Tidak Sesuai Target, Gaji Bos Apple Dipotong

Tidak Sesuai Target, Gaji Bos Apple Dipotong

 

Apple CEO Tim Cook)

Tidak Sesuai Target, Gaji Bos Apple Dipotong – iPhone merupakan revolusi dalam komputasi mobile dan menjadi “penghasil uang” terbanyak bagi Apple. Meski banyak produk kompetitor berbasis sistem operasi (OS) Android yang turut meramaikan pasar. Sebagian besar smartphone di dunia memang menggunakan Android, tapi iPhone tetap dicap sebagai  “ponsel mahal” yang populer.

Sangat disayangkan saat ini penjualan produk-produk apple mengalami kemerosotan. Apple menyebutkan terjadi kemerosotan pendapatan dan keuntungan operasional. Pendapatan Apple turun 8 persen menjadi US$ 216 miliar dan keuntungan operasional turun 16 persen menjadi US$ 60 miliar.

Itu mengakibatkan seorang karyawan ikut merasakan imbasnya yaitu kehilangan gaji, tentu hal yang sangat tidak diinginkan. Apalagi jika memang gaji dijadikan sebagai penghasilan utama untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Bukan hanya karyawan, gaji seorang bos juga ikut turun. Memang sedikit mengherankan. Tapi begitulah yang terjadi pada bos Apple. Direktur eksekutif Apple Tim Cook harus menerima kenyataan pahit, setelah perusahaan yang dipimpinnya itu gagal mencapai target penjualan pada tahun lalu.

Penjualan produk-produk Apple pada 2016 kemarin gagal mencapai target yang ditetapkan yakni 223,6 miliar dolar AS. Cook hanya mampu membawa Apple mencatatkan penjualan senilai 215,6 miliar dolar AS, atau 3,7 persen di bawah target.

Dalam laporannya kepada SEC (Securities and Exchange), Apple menyatakan telah membukukan kinerja keuangan yang kuat pada tahun 2016. Namun hasil tersebut di bawah target kinerja yang telah ditetapkan Komite Kompensasi. Hasilnya, pembayaran insentif kepada jajaran direksi kami di bawah target,” tulis Apple dalam laporannya.

Gaji pokok Cook mencapai 3 juta dollar AS, sementara itu gaji pokok tahunan untuk jajaran direksi lainnya mencapai 1 juta dollar AS. Bayaran yang diterima Cook sebesar 8,75 juta dolar AS pada 2016, sudah termasuk gaji dan bonus. Jumlah itu turun sebesar 15 persen dari bayaran yang diterima Cook pada 2015, yang sebesar 10,3 juta dolar AS.
Namun demikian, pemangkasan gaji dan bonus itu tak akan berpengaruh banyak pada kekayaan Cook. Pasalnya pendapatan yang diperoleh Cook dari penjualan saham meningkat secara dramatis. Nilai saham Cook itu sesuai dengan hitungan pada Agustus 2016 lalu, diperkirakan sebesar 135 juta dolar AS.

Sebenarnya kegagalan Apple dalam mencapai target pada 2016 lalu tak lepas dari ketatnya persaingan di pasar smartphone. Pendapatan terbesar Apple memang berasal dari penjualan iPhone, yang menyumbang 6% dari total pendapatan tahunan perusahaan.

Selain di AS dan Eropa, Apple mengandalkan Cina sebagai pendongkrak penjualan iPhone. Tetapi di saat yang sama, iPhone belum bisa menggeser dominasi Samsung, yang juga populer di Cina, dan beragam merek lokal seperti Huawei dan Oppo.

Apple berharap penjualan dapat meningkat selama musim belanja liburan berkat iPhone 7 dan 7 Plus.

Demikian artikel dari kami tentang Tidak Sesuai Target, Gaji Bos Apple Dipotong. Semoga dapat memberikan sedikit informasi kepada anda, ikuti terus appletechnos.com.. kami akan selalu mengupdate berita-berita dan produk terbaru dari apple.