Mengharukan, Bocah 4 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya Pakai Siri

Mengharukan, Bocah 4 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya Pakai Siri

Mengharukan, Bocah 4 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya Pakai Siri

Mengharukan, Bocah 4 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya Pakai Siri – Kehadiran smartphone di dunia ini memang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Siapa sangka, Siri ternyata bisa juga menyelamatkan nyawa seseorang. Padahal Siri selama ini hanya dikenal sebagai asisten digital belaka. Tugasnya membantu pengguna iPhone untuk mencatat janji, menyalakan alarm, menghubungi orang yang diinginkan pengguna, hingga membacakan pesan.

Kisahnya bermula ketika seorang anak dari Inggris yakni seorang bocah lelaki berusia 4 tahun menyelamatkan nyawa sang ibu. Waktu itu ia menemukan ibunya, Claudia, tergeletak di atas lantai dengan kondisi tak sadarkan diri. Kemudian bocah bernama Roman itu mencoba membangunkan ibunya dengan berbagai cara. Namun nahasnya, ibunya tidak memberikan sinyal apa pun.

Lalu, Roman menemukan iPhone milik ibunya, namun ternyata iPhone ibunya terkunci.. Roman sangat kreatif, ia langsung menempatkan jempol ibunya ke pemindai Touch  ID. Kunci keamanan iPhone pun berhasil terbuka.

Hebatnya lagi, ia mencoba menekan tombol home dengan mengaktifkan Apple Siri untuk untuk menghubungi layanan darurat. Akhirnya, Siri menghubungkannya dengan layanan gawat darurat 999 (nomor pusat gawat darurat Inggris).

“Halo, dengan polisi. Apa keadaan darurat Anda?” ujar penerima telepon.

“Halo, saya Roman,” kata sang anak.

Setelah itu, sang polisi menanyakan di mana ibu dari Roman. Mungkin, polisi wanita ini mengira bahwa Roman salah tekan atau menghubungi orang.

Lalu Roman menjelaskan bahwa ibunya tergeletak dan tak sadarkan diri.

“Ia tidak bangun,” tutur Roman.

Polisi meminta Roman untuk menggoyang-goyangkan tubuh ibunya sambil berteriak memanggil namanya, namun hal itu tidak berhasil.

“Ibu! Itu tidak juga bekerja (tidak juga bangun),” celotehnya setelah diminta polisi untuk memanggil si ibu.

Setelah menyadari ada hal yang tidak tepat, polisi langsung menanyakan alamat. Roman pun untungnya menjelaskan alamat tempat tinggalnya dengan tepat.

Polisi pun langsung mengirimkan informasi tersebut ke petugas. Sekitar 13 menit kemudian, paramedik tiba di alamat tersebut.

Benar saja, paramedik menemukan ibu dari Roman tergeletak. Sontak, sang ibu diberikan pertolongan pertama dan langsung dibawa ke rumah sakit. Untungnya, nyawanya masih tertolong.

Dari kasus tersebut, akhirnya polisi setempat mengatakan bahwa anak-anak harus diajari cara menghubungi layanan gawat darurat jika terjadi suatu hal yang genting.

Kepolisian akan terus memberikan pelajaran kepada anak-anak dan orang tua terkait respon atau pertolongan pertama ketika menangani masalah darurat seperti mengajari anak kecil menghafal alamat rumah mereka dan bagaimana menelepon polisi atau layanan keamanan dalam situasi darurat.,” pungkasnya.

BBC pun mengunggah rekaman panggilan darurat yang dilakukan oleh sang bocah lelaki. Sementara itu, polisi berharap dapat memberikan pelajaran kepada anak-anak dan orangtua terkait dengan respon yang dibutuhkan untuk menangani masalah darurat semacam ini.

Berikut percakapan Roman dan Polisi

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.