Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Apple Park

Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Apple Park

Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Apple Park

Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Apple Park- Apple akhirnya resmi memberikan nama buat gedung kampus keduanya yang saat ini sedang ditunggu-tunggu penyelesaian pembangunannya, kini dalam proses pengerjaan tahap akhir. Bukan Apple Campus 2 seperti selama ini disebut, mereka menamakannya Apple Park. Apple Park merupakan markas besar baru Apple yang bakal dijadikan kantor pusatnya usai menggantikan kantor pusat lamanya di Infinite Loop.

Dalam siaran persnya, Apple mengatakan bakal mulai menggunakan Apple Park pada bulan April mendatang dengan proses pemindahan lebih dari 12.000 pegawai membutuhkan waktu hingga musim Panas tahun ini.

 

“Apple Park, the company’s new 175-acre campus, will be ready for employees to begin occupying in April. The process of moving more than 12,000 people will take over six months, and construction of the buildings and parklands is scheduled to continue through the summer”

 

Gedung auditorium bawah tanah yang berada di sekitar Apple Park juga mendapatkan nama yang istimewa. Apple menamakan auditorium yang memuat 1000 kursi tersebut dengan “Steve Jobs Theater”. Nama itu dipakai sebagai penghormatan kepada pendirinya, Steve Jobs (alm.) yang minggu ini berumur 62 tahun.

 

“Steve would have turned 62 this Friday, February 24. To honor his memory and his enduring influence on Apple and the world, the theater at Apple Park will be named the Steve Jobs Theater. Opening later this year, the entrance to the 1,000-seat auditorium is a 20-foot-tall glass cylinder, 165 feet in diameter, supporting a metallic carbon-fiber roof. The Steve Jobs Theater is situated atop a hill — one of the highest points within Apple Park — overlooking meadows and the main building”

 

CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa Apple Park bakal menjadi rumah inovasi untuk generasi yang akan datang. Perkantoran dan taman bukan hanya menginspirasi pegawainya tapi juga ramah lingkungan karena seluruhnya menggunakan energi terbarukan.

Instalasi panel surya buat mentenagai operasional Apple Park diklaim sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Energi listrik yang dihasilkan mencapai 17 megawatt. Tidak hanya itu, Apple Park juga dilengkapi dengan ventilasi alami buat mendinginkan ruangan sehingga tidak membutuhkan AC selama 9 bulan.

Bukan hanya gedung perkantoran, auditorium, dan taman saja yang ada di Apple Park, Apple mengatakan di markas besarnya yang baru terdapat pusat pengunjung, Apple Store dan cafe yang terbuka untuk umum, serta pusat kebugaran buat para pegawai.

Apple Park tentunya menyimpan banyak informasi menarik yang wajib kamu ketahui, termasuk lokasi, biaya konstruksi, luas area dan bangunan, fasilitas-fasilitas yang berada di sekitarnya, dan jadwal rampungnya. Yuk simak Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Apple Park berikut ini:

 

1.    Jadwal Selesai

Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Apple Park

Apple Park tidak lama lagi bakal segera selesai dibangun. Apple mengumumkan bahwa Apple Park bakal segera siap digunakan para pegawai pada awal kuartal kedua atau sekitar bulan April mendatang. Sementara itu proses pemindahan lebih dari 12.000 pegawainya membutuhkan waktu hingga musim Panas tahun ini.

 

2.Biaya Konstruksi

Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Apple Park

Dana pembangunan Apple Park terbilang sangat fantastis. Apple diperkirakan menggelontorkan dana buat membangun Apple Park sebesar AS$5 miliar atau lebih dari Rp 65 triliun. Biaya tersebut termasuk biaya pembelian lahan mencapai AS$160 juta.

 

3. Luas Area Dan Kantor

Luas Area Dan Kantor

Sebagai mega proyek, area di mana Apple Park berdiri sangat luas buat menampung hingga belasan ribu pegawai. Secara keseluruhan luas areanya mencapai 70,82 hektar. Sementara gedung kantor di Apple Park yang memiliki empat lantai memiliki luas 2,8 juta kaki persegi atau 853.440 meter persegi.

