SEJARAH PERJALANAN STEVE JOBS DAN APPLE INC

sejarah-perjalanan-steve-jobs-dan-apple-incTaukah anda siapakah Steve Jobs??Yaaa….kalau kita mendengar kata Apple maka tak lepas dari nama Steve Jobs. Yuk sedikit mengingat kembali SEJARAH PERJALANAN STEVE JOBS DAN APPLE INC.

Perusahaan Apple, yang nama resminya Apple Inc., dinobatkan oleh majalah Fortune edisi 17 Maret 2008 sebagai perusahaan yang paling di kagumi di Dunia (World Moast Admired Companies). Apple mengalahkan nama-nama besar seperti General Electric, BMW, dan Microsoft. Setelah mengalami jatuh bangun yang tiada henti.

Apple bahkan tidak hanya mengalahkan perusahaan-perusahaan sejenis seperti Microsoft, tapi juga telah menciptakan “standart emas” bagi perusahaan dengan satu model bisnis baru yaitu menciptakan satu merk, membentuknya, dan mereinkarnasinya untuk mengembangkan produk yang sudah tua.

Hanya tujuh tahun setelah meluncurkan iPod-nya yang pertama, hampir separuh penghasilan Apple diperoleh dari music dan iPhone. Apple telah memperlihatkan bagaimana menciptakan pertumbuhan yang nyata dan mempesona dengan merealisasikan produk yang benar-benar baru  dan cerdas sehingga produk-produk itu bergantian menjadi unggulan: produk elektronik untuk konsumen,industri rekaman, industri film, serta industri video dan music. Betapa kuatnya inovasi yang terus menerus dikembangkan Apple.

Apple juga menunjukkan sukses finansial yang fantastik. Dalam waktu lima tahun hingga September 2007, nilai penjualannya melipat tiga kali menjadi 24 miliar dolar AS. Keuntungan berlipat-lipat dari 42 juta dolar menjadi 3,5 miliar dolar.

Apple sendiri didirikan oleh 3 Anak Muda yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne.  Steve Wozniak  adalah seorang Hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard (HP) dan membantu temannya Steve Jobs mendisain video game untuk Atari. Ronald Wayne nyaris tidak pernah disebut dalam sejarah Apple, Mungkin ini karena Wayne meninggalkan Apple 12 hari setelah perusahaan tersebut didirikan. Ronald Wayne merupakan rekan sekerja Apple di Atari dan memegang saham Apple sebesar 10 persen. Ia mendirikan Apple bersama duo Steve pada 1 April 1976, dan merancang logo pertama Apple, setelah keluar dari Apple dan melepas sahamnya, ia bekerja di laboratorium nasional Lawrence Livermore dan menjalankan sebuah toko perangko di Milpats, California. Ironis Memang di saat Apple meraksas. Tapi pendiri perusahaan itu sendiri malah mengundurkan diri. Memang tujuan Steve Jobs dan Ronald Wayne berbeda, Ronald Wayne mengundurkan diri saat Stave Jobs Sibuk mengurusi perusahannya.

Masalah kepemimpinan terjadi di dalam Apple dengan CEO baru John Sculley di dekade 1980-an, Steve Jobs keluar dari Apple dan mendirikan perusahaan neXT Inc. Awalnya Jobs mwnggaet Scully dengan kalimat singkat, “Dirimu ingin terus berjualan air gula untuk seumur hidup, atau bergabung dengan aku untuk merubah dunia?” Walaupun didirikan sendiri oleh Steve Jobs faktanya pernah terlempar dari Apple. Setelah terlibat perseteruan dengan John Scully yang direkrutnya dari Pepsi, Steve memutuskan undur diri dan mendirikan perusahaan lain, bernama NeXT Computer.

NeXT Inc. Yang pada akhirnya gagal, sekalipun memiliki awal yang baik. Dikemudian hari, dalam usaha Apple untuk menyelamatkan perusahaannya, mereka membeli NeXT sekaligus dengan sistem operasi UNIX-based Nya NeXTstep yang juga membawa kembali Steve Jobs ke dalam perusahaan yang didirikannya. Sata satu langkah pertama yang dia lakukan sebagai pemimpin sementara di Apple adalah mencetuskan ide untuk mengembangkan iMac, produk yang akan menyelamatkan Apple dari kehancurannya sekaligus memberikan waktu bagi mereka untuk merampingkan sistem operasi yang sudah ada.

