Kelebihan dan Kekurangan iOS 6

Buat penggemar Apple wajib tau yaa… Bersamaan dengan munculnya iPhone 5 maka Apple memunculkan sistem operasi mobile yang terbaru yaitu iOS 6. Baiklah kali ini saya akan membahas fitur-fitur terbaru dari iOS 6 serta bagaimana Kelebihan dan Kekurangan iOS 6. iOS 6 IOS 6 sebagai OS terbaru dari Apple  sudah di perkenalkan sejak tanggal 12 Juni 2012 lalu di ajang WWDC2012. Mengikuti pola sebelumnya, sayangya iOS 6 tidak mendukung iPod Touch generasi ketiga serta iPad generasi pertama. Perangkat yang di dukung OS ini tentu saja iPhone 5 yang baru di luncurkan 12 September kemarin.Untuk produk-produk sebelumnya, update iOS 6 di sediakan pula untuk iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPad generasi kedua, iPad generasi ke tiga, serta iPod touch generasi ke empat.

Fitur-fitur Terbaru iOS 6 dan Kelebihannya

  1. Facebook Integration

Kelebihan iOS6 yang sangat menonjol adalah Facebook Integration, itu artinya di iOS6 Facebook sudah terintegrasi dengan baik, sekarang kita dapat mengetahui event yang ada di kalender Facebook kita melalui aplikasi Calendar pada iOS Devices kita. Membagikan Apps, Movies, TV Shows langsung dari AppStore ke akun Facebook kita dan kita dapat melakukan posting langsung dari notification center. Kita juga bisa langsung upload foto ke Facebook langsung dari camera saat kita mengambil foto, share lokasi kita berada ke FB saat kita menggunakan Apple Maps, sampai tampilan Contact pun akan lebih lengkap karena profile teman kita di Facebook akan juga terintegrasi dengan contact dan yang lebih enak lagi, kita tidak bakal lupa hari ulang teman Facebook kita, karena semua hari ulang tahun teman-teman FB akan ada di Calender iPhone atau iPad kita.

  1. VIP Mail

Adanya VIP MailBox baru memungkinkan Anda membuat daftar “white list” yang dapat memuat daftar kontak tertentu semisal boss atau orang terdekat Anda.Anda juga dapat merubah pengaturan sehingga akan di berikan notifikasi saat orang tersebut mengirim email. Selain itu Anda dapat melakukan konfigurasi sehingga akan ada peringatan melalui fitur Do Not Disturbe.

  1. Memperkenalkan Passbook 

Aplikasi baru ini memiliki fungsi sebagai penyimpan data kupon, tiket pesawat, tiket bioskop, tiket pertandingan olahraga, tiket konser musik, tiket perjalanan yang dapat di bawa bepergian dan lain-lain. Menariknya, karena sifatnya yang online, tiket langsung dapat di update. Aplikasi pintar ini juga dapat memberikan notifikasi apabila tiket pesawat yang kita miliki didalam PassBook mengalami perubahan jadwal atau pindah gates.

  1. Do Not Disturb

Fungsi do not disturb ini merupakan hal yang baru bagi para pengguna iPhone, tapi di OS lainnya fitur ini bukan merupakan hal baru lagi. Fitur ‘Do Not Disturb’ berfungsi sebagai penolak panggilan telepon saat pengguna meeting atau tidak ingin diganggu. Selain itu pengguna juga bisa mengirim SMS otomatis kepada orang yang menelpon yang menerangkan jika ia sedang sibuk atau tidak mau diganggu.

  1. FaceTime

Fitur FaceTime adalah aplikasi video calling/ video telepon yang melalui protokol milik Apple. Di iOS versi sebelumnya, fitur FaceTime hanya bisa digunakan melalui koneksi Wi-Fi. Tapi sekarang di iOS 6 ini, fitur FaceTime dapat dilakukan lewat koneksi 3G dan 4G. Dengan kemampuan FaceTime yang dapat melalui koneksi 3G dan 4G ini sekarang pemakai perangkat iOS 6 tidak perlu lagi mencari koneksi Wi-Fi.

  1. Streaming Music dariiTunesMatch

Sebelumnya, music yang di simpan di iCloud melalui layanan iTunesMatch secara teknis bukan merupakan streaming karena lagu di download ke perangkat anda. Namun pada versi yang sekarang, lagu langsung dapat di mainkan dan di download merupakan hal yang terpisah. Hal ini berarti bahwa iTunesMatch sekarang adalah layanan streaming dan bukan merupakan layanan download.

  1. Adanya WidgetFacebook

Sekarang terdapat widget baru pada Notification Center. Selain widget stocks dan weather, widget baru ini terdiri dari dua tombol yakni Tap To Tweet dan Tap To Post (ke Facebook). Yang memungkinkan anda untuk langsung melakukan Tweet atau posting ke Facebook tanpa harus meluncur ke aplikasi masing-masing. Mengagumkan!!!

