke bawah Masuk ke com/finddi Mac atau PC, atau gunakan aplikasi Find My iPhone di iPhone, iPad, atau iPod touch lainnya. Pastikan Anda sedang masuk ke ID Apple Anda. Ketuk Find My iPhone untuk menyalakannya.
  3. Temukan perangkat Anda. Buka Find My iPhone, lalu pilih perangkat untuk melihat lokasinya di peta. Jika perangkat berada di dekat Anda, bunyikan perangkat untuk membantu Anda atau seseorang di dekat Anda menemukannya.
  4. Aktifkan Mode Hilang / Lost Mode. Dengan menggunakan Mode Hilang, Anda dapat mengunci perangkat dari jarak jauh dengan kode sandi, menampilkan pesan khusus dengan nomor telepon Anda di Kunci layar pada ponsel yang hilang, dan terus melacak lokasi perangkat. Jika Anda menambahkan kartu kredit atau kartu debit ke Apple Pay, fungsi pembayaran menggunakan Apple Pay pada perangkat akan ditangguhkan saat Anda mengaktifkan Mode Hilang untuk perangkat tersebut.
  1. Laporkan kehilangan atau pencurian perangkat Anda kepada pihak berwajib setempat. Pihak berwajib mungkin akan meminta nomor seri perangkat Anda. Temukan nomor seri perangkat Anda.
  1. Erase iPhone atau Hapus perangkat. Jika iPhone Anda hilang dan Anda kira tidak ada peluang menemukannya kembali, Anda bisa memilih opsi ini untuk menghapus semua data dari iPhone Anda. Ini adalah opsi terakhir, dan harus dilakukan hanya jika Anda khawatir akan informasi sensitif atau pribadi yang ada pada tangan orang lain. Agar data di perangkat yang hilang tidak dapat diakses orang lain, Anda dapat menghapusnya dari jauh. Bila Anda menghapus perangkat, semua informasi (termasuk informasi kartu kredit atau kartu debit untuk Apple Pay) akan dihapus dari perangkat, dan Anda tidak lagi dapat menemukan lokasi perangkat menggunakan Find My iPhone. Setelah menghapus perangkat, Anda tidak dapat melacaknya. Jika Anda menghapus perangkat dari akun  setelah Anda menghapusnya, Kunci Aktivasi akan dinonaktifkan. Tindakan ini memungkinkan orang lain mengaktifkan dan menggunakan perangkat Anda.
  1. Laporkan perangkat Anda yang hilang atau dicuri kepada operator nirkabel, agar mereka dapat menonaktifkan akun untuk mencegah panggilan, pesan teks, dan penggunaan data. Perangkat Anda mungkin dilindungi dalam paket operator nirkabel.

Jika Anda menggunakan Berbagi Keluarga, setiap anggota keluarga dapat membantu menemukan perangkat anggota keluarga lain yang hilang. Minta anggota keluarga untuk masuk ke iCloud dengan ID Apple, dan Anda dapat menemukan semua perangkat yang terkait dengan akun Berbagi di Keluarga tersebut.

 

Bagaimana jika perangkat Anda mati atau offline?

Jika perangkat Anda yang hilang dalam keadaan mati atau offline, Anda tetap dapat mengalihkannya ke Mode Hilang, menguncinya, atau menghapusnya dari jauh. Saat perangkat Anda kembali online, tindakan tersebut akan diterapkan. Jika Anda menghapus perangkat dari akun saat dalam keadaan offline, tindakan tertunda apa pun pada perangkat akan dibatalkan.

 

Bagaimana cara menonaktifkan atau membatalkan Mode Hilang / Lost Mode?

Anda dapat menonaktifkan Mode Hilang dengan memasukkan kode sandi di perangkat Anda. Anda juga dapat menonaktifkan Mode Hilang di iCloud.com atau dari aplikasi Cari iPhone Saya.

 

Jika Find My iPhone tidak diaktifkan di perangkat Anda yang hilang

Jika Anda tidak mengaktifkan Find My iPhone sebelum perangkat hilang atau dicuri, Anda tidak dapat menggunakannya untuk mencari perangkat. Namun, Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk membantu melindungi data:

  1. Mengubah kata sandi ID Apple Anda.

Dengan mengubah kata sandi ID Apple, Anda dapat mencegah orang lain mengakses data iCloud Anda atau menggunakan layanan lainnya (seperti iMessage atau iTunes) dari perangkat Anda yang hilang.

  1. Ubah kata sandi untuk akun internet lainnya pada perangkat Anda. Termasuk akun email, Facebook, atau Twitter.
  2. Laporkan kehilangan atau pencurian perangkat Anda kepada pihak berwajib setempat. Pihak berwajib mungkin akan meminta nomor seri perangkat Anda. Temukan nomor seri perangkat Anda.
  3. Laporkan perangkat Anda yang hilang atau dicuri ke operator seluler Anda. Operator Anda dapat menonaktifkan akun, mencegah panggilan telepon, SMS, dan penggunaan data.

Banyak aplikasi pihak ketiga yang bertebaran di toko aplikasi sistem operasi bersangkutan yang akan membantu Anda mengamankan data atau menemukan smartphone ketika smartphone hilang atau dicuri orang.

 

Aplikasi kedua yang dapat dijadikan pilihan adalah iHound. Ketika Anda sudah mengisntal aplkasi ini, Anda dapat login ke website iHound begitu Anda kehilangan iPhone. Begitu Anda login ke website iHound menggunakan komputer, Anda akan langsung mengetahui dimana lokasi iPhone Anda.

Selain Find My iPhone dan iHound, ada aplikasi lain yang dapat diinstal yang memiliki kegunaan sama. Aplikasi tersebut adalah Navizon, MyFoundCast, dan Mobile Spying. Mobile Spying ini biasanya digunakan oleh orang tua untuk mengawasi ponsel anaknya. Ini dapat digunakan oleh Anda yang masih muda dan ponselnya diawasi oleh orang tua. Jika iPhone Anda hilang, orang tua akan mengetahui di mana keberadaan iPhone Anda.

 

Naah itulah Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika iPhone Anda Hilang Atau Dicuri. Musibah tidak dapat kita perkirakan, namun kita bisa mencegah hal tersebut dan meminimalisir risiko yang muncul ketika musibah tersebut terjadi. Semoga langkah di atas mungkin dapat membantu Anda ketika Anda kehilangan sebuah smartphone.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.