 

4.Pakai 100% Energi Ramah Lingkungan

Pakai 100% Energi Ramah Lingkungan

Apple mengklaim bahwa Apple Park bakal menjadi bangunan paling hijau di muka bumi. Pasalnya, semua kegiatan operasional di Apple Park seluruhnya bakal menggunakan energi terbarukan. Energi terbarukan tersebut didapatkan dari rangkaian panel surya yang dipasang di atap gedung Apple Park. Panel surya tersebut mampu menghasilkan listrik sebesar 17 megawatt.

 

Video APPLE CAMPUS 2/APPLE PARK: March 2017 Update 4K

 Video Source : Matthew Roberts

 

5. Auditorium 

Auditorium

Tidak hanya membangun gedung perkantoran saja, Apple juga membangun sebuah auditorium yang dinamakan dengan Steve Jobs Theatre di sekitar Apple Park. Nama tersebut diambil dari namanya pendirinya, Steve Jobs, sebagai penghormatan. Steve Jobs Theatre yang berada di atas bukit tertinggi di Apple Park dilengkapi dengan atap berbentuk bentuk silinder raksasa dengan tangga menuju ke bawahnya. Auditorium ini juga dilengkapi dengan 1.000 kursi buat menampung para tamu yang hadir saat pengumuman produk baru.

 

6. Perusahaan Arsitek

Perusahaan Arsitek

Apple mempercayakan proyek pembangunan Apple Park pada perusahaan arsitek asal Inggris, yaitu Foster and Partners. Perusahaan arsitek ini yang dipimpin oleh Lord Norman Foster ini terkenal sudah membangun banyak gedung dengan arsitektur kaca dan metal di seluruh dunia.

 

7. Fitness Center

Fitness Center

Fasilitas menarik yang dihadirkan Apple adalah fitness center. Berlokasi di bagian barat laut Apple Park, pusat kebugaran ini memiliki luas mencapai 100.000 kaki persegi atau 30.480 meter persegi dengan biaya pembangunan diperkirakan mencapai AS$75 juta. Dengan seluas itu, fitness center yang dilengkapi peralatan gym lengkap berikut kamar ganti, kamar mandi, dan lain sebagainya ini diklaim bisa melayani 20.000 pegawai di sekitaran Cupertino.

 

8. Taman

Taman

Sebagai bangunan ramah lingkungan, Apple Park tak lengkap rasanya tanpa lahan hijau di sekitarnya. Oleh karena itu, Apple bakal mengalokasikan 80 persen lahan di sana sebagai ruang hijau begitu kampus barunya ini selesai dibangun. Apple kabarnya bakal menanam sebanyak 8.000 pohon yang terdiri dari 309 spesies. Lebih dari 4.000 pohon di antaranya didatangkan dari kampus Apple pertama. 1.000 pohon lainnya merupakan pohon yang baru.

Untuk bagian taman di dalam Apple Park yang memiliki luas 30 hektar, Apple bakal menanam pohon buah-buahan, seperti aprikot, apel, ceri, dan lain-lain. 6 hektar lahan hijau sisanya rencananya bakal ditanami rumput lokal California.

 

9. Fasilitas-fasilitas Lain Di Sekitar 

Fasilitas-fasilitas Lain Di Sekitar

 

Masih ada beberapa fasilitas yang dibangun Apple di Apple Park, yaitu
kantor R&D yang dinamakan Tantau dan area-area parkiran luas yang bisa menampung hingga 14.200 kendaraan. Selain itu, Apple Park bakal dilengkapi dengan pusat pengunjung buat masyarakat biasa melihat kemegahan kampus Apple yang baru, kafe, dan Apple Store.

 

Lokasi Apple Park

10. Lokasi Apple Park

Apple Park berlokasi di kota Cupertino, California, yang dikenal sebagai rumahnya perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka dan startup bermarkas besar. Sejumlah di antaranya adalah Facebook, Google, dan Apple. Lokasi Apple Park sendiri tepatnya berada di 19111 Pruneridge Avenue Cupertino, CA 95014. Jika kamu lihat dalam peta, lokasinya tidak berada jauh dari lokasi kampus Apple pertama yang berada di jalan Infinite Loop. Kedekatan lokasinya dari kampus pertama bisa memudahkan Apple dalam memindahkan properti dan belasan ribu pegawainya.

 

Source : www.makemac.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.