  1. Pengaturan Keamanan 

Pada iOS 6 juga di perkenalkan sistem keamanan terpadu via menu “Privacy” yang terdapat pada menu “settings”. Disini anda dapat mengontrol aplikasi apa saja yang memiliki akses langsung ke menu kontak, foto, location services, kalender ataupun reminder. Hal ini tentu saja membuat privacy anda tidak terganggu dari hal-hal yang tidak ingin di ketahui orang lain. Dan tentu saja menjamin sistem keamanan pada perangkat Apple anda.

  1. NEW MAPS DENGAN 3D!

Haha akhirnya Apple menendang Google Map keluar dari iOS. Welcome MAPS… Tentunya kemampuan Maps jauh lebih beragam dan bersifat memudahkan dibanding Google Maps. Dengan design simpel khas Apple, Maps hadir dengan kemampuan Turn-By-Turn navigation, Quick Route, integrasi dengan Siri, dan kemampuan 3D dengan grafis mengaggumkan. Dengan hadirnya Maps, Apple tampaknya akan menggeser secara perlahan dari keberadaannya di iOS.

  1. Guided Access Bagi Guru dan Orang Tua

Nah, ini dia fitur yang menjadi favorit. Guide Access merupakan fitur yang membuat beberapa kemampuan di iOS Devices terbatasi. Contohnya, kita bisa menon-aktifkan penggunaan hardware button melalui Guide Access dan meminimalisir kesalahan yang terjadi akibat ketidaksengajaan ketika menekan tombol. Guide Access juga memiliki fungsi sebagai pembatas akses. Jika kamu adalah seorang guru yang sedang memberikan ulangan kepada muridmu (menggunakan iOS Devices), tentunya kamu tidak ingin jika sang murid membuka Safari dan mencari jawaban dari ulangan tersebut bukan? dengan Guide Access, hal tersebut dapat dihindari dengan cara mematikan akses ke Safari.

  1. Find My iPhone

Dengan adanya aplikasi find my iPhone, anda dapat dengan mudah melacak, memberi peringatan, bahkan memformat iPhone kita jika hilang atau ketika seseorang telah mencurinya dari kita atau ketika iPhone tersebut terjatuh sehingga kita sangat susah untuk mencarinya.

  1. Peningkatan Kemampuan Siri

Teknologi Siri juga mendapat perbaikan, seperti informasi mengenai ulasan dan review film atau kemampuan mengirim update ke Twitter dan Facebook. Untuk penggemar olahraga, Siri dapat memberitahukan mengenai hasil pertandingan, skor pertandingan sampai peringkat tim favorit anda. Di bidang kuliner, tak hanya menunjukan lokasi restoran siri dapat pula memberitahukan table yang masih tersedia ketika anda ingin melakukan pemesanan. Forstall mengumumkan jika Siri juga akan memiliki fitur Eyes-Free. Eyes Free adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk mengaktifkan Siri langsung dari tombol di mobil kita dan berkomunikasi dengan Siri tanpa harus melihat layar. Beberapa produsen mobil seperti Jaguar, BMW, Mercy, Range Rover dan lain-lain telah siap bergabung dengan Apple untuk menghadirkan tombol aktivasi Siri pada mobil buatan mereka.

Kekurangan iOS 6

Kekurangan atau pengurangan fitur iOS 6 yang sangat menonjol antara lain:

  1. Youtube tidak tersedia secara default

Di iOS 6 ini kioni tidak ada lagi aplikasi Youtube secara default, dan jika kita ingin menonton Video Youtube, maka kita harus menginstall dulu aplikasi youtube dari App Store. Berbeda dengan iOS 5 atau iOS sebelumnya, dimana aplikasi Youtube sudah tersedia secara default.

  1. Google Maps diganti Apple Maps

Aplikasi lain yang hilang dari iOS6 adalah Google Maps, sebagai gantinya kini hadir Apple Maps. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Google Maps, akan sedikit kecewa, karena kini di iOS 6 tidak ada Google Maps secara default.

  1. Jailbreak

Khusus bagi para Jailbreaker, proses Update ke iOS 6 ini akan menghilangkan semua Jailbreak yang pernah dilakukan. Dan dikarenakan sistem operasi iOS 6 ini masih baru, maka kemungkinan masih akan lama munculnya Jailbreak untuk iOS 6. Dan bagi yang suka  mengoprek iPhone atau iPad atau sering menginstall aplikasi via Cydia atau lewat Installous, sebaiknya hindari dulu update ke iOS6 ini dan tunggu sampai Jailbreak iOS6 di release.

  1. Tidak ada dukungan maps offline.
  2. Maps buatan Apple tidak akurat dan masih membutuhkan banyak perbaikan.
  3. Harus terkoneksi dengan iTunes jika ingin share media file dengan PC atau Notebook.

Sekian ulasan dari saya tentang Kelebihan dan Kekurangan iOS 6, semoga membantu…..:) 🙂  Akankah anda mengupdate iOS pada iPhone anda??? Silahkan renungkan kembali :v :v