Produk yang dirilis Apple setelah itu adalah Apple Airport yang menggunakan teknologi Wireless LAN untuk menyambungkan sebuah komputer ke Internet tanpa menggunakan kabel. Mereka juga mengeluarkan iBook dan PowerMac G4. Di pertengahan 2003, Apple mengeluarkan mengeluarkan prosesor PowerPC generasi kelima yang menggunakan seri prosesor PowerPC 970 yang dikembangkan oleh IBM. Ini adalah komputer 64 bit yang pertama kali tersedia untuk umum. Pada tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X, sebuah sistem operasi yang didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas, kehandalan dan keamanan yang dimiliki UNIX dengan kemudahan dalam menggunakan Macintosh ke dalam sebuah piranti lunak yang bisa dipakai baik bagi mereka yang bergerak di bidang profesional maupun perseorangan.

Pada Januari 2007, Apple memasuki pasar telepon genggam dengan memperkenalkan iPhone, yang dirilis pada tanggal 29 Juni 2007 di AS. Pada tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X, sebuah sistem operasi yang didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas, kehandalan dan keamanan yang dimiliki UNIX dengan kemudahan dalam menggunakan Macintosh ke dalam sebuah piranti lunak yang bisa dipakai baik bagi mereka yang bergerak di bidang profesional maupun perseorangan. Mac OS X juga memiliki sebuah program bernama Classic Environment yang bisa menjalankan piranti lunak yang dirancang untuk sistem operasi 9.1-9.2.2 yang lama. Apple juga memberikan pilihan bagi pengembang piranti lunak yang lama untuk menggunakan teknologi Carbon agar program mereka bisa diadaptasi secara langsung ke dalam Mac OS X. Dengan cara ini, sebuah program bisa memanfaatkan semua fitur baru yang tersedia dalam Mac OS X.

Sukses Apple tak bisa dilepaskan dari sosok Steve Jobs. Pria kelahiran 1955 itu bisa disebut ruh-nya Apple. Steve Jobs telah menjadi legenda dalam dunia bisnis karena kreativitas dan visinya. melalui Apple Computer, Pixar Studio, iPod, Jobs telah megubah dunia bisnis , gaya hidup, sekaligus teknologi. Seiring dengan itu, ia menjai biliuner dan mengonrl beberapa merk yang paling kuat di dunia dengan konsumen setia yang fanatik.

Beberapa penghargaan yang diraih Steve Jobs adalah  dia dianggap sebagai figur terkemuka dalam industri komputer dan entertainment. Steve Jobs juga terdaftar sebaga Businessman of 2007 paling kuat versi Fortune Magazine dari dua puluh lima pengusaha top.

Pada 31 maret 2008, Steven Jobs kedua kalinya meraih penghargaan CNBC Executive Leadership Award. Steven Jobs meraih penghargaan dengan kategori Leader in innovation (Kepemimpinan dalam inovasi). Ia meraih penghargaan yang sama pada tahun 2004.

Uniknya, Steven Jobs bukan seorang insinyur atau lulusan sekolah bisnis elite. Steve Jobs bahkan drop-out dari perguruan tinggi. Ia juga terkenal dengan cara berpikir dan gaya hidup ”anti-kemapanan”. Langkah-langkah bisnisnya mencerminkan pandangan-pandangan yang unik itu.

Jobs memiliki paduan khusus sebagai sosok yang genius dan penuh obsesi, selain kecenderungannya untuk bertindak menurut aturannya sendiri. Keunggulan dan dedikasinya yang tinggi untuk melakukan penemuan telah membangun kultur yang menjadikan Apple sebagai simbol inovasi. Kita tak bisa menemukan kata ini di plakat atau propaganda di One Infinite Loop, markas besar Apple di Cupertino, fonia. Inovasi adalah way of life.

Oke mungkin sedikit pengantar tentang SEJARAH PERJALANAN STEVE JOBS DAN APPLE INC. Semoga artikel ini dapat berguna dan dapat menambah wawasan anda. Jika anda masih penasaran tentang salah satu produk Apple (iPhone), silahkan baca artikel  Apple iPhone 4, Apple iPhone 4S, Apple iPhone 5, Apple iPhone 5S, Apple iPhone 5C, Apple iPhone 6, Apple iPhone 6 plus. Dan yang baru-baru saja dirilis adalah Apple iPhone 7 dan Apple iPhone  7 plus.

Incoming search terms: