Bos Apple Jual Saham 10000 Lembar Per Hari | Hot News

Bos Apple Jual Saham 10000 Lembar Per Hari

Gaji Dipotong, CEO Apple Tim Cook Apple Menjual Saham Rp 48 Miliar

Bos Apple Jual Saham 10000 Lembar Per Hari

 

Bos Apple Jual Saham 10000 Lembar Per Hari – Sebagai upaya untuk menyusun kembali rencana keuangan, CEO Apple Tim Cook menjual puluhan ribu saham miliknya (AAPL). Berdasarkan informasi dari dokumen Securities and Exchanges Commission (SEC), Bos Apple jual saham 10000 lembar per hari dalam enam tahap pada bulan Januari 2017 ini pada tanggal 17, 18, 19, 20, 23, dan 24 Januari 2017 lalu. Berarti bos Apple itu sudah menjual 60.000 lembar saham miliknya (AAPL) dan ia berhasil mengumpulkan lebih dari USD 3,6 juta atau sekira Rp48 miliar di tengah meningkatnya nilai saham Apple ke angka $120 per lembar atau sekira Rp1,6 juta. Ini merupakan nilai terbesar sejak akhir 2015 lalu. CEO Apple Tim Cook pun ternyata tidak melewatkan diri untuk tidak menjual sebagian saham yang dimilikinya dengan nilai jutaan dolar.

Keputusan Cook menjual saham Apple dinilai sah-sah saja. Sebab, pria kelahiran Alabama tersebut mengantongi pendapatan saham atau restrictive stock unit (RSU) atau pendapatan berupa saham senilai USD1,26 juta dari lembar saham sebanyak 980.000.

Tak hanya itu, ia pun menerima RSU berkat performanya memimpin Apple dengan jumlah saham sebanyak 280.000 lembar.

Bos Apple Jual Saham 10000 Lembar Per Hari

Setelah seluruh transaksi yang baru terjadi ini, Tim Cook kini tercatat memiliki jumlah saham sebanyak sebanyak 1.009.809 lembar di Apple. Jika dihitung-hitung, jumlah tersebut bernilai US$ 121 juta atau setara Rp 1,6 triliun.

Penjualan saham bulan ini telah direncanakan Apple ini dilaksanakan setelah pengumuman pemotongan pendapatan yang diterima Cook sebanyak $1,5 juta tahun lalu. Memang sedikit mengherankan. Tapi begitulah yang terjadi pada bos Apple. Direktur eksekutif Apple Tim Cook harus menerima kenyataan pahit

Apple menyebutkan, kemerosotan pendapatan dan keuntungan operasional dijadikan alasan utama pemangkasan gaji Cook dan jajaran eksekutif top lain akibat mengalami penurunan pada penjualan iPhone berdasarkan data per tahunnya secara berturut-turut.

Sebelumnya Apple belum pernah dilaporkan mengalami penurunan keuntungan secara signifikan terkait penjualan iPhone.  Penurunan penjualan untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir.  Dia dilaporkan digaji sebesar $8,7 juta, turun dari tahun sebelumnya sebesar $10,3 juta.

Baca juga :

Sebelumnya juga beredar informasi yang mengungkapkan pendapat mantan teknisi Apple terkait suasana kerja di salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia tersebut.

Bukan suatu hal yang aneh, Tim Cook memang kerap menjual saham miliknya. Tahun lalu saja, dia pernah menjual 600.000 saham dengan nilai mencapai $65 juta atau hampir Rp 900 miliar tidak lama seusai mendapatkan bonus saham senilai $100 juta dari Apple untuk masa jabatan dan performa perusahaan yang sudah dipimpinnya selama 5 tahun ini.

Belum pasti apa penyebab Tim Cook menjual sahamnya kali ini. Namun dia pernah mengungkapkan bahwa dia akan menyumbangkan kekayaannya buat amal. Bisa jadi penjualan sahamnya merupakan bagian dari rencananya tersebut. Yaaah semoga saja yaa…

Sekian berita yang dapat appletechnos.com rangkum tentang Bos Apple jual saham 10000 lembar per hari dalam enam tahap pada bulan Januari 2017 ini. Semoga dapat memberikan sedikit informasi kepada pembaca.