Apple Berencana Produksi Mobil Otonom di Tahun 2024

Appletechnos – Apple, sebagai perusahaan yang memiliki teknologi tinggi terkait smartphonenya iPhone dan laptop dengan MacBook-nya selalu menghadirkan inovasi teknologi tinggi dalam tiap rilis produk barunya. Pun, dalam 6 tahun terakhir Apple juga makin intens masuk ke dunia totomatif untuk mengembangkan teknologi yang bisa digunakan untuk mobil dengan teknologi self driving pada mobil eletrik. Menurut laporan terbaru, Apple menargetkan untuk memproduksi mobil self driving pada tahun 2024 nanti. Apple juga akan menggunakan teknologi baterai yang lebih maju untuk mobil besutannya nanti.

Proyek yang diberi nama “Proyek Titan” untuk penyiapan pembuatan mobil self driving/otonom ini dimulai dari tahun 2014 berusaha membuat rancangan mobil sendiri. Walaupun kemudian seiring dengan berjalannya waktu, proyek tersebut beralih dan fokus pada software, yang lebih dikenal dengan Apple Car.

Perjalanan proyek ini mengalami perjalanan yang cukup panjang, hingga pada tahun 2018, Doug Field, yang sebelumnya bekerja pada Tesla kembali ke Apple untuk mengawasi jalannya proyek ini. Selanjutnya pada tahun 2019, tim dalam proyek ini bertambah 190 orang.

Core strategy dari Apple saat ini adalah pada desain baru baterai dimana dapat mengurangi biaya dalam jumlah besar serta meningkatkan jangkauan kendaraan. Namun, Apple menghadapi tantangan pada rantai suplai komponen. Jika menilik pada Tesla, dimana Elon Musk membutuhkan waktu kurang lebih 17 tahun untuk mendapatkan keuntungan dari produksi massal mobil otonom besutannya, maka Apple kemungkinan besar akan mengalami tantangan besar jika ingin tetap melaksanakan produksi mobil otonomnya di tahun 2024 secara massal.

Solusi yang mungkin adalah Apple akan merangkul beberapa produsen mobil otonom untuk bersama-sama mewujudkan impiannya inih. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari Proyek Titan Apple ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.